Pentingkah presentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris?

Beberapa orang mungkin pernah bertanya-tanya dengan kalimat demikian. Memang, tidak menjadi hal aneh apabila sebagai orang Indonesia, kenapa kita harus bersusah-susah menggunakan bahasa Inggris dalam presentasinya?

Namun, apabila kita menilik pada sebuah kenyataan yang mana adalah kita sudah masuk di era globalisasi… Tentu hal ini bukan menjadi pertanyaan lagi. Di zaman ini, pasar bebas mulai dibuka. Segala macam orang dari seluruh dunia bisa bersaing untuk bekerja di Indonesia. Jadi, masih mau menjad karyawan yang begitu-begitu saja?

Presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting karena memang bahasa Inggris adalah bahasa yang global. Seluruh dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai acuan bahasa ketika mereka berkunjung dari satu negara ke negara lain. Jadi, apabila kita bisa menyampaikan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, bukankah hal itu akan sangat membantu kalian dalam mengembangkan potensi dan juga memperluas informasi yang kalian sampaikan?

Untuk itu, tidak ada yang salah dengan presentasi menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, apabila kita ingin bisa maju dan dipercaya oleh perusahaan nantinya, kita memang sebaiknya bisa belajar untuk melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sebenarnya cara presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ataupun Indonesia itu sama saja. Runtutan dalam mempresentasikannya pun juga sama. Namun, yang paling membedakan dari presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris adalah dari segi gugup yang lebih besar dan tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Atas dasar itulah, apabila disini kalian ada yang ingin dapat menguasai presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, kami disini telah menyiapkan artikel yang berisi tentang tips-tips dasar presentasi bahasa Inggris.

Sudah penasaran?

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita jabarkan apa saja tips-tips dasar presentasi bahasa Inggris yang harus kalian ketahui bersama :

1. Jangan Lupakan Kalimat Pembuka

Cara Presentasi yang Baik dan Benar

Dalam presentasi menggunakan Bahasa Inggris, tahapan dalam melakukan presentasi tentu sangat diperhatikan sedetail mungkin. Oleh karena itu, tips dasar ketika melakukan presentasi bahasa Inggris, ada baiknya kita tidak lupa untuk menggunakan kalimat pembuka.

Adapun kalimat pembuka yang biasa digunakan ketika melakukan presentasi berbahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  • Good Morning, Thank you for coming to this presentasi. An honor to meet you here
  • Assalamualaikum Wr. Wb. I would like to say thank you for coming in my presentasion. It’s great to see you all.
  • Good Morning, Ladies and gentlemen. I’m glad to see you all.

Nah, awal pembukaan presentasi ini ternyata bisa menentukan apakah presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris nantinya akan berhasil atau tidak. Dari pembukaan ini, tentu saja kita sama halnya dengan membawa para audience ke dalam presentasi kita. Jadi, jangan penah lupakan kalimat pembukaan presentasi untuk mendapatkan hasil presentasi yang lebih baik ya.

Mau Lancar Bahasa Inggris? Yuk, Belajar di Aplikasi Cakap. Bisa Belajar Kapan Saja. Download Sekarang!

2. Perkenalkan Dirimu

3 Kalimat Wajib Ketika Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Setelah melakukan kalimat pembuka, tips dasar dalam presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan melakukan perkenalan diri. Secara harafiah, hal ini jelas sangat penting mengingat pastinya audience harus tau dengan siapa mereka akan berdiskusi.

Tak jarang ada presentator yang lupa untuk memperkenalkan dirinya ketika melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris hanya karena dia merasa ingin segera unjuk gigi. Padahal, apabila kita melakukan presentasi tapi kita tidak memperkenalkan diri, sama saja itu tidak ada artinya.

Audience tidak akan notice dengan siapa dia berdiskusi. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk memperkenalkan dirimu ketika hendak melakukan presentasi entah itu bahasa Inggris ataupun Indonesia. Adapun contoh perkenalan diri yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Let me introduce myself. My name is Farkhan, and i am from Chicago…
  • Okay, Let me introduce my self and my partner. I am Febri Dwi Cahya and my partner Is Rahmat Mulyana, We are from Chiki Chitos Company…
  • Let me introduce ourselves. I am Dicky, next to me is Raka, and the lady in red is Rose…

Dengan demikian, apabila kalian bisa memperkenalkan diri dengan baik ketika sedang melakukan presentasi bahasa Inggris, nantinya audience menganggap diri kalian di depan sana dan tidak ragu-ragu untuk berdiskusi.

Oh iya, jangan lupa berikan senyuman terbaik ketika presentasi dan memperkenalkan diri ya.

3. Jelaskan Maksud dan Tujuanmu Melakukan Presentasi.

Tips Presentasi agar Lebih Menarik dan Efektif

Tips dasar presentasi Bahasa Inggris selanjutnya dan wajib untuk dilakukan adalah dengan memberikan penjabaran tentang maksud ataupun tujuan dari kalian melakukan presentasi. Hal ini tentu penting sebagai pengantarmu dalam memulai presentasi.

Jadi, sebelum audience benar-benar akan menelan habis materi presentasi yang hendak kalian sampaikan, terlebih dahulu kalian berikan suguhan tentang maksud dan tujuan kalian melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ini.

