memesan makanan dalam bahasa mandarin

Cara memesan makanan dalam bahasa Mandarin biar gak malu maluin itu penting buat diketahui.

Cara paling cepat untuk menjadi lancar berbahasa Mandarin adalah dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari hari seperti memesan makanan.  Di restaurant, biasanya para pelayan akan mencoba menghindari orang asing yang sulit berkomunikasi, bila lapar melanda dan hal ini terjadi, pasti kamu akan merasa kesal kan?  Dan Ketika perut ‘berbicara’ maka walaupun ada keterbatasan bahasa, apapun pasti akan kamu lakukan, kan?  Maka dari itu lebih baik simak deh cara memesan makanan dengan menggunakan bahasa Mandarin dengan cara yang gak malu-maluin.

Berikut adalah petunjuk bagaimana memesan makanan dengan menggunakan bahasa Mandarin.

memesan makan dalam bahasa mandarin

  • Ketika masuk Restauran

Ketika kamu masuk Restauran pasti kamu akan ditanyai pertanyaan berikut :

几位?(jǐ wèi) è Berapa orang ?

Kamu bisa merespon dengan memberitahu jumlah orang yang akan makan dengan :

一位 (yī wèi) è 1 orang

两位 (liǎng wèi) è 2 orang

三位 (sān wèi) è 3 orang

外带 (wài dài) è bawa pulang

memesan makan dalam bahasa mandarin

  • Memesan makanan

Bila kamu ingin memanggil sang pelayan, kamu bisa melambaikan tangan atau mengangkat tangan dan memanggil pelayan dengan sebutan 服务员! (fú wù yuán)

Setelah mereka menghampiri mu, katakan bila kamu ingin memesan makanan dengan mengatakan 点菜! (diǎn cài) .

Mereka biasa akan merespon dengan mengatakan 诶!(èi) è iya atau 马上! (mǎ shàng) yang berarti segera kesana.

Untuk meminta menu makanan, katakan saja 菜单(cài dān) yang berarti menu makanan.

memesan makan dalam bahasa mandarin

Untuk kamu yang baru mempelajari bahasa Mandarin dan tidak dapat membaca tulisan mandarin, memesan makanan akan menjadi lebih sulit, keadaan ini diperparah dengan menu makanan yang tidak memiliki gambar.

Namun kamu bisa menanyakan makanan yang popular dan direkomen disana dengan mengatakan : 这里最火的菜是什么? (zhè lǐ zuì huǒ de cài shì shén me) Apakah makanan yang popular disini ?

Namun bila menu makanannya terdapat gambarnya, kamu tinggal menunjuk gambar tersebut sambil mengatakan : “这个, 一份 (zhè gè, yī fèn)” Yang ini satu porsi yah.

Untuk memesan minuman, kamu bisa meminta 四杯冰水! (sì bēi bīng shuǐ) 4 gelas air dingin atau 一壶茶水! (yī hú chá shuǐ) 1 teko teh.

memesan makan dalam bahasa mandarin

  • Ketika sedang makan

“帮忙加点茶水! (bāng máng jiā diǎn chá shuǐ)”

katakan ini untuk meminta tambahan teh.

“多拿几个盘子。(duō ná jǐ gè pán zi)”

katakana ini untuk meminta tambahan piring.

memesan makan dalam bahasa mandarin

  • Setelah selesai makan

 

Setelah kenyang dan menikmati hidangannya, saatnya membayarnya dengan mengatakan 买单! (mǎi dān) .  Bila kamu ingin membayar menggunakan kartu, kamu dapat juga mengatakan 刷卡可以吗? (shuā kǎ kě yǐ mā) Bisakah menggunakan kartu kredit ?

memesan makan dalam bahasa mandarin

Di Squline.com kami mendorong kamu untuk terus berlatih dan menggunakan bahasa Mandarin ketika memesan makanan di restaurant Cina.  Bila kamu ingin berlatih dengan pengajar native sebelum benar benar mempraktekkannya, kamu bisa melakukannya di Squline.com!  Dengan pengajar native berpengalaman, kamu akan bisa berbahasa Mandarin seperti seorang native dengan lebih efisien, karena kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.  Daftarkan dirimu untuk mendapatkan kelas percobaan pertama gratis dengan mengklik DISINI!  Tambahkan akun LINE @squline (menggunakan @) untuk bertanya langsung dengan customer service kami!

memesan makan dalam bahasa mandarin