Halooooo…

Apabila diantara kalian sudah membaca mengenai artikel : Nama Hari dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya, maka pada kesempatan kali ini kami akan melengkapi wawasan kalian tentang bahasa Jepang dengan memberikan pengetahuan tentang Nama Bulan Dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya.

Sebagaimana halnya dengan pengetahuan tentang nama hari dalam bahasa Jepang yang kemarin sudah kita pelajari bersama, tentu saja pengetahuan tentang nama Bulan dalam Bahasa Jepang ini juga sangatlah penting untuk melengkapi kosakata akan bahasa Jepang.

Apabila kita akan mengucapkan atau memberikan informasi tentang waktu, tentu kita harus bisa mengucapkan nama hari dan bulan secara bersamaan agar informasi yang kita sampaikan menjadi jelas dan dapat dipahami. Oleh karena itu, alasan inilah yang membuat kami membuat tulisan ini untuk membahas tentang nama bulan dalam bahasa Jepang dan contoh penggunaannya.

Pada penerapannya, nama-nama bulan dalam bahasa Jepang itu sebenarnya hampir sama dengan bahasa Indonesia yaitu berjumlah 12. Apabila dalam bahasa Indonesia, nama-nama bulan itu mencakup : Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember, nah dalam bahasa Jepang tentu berbeda dong ya.

Adapun yang membedakan mengenai nama bulan dalam bahasa Jepang ini adalah mengacu pada penulisannya. Dalam penanggalan bahasa Jepang, hal itu ditulis dengan urutan : tahun, bulan, dan hari, dimana penulisan angka untuk tanggal dapat ditulis dengan menggunakan angka latin atau kanji. Sementara nama-nama bulan yang ditulis dengan angka yang berasal dari huruf kanji umumnya itu hanya digunakan untuk penulisan tategaki.

Apakah sudah terbayang untuk apa saja nama bulan dalam bahasa Jepang dan contoh penggunaannya?

Kalau masih bingung, yuk mari kita lihat penjabarannya sebagai berikut:

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang

Sekedar informasi, nama bulan dalam bahasa Jepang ini biasa diarikan dengan sebutan Getsu atau Gatsu. Secara arti, pendahulu-pendahulu Jepang disana pada masanya sering menyebut bulan sesuai dengan angka yang mengikutinya. Misalnya saja adalah bulan Juni merupakan bulan ke-enam, atau dalam bahasa Jepangnya adalah roku gatsu. Jadi, roku gatsu adalah bulan Juni karena roku adalah enam dan gatsu adalah bulan. Sederhana bukan?

Rumus penyebutan nama bulan dalam bahasa Jepang :

Bilangan + Gatsu

Nah, berikut kami jabarkan contoh dari 12 bulan dalam bahasa Jepang yang berbagai macam jenisnya :

No.

Nama Bulan

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang Hiragana

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang Romaji

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang Kanji

1. Januari いちがつ ichigatsu 一月
2. Februari にがつ nigatsu 二月
3. Maret さんがつ sangatsu 三月
4. April しがつ shigatsu 四月
5. Mei ごがつ gogatsu 五月
6. Juni ろくがつ rokugatsu 六月
7. Juli しちがつ sichigatsu 七月
8. Agustus はちがつ hachigatsu 八月
9. September くがつ kugatsu 九月
10. Oktober じゅうがつ jyuugatsu 十月
11. November じゅういちがつ jyuuichigatsu 十一月
12. Desember じゅうにがつ jyuunigatsu 十二月

Dari apa yang sudah dijabarkan di atas, maka sudah jelas bahwa nama-nama bulan dalam bahasa Jepang itu ditulis dengan urutan angka mulai dari 1 hingga 12. Umumnya, nama-nama bulan dalam bahasa Jepang yang ditulis dengan angka dari huruf kanji itu hanya digunakan untuk penulisan Tategaki saja.

