Ingin bisa bekerja?

Sedang beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan?

Bingung berbicara di depan rekan kerja ketika menyampaikan gagasannya?

Nah, beberapa hal di atas merupakan sedikit contoh dari permasalahan-permasalahan ketika mencari kerja ataupun sedang berada dalam dunia kerja. Biasanya memang benar, bagi fresh graduated yang hendak bekerja di sebuah pekerjaan ada banyak tahapan yang pasti akan dilakukan. Setelah berhasil melalui tahapan dan diterima kerja, masih ada banyak lagi kendala-kendala yang kelak akan ditemui di tempat kerja.

Susah?

Tentu tidak.

Ada banyak hal yang notabenenya bisa dihadapi apabila kalian mau untuk menghadapi. Kami disini pun senantiasa akan mengawal kalian agar kelak, apabila sudah dihadapkan pada permasalahan-permasalahan di dunia kerja.

Untuk itu, kami disini sudah menyiapkan 4 bab yang kelak dapat berguna untuk menuntun kalian ketika akan atau sudah masuk di dunia kerja. Adapun 4 bab mengenai dunia kerja ini nantinya memiliki subbab-subbab yang berisi tentang permasalahan dan juga tips yang bisa kalian lakukan untuk meraih kesuksesan. Untuk itu, kita mulai saja ya

BAB 1
Interview

Disini, adakah yang memiliki cita-cita untuk bisa lolos dalam recruitment suatu perusahaan?

Sederhananya, adakah disini yang mempunyai keinginan untuk bisa diterima dalam sebuah perusahaan?

Kalau memang ada, tentu kalian disini wajib sekali untuk tau tentang dasar-dasar dari Interview.

Secara mendasar, interview adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh siapa saja yang ingin bisa lolos dalam perekrutan karyawan baru dari suatu perusahaan. Hampir semua penerimaan karyawan baru dari suatu perusaahan pasti memiliki tahapan interview untuk mengetahui bagaimana karakter dari calon karyawan dari karyawan baru tersebut.

Banyak yang menganggap interview hanyalah tahapan formalitas yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga hal inilah yang membuat banyaknya calon karyawan yang menyepelekan dan akhirnya gagal ditengah jalan.

Disini, kami akan membuat sebuah penekanan bahwa interview bukanlah suatu tahapan yang formalitas dan bukan juga suatu tahapan yang harus ditakutkan. Oleh karena itu, pada panduan mengenai interview ini kami akan menuntun kalian semua yang ingin menguasai tahapan serta alur interview menjadi benar-benar paham dan mampu melewati tahapan interview nantinya.

Ada 3 panduan khusus yang harus dipahami oleh calon karyawan yang hendak menguasai interview. Untuk kalian yang benar-benar masih belum tau mengenai interview, kalian bisa mengukuti ketiga panduan ini dengan detail. Untuk itu, silahkan dimulai untuk memahami panduan mengenai interview ini dari bab yang pertama dan lanjut ke bab-bab berikutnya.

  1. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai interview.
  2. Berbagai macam contoh pertanyaan interview.
  3. Tips dan trik dalam melakukan interview Bahasa Inggris.

“Mengapa Harus Melalui Tahapan Interview?”

Jawaban paling logis kenapa setiap perusahaan membuat sesi interview di akhir tahapan perekrutan tahapan baru adalah agar pihak perusahaan benar-benar tau karakter maupun sifat dari calon karyawan yang hendak diterima. Oleh karena itu, tahapan interview menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Tidak banyak yang dinilai dari pertanyaan-pertanyaan di tahapan interview. Hal itu dikarenakan pada tahapan interview ini, pertanyaan-pertanyaan yang diberikan itu lebih banyak pada pertanyaan yang menjebak atau sebenarnya pertanyaan yang tidak membutuhkan banyak jawaban.

