Karakter bahasa Mandarin sudah ada semenjak zaman Tiongkok kuno.  Karakter dalam bahasa Mandarin mengalami perubahan dalam sejarah yang panjang.  Tahukah kamu bahwa ada dua jenis karakter dalam bahasa Mandarin?

Kamu pasti bertanya tanya, kenapa bisa ada 2 tipe karakter bahasa Mandarin yah.  Kedua jenis karakter bahasa Mandarin adalah Tradisional Chinese dan Simplified Chinese.  Awalnya, semua tertulis dalam karakter Tradisional Chinese.  Namun, ketika Republik Rakyat Cina terbentuk di pertengahan abad 20, Tiongkok harus menyebarkan aturan melek huruf ke seluruh penjuru daerah.  Orang Tiongkok pun menyadari bahwa karakter Tradisional Chinese ternyata sangat sulit untuk dipahami dan diingat.

Akhirnya dibuatlah karakter yang lebih mudah diingat dan ditulis, yaitu karakter Simplified Chinese.  Hal ini sangat membantu dalam mempercepat dan mempermudah melek huruf ke seluruh bagian Tiongkok pada masa itu.

Ketika menerjemahkan suatu text dalam bahasa Mandarin, kita harus mengetahui terlebih dahulu, apakah text tersebut menggunakan Simplified Chinese atau Tradisional Chinese.  Simplified Chinese banyak digunakan di Cina daratan dan Singapura sedangkan Tradisional Chinese digunakan di Hongkong, Macau dan Taiwan.

Beberapa contoh perbedaan karakter dalam Simplified Chinese dan Tradisional Chinese :

simplified_chinese_or_traditional_chinese_squline

Simplified: 欢迎 Traditional: 歡迎 ⇒ Huānyíng(Selamat datang)
Simplified: 马 Traditional: 馬  ⇒ Mǎ (kuda)
Simplified: 爱 Traditional: 愛 ⇒ Ài  (cinta )

Bisa kamu lihat bahwa Tradisional Chinese mempunyai goresan yang lebih banyak dan lebih rumit.  Jenis karakter Bahasa Mandarin yang akan digunakan sangat tergantung dengan dimana kamu akan menggunakan text tersebut.  Apabila kamu menggunakannya di Cina daratan, maka kamu harus menggunakan Simplified Chinese, sedangkan apabila kamu menggunakan text tersebut di Taiwan, kamu pun harus menggunakan Tradisional Chinese.

Bahasa selalu berganti dan mengikuti zaman.  Kata kata yang mudah digunakan dan banyak digunakan pun akan terus ditambahkan ke kamus bahasa.  Bahasa terus hidup dengan manusia dan beradaptasi seperti Simplified Chinese yang lebih mudah pun diciptakan untuk membantu manusia berkomunikasi dari sulitnya Tradisional Chinese.

Yuk terus perdalam bahasa Mandarin dengan kursus online bersama pengajar native yang mengajar langsung dari Beijing.  Daftarkan dirimu sekarang dan cobalah keseruan mempelajari bahasa dari mana saja dan kapan saja, private live dengan online video call bersama Squline.com.

Baca Juga : Chinese Internet Slang You Need To Know To Be Cool