Mau Lancar Bahasa Jepang? Yuk Belajar di Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang Menurut Kalender Lunar Jepang

Di Jepang sana dikenal juga mengenai penamaan bulan-bulan yang berdasarkan atas kalender Lunar Jepang atau biasa disebut dengan Inreki (陰歴). Adapun nama-nama bulan dalam bahasa Jepang yang dilandaskan atas kalender Inreki ini pun sampai saat ini masih digunakan dalam ruang lingkup dunia sastra dan masih dikenal juga oleh orang-orang Jepang.

Adapun penjabaran mengenai nama-nama bulan

No.

Nama Bulan

Nama Bulan Menurut Kalender Lunar dalam Huruf Romaji

Nama Bulan Menurut Kalender Lunar dalam Huruf Kanji

1

Januari

Mutsuki

睦月

2

Februari

Kisaragi

如月

3

Maret

Yayoi

弥生

4

April

Uzuki

卯月

5

Mei

Satsuki

皐月

6

Juni

Minazuki

水無月

7

Juli

Fumizuki

文月

8

Agustus

Hazuki

葉月

9

September

Nagatsuki

長月

10

Oktober

Kannazuki

神無月

11

November

Shimotsuki

霜月

12

Desember

Shiwasu

師走

Sekedar informasi tambahan, menurut cerita di balik penamaan bulan-bulan dalam kalender Lunar, bulan Oktober disebut dengan Kannazuki (神無月) atau ‘bulan tidak adanya dewa’ yang mana itu mengacu pada urutan kanji yang membentuk Kannazuki : dewa, tidak ada, bulan. Konon, pada bulan Kannazuki tersebut, para dewa-dewi semuanya berkumpul di kuil Izumo Taisha di Prefektur Shimane.

Sedangkan untuk bulan Desember disebut dengan sebutan Shiwasu (師走?, guru berlari) karena orang-orang Jepang sibuk menyambut Tahun Baru di bulan Desember, bahkan para guru-guru besar yang biasanya tidak sibuk pun juga ikut sibuk berlari-larian untuk menyambut tahun baru.

Wah, ternyata banyak sekali cerita dibalik penamaan bulan dalam bahasa Jepang menurut Kalender Lunar ini ya.

Penanggalan untuk Bulan dalam Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, penanggalan tentu menjadi sangat penting untuk memperjelas waktu. Oleh karena itu, penanggalan-penanggalan ini harus dipelajari oleh kita semua. Pada dasarnya, penanggalan bulan dalam bahasa Jepang ini ditulis dengan urutan : Tahun, Bulan, dan hari. Misalnya saja adalah tanggal 15 April 2005 ditulis dengan tulisan sebagai berikut :

2005415

Sebagai pengingat, penulisan tanggal bulan dalam bahasa Jepang itu angkanya dapat ditulis dengan angka latin atau kanji. Misalnya saja adalah :

  • Penulisan angka dengan menggunakan angka latin untuk sistem penulisan Yokogaki (Penulisan dari arah kiri ke arah kanan) :

2005415

Yang mana dibaca dengan rangkaian kalimat sebagai berikut : nisen-go nen, shigatsu, jugonichi. Dimana penjelasannya adalah : (nen) adalah kanji untuk penulisan tahun, (gatsu) adalah kanji untuk penulisan bulan, (nichi) adalah kanji untuk penulisan hari.

  • Penulisan angka dengan menggunakan huruf kanji,khusus untuk penulisan tanggal dengan sistem penulisan Tategaki (sistem penulisan dari arah atas ke arah bawah, misalnya saja yaitu yang berada pada tulisan Jepang pada surat kabar dan buku. Contohnya adalah sebagai berikut:

二〇〇五年 四月 十五日

Penulisan di atas dibaca : nisen-go nen, shigatsu, jugonichi. Namun dengan penjabaran : 〇五 adalah kanji untuk 2005, adalah kanji untuk 4, 十五 adalah kanji untuk 15.