Mungkin kalian semua sering mendengar bahwa banyak dari calon karyawan yang gagal hanya karena mereka salah menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh penanya, padahal pertanyaan yang diberikan cukup sepele. Alasan kenapa calon karyawan itu gagal sebenarnya cukup sederhana, yaitu karena dia terlalu percaya diri ketika menjawab atau kurang sopan dalam memberikan jawabannya.

Ya, tentu saja dalam tahapan interview ini yang dilihat dari pihak perusahaan bukan hanya jawaban yang tepat ataupun benar, tapi juga bagaimana karakter, pembawaan, dan sopan santun dari calon karyawan.

Untuk itu, sudah jelas sekali bukan alasan kenapa tahapan interview harus dilakukan adalah karena memang pihak perusahaan ini mendapatkan calon karyawan yang mumpuni dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

“Interview sangat penting untuk dipelajari karena perusahaan ingin tau lebih dalam tentang karakter calon karyawan.”

“Apakah saya harus pahami tentang interview?”

Sebenarnya semua hanya tinggal kembali pada diri kalian. Apabila kalian ingin bisa mendapatkan posisi di suatu perusahaan, maka jawabannya adalah : HARUS. Namun, apabila kalian merasa bahwa kalian bisa membuat perusahaan sendiri atau membuka usaha sendiri, maka jawabannya adalah : TIDAK, TAPI KALAU BISA YA HARUS.

Kami tidak menyarankan kalian untuk tidak memahami apa itu interview. Justru, kami selalu mencoba untuk memberi pemahaman kepada kalian bahwa interview itu adalah salah satu hal yang penting untuk dipahami.

Ya, entah kalian besok akan menjadi karyawan, bos, petinggi, atau CEO dari suatu perusahaan, kalian hendaklah bisa paham tentang apa itu interview. Pasalnya, karyawan tentu harus tau tentang interview agar dia bisa diterima di suatu perusahaan. Sementara bos, petinggi, atau CEO tentu mereka harus paham tentang interview agar mereka bisa mendapatkan karyawan yang mumpuni.

Tidak akan pernah bisa dibayangkan ketika suatu perusahaan dalam melakukan perekrutan karyawan baru tidak membuat tahapan interview dalam perekrutannya. Memang, pemahaman tentang tes psikologi atau tes potensi akademik berperan penting dalam perekrutan karyawan baru. Namun, interview pun juga memiliki peran penting mengingat dengan interview, pihak perusahaan bisa tau tentang profil, karakter, dan sifat dari calon karyawan yang sesungguhnya.

Jadi, masih ragu untuk mau memulai memahami apa itu interview dan tahapan-tahapan di dalamnya? Kalau sudah yakin, tiga panduan yang akan kami berikan ini akan membantu kalian untuk benar-benar bisa memaknai kata interview itu sendiri.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Interview.

Bab ini membahas tentang beberapa hal dasar yang harus dipersiapkan oleh calon karyawa dalam memulai interview. Disini, kalian akan mendapat pencerahan untuk mempersiapkan diri agar kelak ketika interview sudah didepan mata, kalian tidak kaget untuk menghadapinya.

BACA

Berbagai Macam Contoh Pertanyaan Interview.

Bab ini membahas tentang contoh-contoh yang biasa ditemui ketika interview. Disini kalian bisa mempelajari dengan jelas tentang pertanyaan-pertanyaan interview, serta bagaimana cara untuk menjawabnya.

BACA

Tips dan Trik dalam Melakukan Interview Bahasa Inggris

Bab ini dikhususkan untuk kalian yang hendak melakukan interview dari perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya menggunakan bahasa Inggris. Disini kalian akan diberikan tips dan trik jitu agar bisa lolos dari interview berbahasa Inggris.

BACA

BAB 2
CV (Curriculum Vitae)

Apakah kalian semua disini dalam waktu dekat ini memiliki rencana untuk melamar kerja?

Kalau iya, berarti kalian harus menyiapkan CV.

Kenapa demikan? Ya karena nanti CV inilah yang akan menjadi bahan pertimbangan dari pihak perusahaan apakah kalian-kalian yang hendak melamar pekerjaan akan lolos tahap administrasi atau tidak.

