Add Our Line at @cakap and Call Us Today! +62812 1833 8653 (08:00 - 21:00 GMT+7)|cs@cakap.com
Loading...
  • Upacara kelulusan di Jepang

Upacara Kelulusan di Jepang

Upacara kelulusan di Jepang

Musim semi adalah musim terbaik untuk berjalan-jalan di Jepang. Tetapi, selain itu, musim semi juga merupakan momen untuk merayakan kelulusan bagi siswa tingkat akhir.

Orang-orang awam biasanya berpikir bahwa musim semi di Jepang berkaitan dengan sesuatu yang baru, seperti dimulainya tahun ajaran baru. Namun sebenarnya, musim semi juga dapat dikatakan musim yang mengakhiri sesuatu. Hal ini dikarenakan pada saat awal musim semi di Jepang, terdapat upacara kelulusan bagi siswa tingkat akhir yang telah menempuh pendidikan di sekolahnya.

Upacara kelulusan, yang dalam bahasa Jepang disebut sotsugyou shiki (卒業式), umumnya dilaksanakan pada minggu ketiga pada bulan Maret. Upacara ini juga memperbolehkan orang tua siswa dan juga siswa dari angkatan yang lebih muda untuk hadir. Namun, sebagian besar orang tua maupun keluarga memilih untuk tidak datang. Mereka menganggap bahwa Upacara Kelulusan ini adalah momen perayaan siswa bersama teman dan guru-gurunya.

BACA JUGA: Short Japanese Lesson: Menanyakan dan Menjawab Kabar dalam Bahasa Jepang

Jika di Indonesia menggunakan toga pada saat upacara kelulusan, lantas bagaimana jika di Jepang?

Kebanyakan universitas di Jepang tidak menentukan pakaian khusus yang harus dipakai saat upacara kelulusan. Mahasiswa yang akan lulus bebas untuk memakai pakaian apapun yang tentunya sopan. Meskipun begitu, perempuan biasanya memakai hakama, pakaian tradisional Jepang, untuk menghadiri kelulusan mereka. Karena upacara ini berlangsung pada musim semi, mereka memakai hakama dengan warna yang cerah agar sesuai dengan musim serta melambangkan masa muda yang gemilang. Dan untuk laki-laki, biasanya mereka memakai setelan jas berdasi. Namun, ada juga laki-laki yang memilih untuk menghadiri upacara kelulusan menggunakan hakama.

Bagaimana tahapan dalam proses upacara kelulusan di Jepang?

Mulanya, semua murid berkumpul di aula. Kemudian, mereka akan naik ke panggung ketika nama mereka dipanggil oleh kepala sekolah ataupun rektor. Mereka akan membungkuk sebagai tanda hormat kemudian menerima sertifikat dengan kedua tangan. Setelah itu mereka kemudian membungkuk lagi lalu duduk kembali. Tahapan ini adalah tahapan tradisional. Zaman sekarang, ada juga yang bersalaman bersama kepala sekolah atau rektor. Dalam upacara kelulusan, para murid juga sering  bernyanyi menyanyikan lagu yang berkaitan dengan perpisahan.

Nah, gimana Squliners? Menarik sekali bukan salah satu kegiatan musim semi di Jepang ini? Nantikan blog pengetahuan seputar Jepang hanya di Squline.com!

Let’s be smart your way with Squline!

Quoted: http://jpninfo.com/4715