Hal itu jelas akan membantu audience untuk memahami kira-kira apa saja pokok bahasan yang akan kalian bahas di depan sana, dan audience sudah menyiapkan diri untuk menerima materi. Selanjutnya, mungkin berikut contoh kalimat berbahasa Inggris yang bisa kalian ucapkan ketika hendak menyampaikan maksud dan tujuan kalian dalam melakukan presentasi.

  • The purpose of the presentation is …
  • Please look at the picture. Okay? Can you see the picture? What do you see in the picture? Nice, we will continue to finding out what is going on there.
  • Okay my friend, in this presentation we will discuss about…

Cukup sederhana bukan?

Jadi, ketika hendak melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, jangan pernah lupa untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari presentasi yang hendak kalian lakukan itu ya.

4. Sampaikan Materi Sebaik Mungkin

Hal-Hal yang Menentukan Suksesnya Sebuah Presentasi

Setelah tahapan pembukaan, perkenalan, dan pengantar maksud tujuan telah dilakukan, maka tips dasar presentasi bahasa Inggris selanjutnya adalah langsung menyampaikan materi dengan sebaik mungkin.

Momen ini tentu menjadi momen yang sanget penting dalam keberhasilan presentasi yang akan kita lakukan. Ketika menyampaikan materi presentasi dengan bahasa Inggris, diusahakan untuk kalian bisa memperhatikan bagaimana tata bahasa, gerak tubuh, dan juga pembawaan materi, apakah sudah bisa ditangkap dengan mudah oleh audience atau belum.

Selain itu, ada beberapa cara ketika menyampaikan materi presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Adapun cara-caranya bisa kita lihat dibawah ini :

  • Menggunakan sebuah contoh sebagai gambaran, seperti misal : the only example of this species is…, the example are…, we will see how many examples we will show you but look at the pictures first. Already?
  • Menggunakan kalimat transisi, seperti misal : First, i will explain to you about how to read the book. Then, i will explain why read the book is so important for us. Finally, you will know how to read the book.
  • Menggunakan kata yang menunjukkan sebuah alasan, contrast, atau hasil, seperti misal : because…, since…, however…, although…, in addition…,

Karena penyampaian materi presentasi ini merupakan elemen terpenting dari setiap presentasi, entah itu dengan bahasa Inggris ataupun tidak, maka ketika kalian menyampaikan materi presentasi ada baiknya kalian bisa menyampaikannya secara meyakinkan, tidak terburu-buru, bisa mengatur nafas dan mengatur nada bicara dengan baik, dan juga kalian bisa melakukan improvisasi agar audience tidak bosan.

Jika semua itu bisa kalian lakukan, pasti bisa dijamin bahwa presentasimu akan berhasil dengan sangat memuaskan.

5. Berikan Kesempatan untuk Tanya Jawab.

Beberapa Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tahu Saat Akan Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Selesai menyampaikan materi, tentu audience membutuhkan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan. Oleh karena itu, point inilah yang menjadi tips dasar presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Pada dasarnya, setiap presentasi memang selalu membutuhkan momen ini untuk melengkapi dan memberikan pengetahuan tambahan kepada audience. Adapun beberapa kalimat yang bisa kita gunakan untuk mempersilahkan audience untuk bertanya adalah sebagai berikut :

  • Anybody would like to ask?
  • You can free to interrupt me if you have something to ask.
  • I will try to answer any questions you may have.
  • There will be question and answer in this presentation.

Untuk bisa melewati hal ini, pastikan kalian memiliki kesiapan materi yang baik ya untuk menjawab setiap pertanyaan yang dicecar audience.

6. Berikan Kesimpulan.

Berbagai Macam Contoh Pertanyaan Interview

Setiap presentasi pasti memiliki kesimpulan di akhir pembahasannya. Oleh karena itu, point ini menjadi tahapan yang cukup penting dalam tips dasar presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Adapun hal yang bisa kalian lakukan untuk hal ini cukup dengan meringkas materi yang telah kalian sampaikan menjadi sesederhana mungkin dan sedetail mungkin, hingga nantinya para audience bisa menangkap dan memahaminya dirumah. Bahkan, ketika audience sudah di rumah, mereka masih ingat dengan kesimpulan dari materi presentasi yang kalian berikan.

7. Berikan Salam Penutup

Masuk pada tips dasar presentasi Bahasa Inggris yang terakhir, yaitu penutup. Hal ini harus dilakukan karena sebagai presentator, kita hendaklah memberikan penghormatan kepada para audience yang telah menyimak kita selama presentasi.

Untuk itu, kata-kata yang pantas untuk menutup presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ini adalah sebagai berikut :

  • Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen.
  • Thank you for your listening, may all those we have share be benifical for all of us.
  • Thank you so much for you attention.

Kalau kalian jadi audience, kira-kira bahagia tidak jika diberi ucapan demikian?

Nah, kira-kira itulah tips-tips dasar presentasi Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan. Kunci utama dari presentasi tentu adalah kesiapan diri yang matang. Oleh karena itu, sebisa mungkin siapkan dirimu untuk menghadapi presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ya apabila besok diminta.

Pada dasarnya, perbedaan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia itu sangat sedikit. Tapi, kesiapan mental merupakan hal utama yang harus dipersiapkan.

Tetap semangat!