CV atau riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan juga kualifikasi-kualifikasi lain di dalamnya.

Dari pengertian di atas, kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa CV ini merupakan elemen penting untuk mendaftar kerja, namun biasanya, para fresh graduated di luar sana tidak mempersiapkan CV ini dengan baik.

Alasan kenapa banyak fresh graduated di luar sana tidak mempersiapkan CV-nya dengan baik adalah karena mereka masih belum tau apa-apa saja yang harus diisi di dalam CV-nya. Alhasil, banyak dari mereka yang asal membuat CV dan menyerahkannya kepada pihak perusahaan. Masalah diterima atau tidak? Ya serahkan pada yang di Atas.

Setelah kalian para fresh graduated melihat artikel ini, mungkin kalian boleh merasa bersyukur karena kami disini akan memberikan beberapa panduan yang membahas tentang CV. Jadi, silahkan untuk kalian yang ingin melamar kerja dan sedang mempersiapkan CV terbaik, boleh sekali untuk membaca panduan mengenai CV ini.

  1. Tips dan Point-Point dalam Membuat CV
  2. Cara membuat CV yang Benar
  3. CV dalam Bahasa Inggris, Apa Saja yang Harus Diperhatikan.

“Mengapa Harus CV? Kenapa Tidak dengan Surat Lamaran Kerja Saja?”

Dalam perekrutan karyawan baru, surat lamaran kerja tentu menjadi hal yang sangat penting agar mereka tahu bahwa kita hendak melamar kerja. Namun, apa yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan bukanlah sekedar surat lamaran kerja saja. Salah satu pertimbangan yang membuat pihak perusahaan meloloskan karyawannya untuk mengikuti tes-tes berikutnya adalah CV.

Sederhananya begini, bagaimana pihak perusahaan bisa tau tentang diri kalian bahwa kalian pantas untuk bekerja di perusahaan tersebut?

Facebook? Instagram? Twitter?

Tentu tidak.

Untuk itulah CV harus dibuat dan kelak menjadi bahan pertimbangan oleh pihak perusahaan. Memang, pihak perusahaan bisa saja melihat akun facebook, instagram, ataupun twitter calon karyawannya. Tapi, kalian bisa mencantumkan itu semua di CV.

Intinya, CV memang sangat penting untuk dimiliki oleh para calon pencari kerja karena itulah bekal awal kalian untuk mengambil hati pihak perusahaan.

“CV sangat penting untuk dimiliki karena CV adalah nilai jual kalian untuk pihak perusahaan.”

“Pentingkah saya Memiliki CV?”

Apabila kalian semua sudah membaca dan menyimak dengan seksama apa yang sudah kami jabarkan di atas, tentu saja pertanyaan ini tidak perlu dijawab. Namun, apabila kalian tidak sempat membacanya, kami akan menekankan bahwa…

“SANGAT PENTING UNTUK KALIAN MEMILIKI CV.”

Bagaimana tidak? Setiap penerimaan karyawan baru, CV menjadi syarat utama yang harus kalian miliki selain surat lamaran kerja. Bisa dibayangkan ketika kalian ingin melamar kerja tapi kalian tidak memiliki CV? Jelas, kalian tidak akan bisa lolos untuk mengikuti tes-tes berikutnya.

Dalam penerimaan karyawan baru, setiap perusahaan ingin bisa mengenal secara sekilas tentang calon karyawannya. Untuk itu, CV yang akan mewakili kalian disitu. Melalui CV itu, pihak perusahaan bisa tau tentang profil diri kalian, tentang jenjang pendidikan kalian, dan juga tentang track record yang telah kalian lalui selama beberapa tahun belakangan ini.

Sangat jarang ada pihak perusahaan yang ketika hendak mencari karyawan baru, mereka tidak mencantumkan CV sebagai syarat. Hal itu dikarenakan pihak perusahaan selalu mencari karyawan terbaik untuk bisa memajukan visi misi yang telah dibuatnya.