Oh iya, sekedar tambahan, dalam pengetikan bahasa Jepang dengan menggunakan komputer, penulisan angka dalam penanggalan bulan boleh juga mengunakan karakter penuh atau (全角, zenkaku) dan bisa juga digunakan karakter setengah (半角, hankaku), misalnya saja pada penulisan tanggal 15 April 2005 bisa ditulis sebagai :

2005415 (hankaku)

Atau

2005年4月15日 (zenkaku)

Dimana kedua cara penulisan seperti dua contoh di atas itu adalah benar dan diterima secara luas di Jepang sana.

Nah, setelah tau bagaimana penulisan tanggal bulan dalam Bahasa Jepang, maka selanjutnya kami akan memberikan nama-nama tanggal untuk penulisan bulan Bahasa Jepang yang terangkum dalam tabeli sebagai berikut :

Tanggal Romaji Hiragana Kanji

1

Tsuitachi

ついたち

一日

2

Futsuka

ふつか

二日

3

Mikka

みっか

三日

4

Yokka

よっか

四日

5

Itsuka

いつか

五日

6

Muika

むいか

六日

7

Nanoka

なのか

七日

8

Yooka

ようか

八日

9

Kokonoka

ここのか

九日

10

Tooka

とおか

十日

11

Juu ichi nichi

じゅういちにち

十一日

12

Juu ni nichi

じゅうににち

十二日

13

Juu san nichi

じゅうさんにち

十三日

14

Juu yokka

じゅうよっか

十四日

15

Juu go nichi

じゅうごにち

十五日

16

Juu roku nichi

じゅうろくにち

十六日

17

Juu shichi nichi

じゅうしちにち

十七日

18

Juu hachi nichi

じゅうはちにち

十八日

19

Juu ku nichi

じゅうくにち

十九日

20

Hatsuka

はつか

二十日

21

Ni juu ichi nichi

にじゅういちにち

二十一日

22

Ni juu ni nichi

にじゅうににち

二十二日

23

Ni juu san nichi

にじゅうさんにち

二十三日

24

Ni juu yokka

にじゅうよっか

二十四日

25

Ni juu go nichi

にじゅうごにち

二十五日

26

Ni juu roku nichi

にじゅうろくにち

二十六日

27

Ni juu shici nichi

にじゅうしちにち

二十七日

28

Ni juu hachi nichi

にじゅうはちにち

二十八日

29

Ni juu ku nichi

にじゅうくにち

二十九日

30

San juu nichi

さんじゅうにち

三十日

31

San juu nichi

さんじゅういちにち

三十一日

Penulisan Tanggal, Bulan dan Nama Hari dalam Bahasa Jepang

Setelah memahami semua tanggal dan bulan dalam bahasa Jepang di atas, maka selanjutnya kita bisa menggabungkan kedua ilmu yang sudah kita dapatkan di postingan kami sebelumnya mengenai : Nama Hari dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya, untuk praktek enulisan tanggal, bulan, dan juga nama hari dalam bahasa Jepang.

Cara-cara untuk penulisan tanggal, bulan, dan nama hari secara bersamaan dengan bahasa Jepang itu relatif sederhana. Jadi, urutan penulisan tanggal dan bulan apabila kita ingin menggunakan nama hari adalah sebagai berikut :

2005415()

Untuk penulisan Tahun, Bulan, Tanggal ditulis biasa, sementara untuk penulisan Hari dalam huruf kanji itu ditulis dalam tanda kurung : (), (), (), (), (), (), dan ()

Sebagai catatan, penulisan tanggal, bulan, dan nama hari dalam Bahasa Jepang ini tidak melulu terikat oleh aturan dan harus ditulis secara bersamaan. Pada kenyataannya, angka tahun dalam bahasa Jepang juga bisa tidak ditulis, misalnya saja untuk penulisan hari Jum’at 15 April, itu ditulis sebagai berikut :

415()

Orang-orang di Jepang sana biasanya sudah mengerti bahwanya 415() adalah hari Jumat tanggal 15 April di tahun ini. Jadi, tidak perlu susah-susah untuk menegaskan tahunnya apabila memang tidak diperlukan.

