Setiap bahasa memiliki huruf.

Jelas saja, huruf-huruf dalam setiap bahasa itulah yang nantinya akan membentuk sebuah kata dan juga kalimat. Keberadaan huruf-huruf ini tentu sangatlah penting sekali untuk kelangsungan sebuah bahasa itu sendiri. Apabila suatu bahasa tidak memiliki huruf, tentu saja bahasa itu tidak memenuhi kualifikasi bahasa mengingat huruf berperan penting untuk membentuk kata dan juga kalimat.

Setiap negara memiliki hurufnya masing-masing.

Negara Indonesia memiliki huruf Abjad

Negara Arab memiliki Huruf Hijaiyah

Negara Jepang memiliki Huruf Katakana, Huruf Kanji dan Juga Huruf Hiragana

Negara China (Mandarin) memiliki Huruf Han Zi

Dan tentunya masih banyak lagi huruf-huruf yang tersebar di dunia untuk membentuk bahasa dalam suatu negara.

Menilik pada definisi huruf itu sendiri, huruf adalah sebuah tanda aksara dalam tata kepenulisan yang dapat melambangkan bunyi suatu bahasa. Mengacu pada apa yang dijelaskan di wikipedia, maka huruf adalah sebuah grafem dari seuatu sistem tulisan, misalnya saja adalah alfabet Yunani dan juga aksara yang telah diturunkannya. Artinya, dalam suatu huruf itu terkandung suatu fonem, atau disebut dengan sesuatu yang dapat membentu suatu bunyi dari bahasa yang dituturkannya.

Dari penjelasan akan huruf tersebut, maka sudah paham kan betapa pentingnya huruf dalam suatu bahasa?

Disini, kita akan membahas tentang huruf-huruf bahasa mandarin. Jadi, jelas saja, dalam bahasa mandarin pun huruf-huruf ini sangatlah penting, entah itu dari segi penggunaan ataupun dari segi sejarah.

Huruf dalam bahasa mandarin itu dikenal dengan sebutan Han Zi. Nah, apabila di Indonesia ini kita mengenal huruf yang terdiri dari 26 alfabet saja dapat membentuk berbagai macam kata dan berjuta kalimat, maka tidak demikian dengan huruf-huruf bahasa mandarin ini.

Ya, huruf mandarin / Han Zi ini tidak mengenal adanya alfabet. Artinya, satu huruf mandarin dapat mewakili satu kata. Maka dari itu, jumlah huruf-huruf dalam bahasa mandarin ini ada banyak sekali jenisnya dan juga berbeda-beda bentuknya. Apabila dihitung tentang keberadaan huruf-huruf mandarin, semua terhitung sebanyak sekitar 80.000 – 90.000. Namun, huruf-huruf umum yang sering digunakan hanya sekitar 3500 saja.

Tenang, jangan panik sih. Masih bisa dipelajari kok. Jadi, bagaimana saja huruf-huruf bahasa mandarin? Mari kita coba lihat :

Mengenal Huruf-Huruf Bahasa Mandarin

Bahasa mandarin merupakan salah satu dialek Bahasa Tionghoa yang penuturannya dilakukan di sepanjang utara dan juga barat daya dari Republik Rakyat China. Dari situ, kita pun pasti tau bahwa bahasa mandarin merupakan bahasa yang mana penulisan huruf demi hurufnya adalah yang paling sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan itu, setiap orang yang ingin mempelajari bahasa mandarin ada baiknya terlebih dahulu mengenal huruf-huruf bahasa mandarin sedikit demi sedikit.

Pada dasarnya, apabila kita bicara masalah huruf-huruf dalam bahasa mandarin, tentu kita akan membahas mengenai HanZi. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, HanZi merupakan huruf paling tua di Dunia dan juga merupakan salah satu huruf dimana penggunanya pun paling banyak di Dunia juga. Yap, benar sekali, ada berbagai macam huruf HanZi di dunia ini.

Membahas masalah sejarah dari Huruf-huruf Bahasa mandarin atau dikenal dengan sebutan HanZi ini tentu akan menjadi pembahasan yang menarik pada tulisan ini. Ya, HanZi itu memiliki sejarah yang cukup panjang. Setidaknya ada tiga pandangan mengenai sejarah terciptanya HanZi ini. Mari kita simak bersama :

Yuk, Baca Selengkapnya Disini