Memang, nantinya CV juga akan diabaikan ketika kalian sudah masuk di tahap tes potensi akademik, tes psikolog, atau tes wawancara. Namun, setidaknya, dengan menyiapkan CV maka itu berarti kalian sudah mendapatkan tiket untuk bisa mengikuti tes-tes penerimaan karyawan baru berikutnya. Lagipula, tidak jarang kok ada perusahaan yang tetap mempertimbangkan CV kalian ketika di akhir perekrutan nantinya.

Jadi jangan khawatir dan segera persiapkan CV kalian. Masih bingung? Tenang saja, panduan mengenai CV ini telah kami buat sedetail dan semudah mungkin untuk kalian pelajari. Siapkah kalian?

Tips dan Point-Point dalam Membuat CV

Bab ini menjabarkan tentang tips dasar dan juga point utama ketika membuat CV. Disini kalian akan dibimbing dan diberi pemahaman untuk dapat menyiapkan CV yang kelak bisa kalian gunakan untuk melamar pekerjaan.

BACA

Cara Membuat CV yang Benar

Bab ini berisi tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Nantinya kalian semua disini akan diberi arahan untuk bisa menghasilkan CV yang baik dan sesuai kualifikasi untuk melamar kerja.

BACA

CV dalam Bahasa Inggris, Apa Saja yang Harus Diperhatikan.

Tidak jarang ada perusahaan yang memberi syarat kepada calon karyawannya untuk membuat CV berbahasa Inggris. Untuk itu, bab ini dibuat untuk menuntun kalian yang kelak akan mendaftar di perusahaan yang demikian. Berisi tentang apa-apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat CV berbahasa Inggris agar tidak salah langkah.

BACA

BAB 3
Dunia Kerja

Pernahkah kalian disini terbayang untuk terjun di dunia kerja?

Apakah kalian disini masih asing dengan bagaimana itu dunia kerja?

Kalau kalian merasa demikian, maka bersyukurlah karena kalian berada di tempat yang tepat.

Cepat atau lambat, kalian memang harus mengerti tentang betapa kerasnya dunia kerja. Selain itu, kalian pun juga harus bisa menghadapi kerasnya dunia kerja itu dengan semangat yang tinggi dan motivasi yang kuat.

Tapi biasanya, banyak fresh graduated yang baru mulai bekerja sudah merasa lelah dengan pekerjaan yang dihadapinya. Banyak juga karyawan baru yang merasa tidak nyaman tempat kerjanya. Selain itu, banyak juga pekerja baru yang tidak mampu bertahan dengan pekerjaannya yang menurutnya berat.

Dalam dunia kerja, bisa dibilang itu biasa. Namun, tenang saja. Kami disini akan memberikan beberapa panduan agar kalian semua disini bisa survive dan bertahan di dunia kerja yang katanya sangat berat ini.

Kalian semua disini yang baru hendak masuk di dunia kerja mungkin belum begitu tau tentang dunia kerja. Kalaupun sudah tau, mungkin itu hanya dari cerita orang tua atau teman yang sudah bekerja. Di panduan ini, kami akan menjabarkan semuanya agar kalian bisa benar-benar tau akan dunia kerja.

Untuk itu, silahkan mulai dipelajari beberapa hal yang masuk dalam panduan mengenai dunia kerja ini. Apabila kalian masih ingin tau secara mendasar tentang mendasar, baca panduan ini dari bab satu hingga akhir.

  1. Tips Naik Gaji Lebih Cepat
  2. How To Make Impression as Professional
  3. Cara Menjadi Co Worker yang Baik
  4. Cara Menjaga Relasi dengan Rekan Kerja
  5. Fakta-Fakta Kantor yang Mendukung Kinerja Karyawan

“Mengapa Kita Harus Terjun ke Dunia Kerja?”

Tidak.