Contoh Penggunaan Nama Bulan dalam Bahasa Jepang

Setelah mengetahui penjabaran tentang nama bulan dalam Bahasa Jepang, dan bagaimana cara-cara menyusun tulisan Tanggal, Bulan, dan juga Hari, maka selanjutnya kami akan memberikan tentang contoh-contoh penggunaan nama bulan dalam Bahasa Jepang. Adapun alasan kenapa kami memberikan contoh penggunaan nama bulan dalam bahasa Jepang ini adalah agar menjadi acuan untuk kalian menulis dan menyusun penulisan bulan yang baik dan benar.

Sebelumnya, untuk keterangan waktu pada penulisan nama bulan dalam Bahasa Jepang ini pun ada tiga jenis yaitu : こんげつ : bulan ini : kongetsu, らいげつ : bulan depan : raigetsu, せんげつ : bulan lalu : sengetsu. Semua keterangan waktu itu bisa digunakan untuk memperjelas atau penegasan dalam memberikan informasi mengenai bulan yang kita maksudkan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah contoh penggunaan nama bulan dalam bahasa Jepang yang harus kalian pahami :

  • Andi : kyou wa nanyoubi desuka?

今日は何曜日ですか。

Sekarang hari apa?

Badrun : kayoubi desu

火曜日です。

Hari Selasa

Andi : souka

そうか。

Begitu ya.

  • Ricky : Raigetsu wa nangetsu desuka?

来月は何月ですか。

Bulan depan bulan apa?

Aliando : juu ichi gatsu desu

十一月です。

Bulan november

  • Asti : ima wa nannichi desuka?

今は何日ですか。

Sekarang tanggal berapa?

Bunga : hatsuka desu

二十日です。

Tanggal 20

  • Buffon : Otanjoubi wa nannichi nangetsu desuka?

お誕生日は何日何月ですか。

Ulang tahunmu tanggal berapa bulan apa?

Totti : tsuitachi rokugatsu desu

1日6月です。

Tanggal 1 juni

  • Nan-nichi desu ka

なんにちですか。

Tanggal berapa?

  • Nan-gatsu desu ka

なんがつですか。

Bulan berapa? .

  • Nan-nichi, nan-gatsu desu ka.

なんにち、なんがつですか

Tanggal dan bulan berapa?

  • Itsu desu ka

いつですか

Kapan?

  • Tanjoobi wa itsu desu ka

たんじょうびはいつですか

Ulang tahun kapan?

  • Anata no tanjoobi wa itsu desu ka.

あなたのたんじょうびはいつですか

Ulang tahun kamu kapan?

  • Tanjoobi wa juu-shichi-nichi desu

たんじょうびはじゅうしちにちです

Ulang tahun tanggal 17.

  • Watashi no tanjoobi wa juu-shichi-nichi desu

わたしのたんじょうびはじゅうしちにちです

Ulang tahun saya tanggal 17.

  • Ni sen Juu yon nen San gatsu Ni juu go nichi desu.

にせんじゅうよんねんさんがつにじゅうごにちです

Tanggal 25 Maret 2014

  • Ima ni sen ni nen hachi gatsu itsuka dewa arimasen.

いまにせんねんはちがついつかでわありません

Sekarang bukan tanggal 5 agustus 2002

  • Kinou wa ni sen juu ni nen ichi gatsu tsuitachi desuka.

きのうわにせんじゅうにねんいちがつついたちですか

Kemarin tanggal 1 januari 2012 ?

Nah, kira-kira itulah Nama Bulan dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya yang bisa kami sampaikan secara detail. Memang cukup banyak yang dipelajari agar bisa menguasai bahasa Jepang. Namun, bukankah untuk mencapai apa yang kita inginkan, kita memang harus terus berjuang dan berjuang?

Jadi, jangan pernah berhenti untuk belajar apabila kalian ingin bisa menguasai bahasa Jepang ya.

Selamat belajar dan meraih apa yang kalian inginkan.