Sebenarnya kalian tidak harus terjun di dunia kerja sih sebenarnya. Semua pilihan. Kalian boleh menganggur dan tidur-tiduran di kasur apabila kalian bisa menghasilkan uang hanya dengan bersin. Tidak ada yang mengharuskan kalian untuk terjun di dunia kerja.

Tapi…

Apa iya kalian nggak mau bekerja?

Di umur kalian yang sudah produktif, akan sangat merugi apabila kalian tidak meluangkan waktu untuk terjun di dunia kerja dan menghasilkan uang. Lagipula, terjun di dunia kerja bisa dibilang sebagai tuntutan kehidupan karena kalau tidak kerja… kalian mau apa?

Di zaman sekarang ini, mencari lapangan pekerjaan adalah hal yang sulit. Banyak orang yang ingin terjun di dunia kerja namun terhambat karena tidak ada pengalaman, tidak ada relasi, dan sebagainya. Untuk itu, siapapun yang sudah masuk di dunia kerja, ada baiknya kalian bisa bersyukur atas apa yang sudah didapatkan dan berhentilah mengeluh.

Jadi kesimpulannya, kalian harus masuk di dunia kerja karena :

  1. Tuntutan kehidupan.
  2. Mencari kerja itu susah.
  3. Kalau tidak kerja, mau jadi apa?

“Dunia kerja memang kejam, tapi lebih kejam apabila tidak punya kerja bukan?”

“Susahkah beradaptasi di dunia kerja?”

Sebenarnya apabila kita bisa menikmati setiap hal yang ada di dunia kerja, kita tidak akan kesusahan untuk beradaptasi di dunia kerja. Pasalnya, alasan kenapa kita sudah beradaptasi di dunia kerja adalah karena kita masih mempunyai banyak pikiran negatif yang akhirnya membuat diri kita meraas susah untuk beradaptasi.

Jadi, apabila pertanyaan di atas harus dijawab, maka jawabannya adalah :

Tergantung pada pribadi masing-masing.

Ada banyak hal yang bisa terjadi di dunia kerja, seperti misalnya kesalahpahaman, mutasi, perselisihan, dan lain sebagainya. Tentu saja semua adalah bumbu-bumbu utama dunia kerja. Tidak akan pernah bisa dibayangkan apabila dunia kerja ini adanya hanya kerja, kerja, dan kerja saja tanpa ada drama di dalamnya. Monoton sekali bukan pastinya?

Dalam dunia kerja, mencari gaji tinggi dan pengakuan dari atasan tentu menjadi salah satu hal yang dicari. Selain itu, mencari kerabat dan juga teman kerja yang baik juga bisa menjadi solusi. Namun yang terpenting, mencari kenyamanan dalam bekerja adalah salah satu hal yang pasti senantiasa dinanti.

Oleh karena itu, ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam dunia kerja seperti misalnya :

  1. Melatih Kerjasama
  2. Menjalin Relasi
  3. Bersikap Dewasa dalam Menghadapi Permasalahan
  4. Melatih Kepemimpinan
  5. Mendapatkan Gaji
  6. Bersaing Secara Sehat dengan Rekan Kerja

Tentu saja semua itu pasti akan kalian temui di dalam dunia kerja. Untuk itu, kalian harus bisa mempelajarinya, minimal untuk mempersiapkan diri agar kalian tidak kaget ketika sudah terjun di dunia kerja nantinya.

Jadi, apakah kalian sudah tertarik untuk terjun di dunia kerja? Baiklah, biarkan disini kami menuntun kalian melalui panduan-panduan berikut ini :

Tips Naik Gaji Lebih Cepat

Bab ini membahas tentang apa yang selalu diinginkan oleh para karyawan. Berisi tentang bagaimana cara agar kita bisa cepat mendapatkan kenaikan gaji. Namun yang harus diingat, tips ini harus diiringi dengan bekerja yang maksimal loh ya.

BACA

Cara Menjadi Co Worker yang Baik

Bab ini membahas tentang bagaimana cara kita untuk menjadi co worker yang baik. Berisi tentang langkah sederhana agar kita bisa menjadi co worker yang disukai bawahan dan rekan kerja.

BACA

Cara Menjaga Relasi dengan Rekan Kerja

Bab ini membahas tentang cara agar kita bisa menjaga relasi dengan rekan kerja. Berisi tentang makna dari relasi yang tentu saja akan berdampak pada masa depan kita nantinya, dan pentingnya kita menjaga relasi dengan rekan kerja.

BACA

Faktor- Faktor yang Mendukung Kinerja Karyawan

Bab ini membahas tentang hal-hal apa saja yang nantinya akan menunjang kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Berisi tentang faktor-faktor apa saja yang membuat kenapa karyawan bisa semangat dalam bekerja.

BACA

BAB 4
Presentasi

Pernahkah kalian gugup saat presentasi di depan banyak orang?

Pernahkah kalian ragu untuk kembali mengulang presentasi?

Pernahkah kalian berkeinginan untuk bisa memperbaiki presentasi kalian?

Kalau ada yang demikian, berarti kalian seharusnya mau untuk mempelajari dasar-dasar dan juga tips dari presentasi.

Pada dasarnya, presentasi merupakan salah satu kegiatan berbicara di depan banyak orang, dimana disitu berisi tentang pengajuan suatu topik, pendapat, ataupun informasi.

Tapi, kebanyakan dari kalian mungkin ketika mendengar kata presentasi, sudah lebih dahulu ciut nyalinya dan pergi jauh-jauh dari kegiatan semacam itu.

Hal ini sebenarnya wajar, mengingat ketika masih duduk di bangku SMA atau Kuliah, ketika kita presentasi di depan teman-teman, apabila kita salah sedikit mengucapkan kata-kata kita pasti akan ditertawakan. Hal itulah yang akhirnya membuat banyak mental calon pekerja diluar sana yang menurun.

Padahal, apabila kita bisa mengerti maksud dari guru dan dosen kenapa beliau meminta kita untuk maju presentasi di depan kelas adalah agar kita terlatih untuk presentasi saat bekerja nanti.

Setiap orang pasti pernah merasakan trauma untuk presentasi.

Tapi tenang, kami disini telah menyiapkan beberapa panduan yang nantinya akan membuat pandangan kalian tentang presentasi menjadi cerah dan tidak lagi takut untuk maju di depan banyak orang dan mempersentasikan pendapat kalian.

Dalam panduan ini, kalian nanti akan diberikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan presentasi, yang mana sebagai berikut :

  1. Hal-hal yang Menentukan Suksesnya Sebuah Presentasi.
  2. Tips Presentasi.
  3. Cara Presentasi yang Baik dan Benar.
  4. Tips-Tips Dasar Presentasi Bahasa Inggris.
  5. Tips Memperluas Wawasan dan Meningkatkan Karir di Era Digital.

“Kenapa Perlu Presentasi?”

Ketika hendak menyampaikan sebuah informasi yang telah dibuat dan dirangkum secara detail, media apa yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan hal tersebut agar tersebar luas?

Facebook? Twitter? Instagram?

Bisa. Tapi, media sosial tersebut tidak akan menyajikan informasi secara jelas dan detail.

Jadi, salah satu kunci utama untuk kita menyampaikan informasi secara detail dan jelas adalah melalui presentasi. Lagipula, setiap presentasi yang kita sampaikan pasti memiliki target dan sasaran tersendiri.

Hal itulah yang menjadi kenapa presentasi perlu untuk dilakukan.

Pada dasarnya, presentasi senantiasa dilakukan di dunia kerja. Fungsi dari presentasi yang mana adalah untuk menyampaikan informasi tentu di dalam dunia kerja digunakan untuk memaparkan hasil kerja selama satu bulan penuh, rencana kerja yang akan dikerjakan bulan depan, dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, setiap orang yang hendak menjadi pekerja memang harus bisa menyajikan presentasi yang menawan sebagai bekal untuk bekerja nantinya. Karena pada hakikatnya, presentasi adalah salah satu modal kalian untuk bekerja.

“Presentasi penting untuk dipelajari karena presentasi dapat menjadi sarana untuk memaparkan informasi yang kita punya.”

“Apakah Saya Harus Bisa Presentasi?”

Secara tegas kami akan menjawab : HARUS.

Ya, zaman sudah semakin maju. Persaingan di dunia kerja sudah sangat ketat. Apabila dalam bekerja kalian tidak memiliki kemampuan untuk menyajikan presentasi secara bagus, maka kalian pasti akan kalah saing dengan pekerja lainnya.

Banyak hal yang bisa dipertimbangkan oleh atasan ketika melihat bawahan atau karyawannya melakukan presentasi. Kenaikan gaji, kenaikan jabatan, pemecatan, dan lain sebagainya, semua bisa disebabkan oleh presentasi.

Memang, dalam penerapannya, presentasi itu susah untuk dilakukan. Ada banyak kendala yang mendasari itu semua, seperti misal gugup, ragu-ragu, tidak percaya diri, dan lain sebaganya. Namun hal yang menjadi catatan, bukan berarti semua itu tidak bisa diatasi.

Ada banyak cara untuk kalian meningkatkan kemampuan presentasi yang kalian punya.

Pada dasarnya, semua orang yang terlihat mahir dalam menyajikan presentasinya itu semua berawal dari orang-orang seperti kalian yang dulunya tidak bisa melakukan presentasi secara baik. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka belajar dan belajar sampai akhirnya mahir dan profesional.

Kalian?

Tentu saja bisa.

Itulah mengapa kami membuat panduan tentang presentasi agar kalian semua yang ingin bisa menyajikan presentasi secara baik benar-benar bisa mewujudkan impian tersebut. Jadi, pelajarilah panduan tentang presentasi berikut ya.

Hal-Hal yang Menentukan Suksesnya Sebuah Presentasi

Bab yang harus kalian baca karena bab ini berisi tentang beberapa hal yang dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah presentasi. Bab ini tentu penting untuk dipelajari oleh siapa saja yang hendak sukses dalam membawakan presentasinya ya.

BACA

Tips Presentasi

Bab ini tentu saja harus dibaca oleh kalian yang ingin mengetahui secara jelas tentang apa itu presentasi dan juga bagaimana tips mudah agar lancar menyajikan presentasi. Wah, tentu saja bab ini sangat diminati oleh kalian bukan?

BACA

Cara Presentasi yang Baik dan Benar

Ingin bisa menyajikan presentasi yang baik dan benar? Bab ini akan membantu kalian agar bisa menyajikan presentasi yang demikian. Memang, setiap orang pasti ingin bisa menyajikan presentasi yang baik dan benar dong.

BACA

Tips-Tips Dasar Presentasi Bahasa Inggris

Presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris memang suatu hal yang sulit. Namun, banyak perusahaan yang kadang meminta karyawannya untuk menyajikan presentasi dengan bahasa Inggris. Jadi, tidak usah khawatir. Di Bab ini kalian akan diberi tips mudah untuk mengatasinya.

BACA

Tips Memperluas Wawasan dan Meningkatkan Karir di Era Digital

Bab ini membahas tentang bagaimana tips untuk memperluas wawasan dan juga meningkatkan karir yang cemerlang d era digital. Presentasi adalalh salah satu tips di dalam bab ini. Jadi, masih ragu untuk membacanya?

BACA

Artikel ini dibuat dengan tujuan membantu teman-teman yang membutuhkan. Artikel ini akan terus dimaintain dan dikembangkan sesuai dengan seiring berjalannya waktu, seperti apabila ada teman-teman yang memberikan kami request untuk topik yang berhubungan dengan dunia kerja. Kami akan terus mengembangkan artikel ini. Jadi jangan ragu untuk menshare dan meninggalkan saran melalui comment. Terima kasih and be smart your way