HARI NASIONAL REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK

Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok

Negara Republik Rakyat Tiongkok adalah suatu negara yang merayakan hari nasional pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Bahasa Mandarin dari negara tersebut adalah 中国 (Zhōngguó) yang juga bisa dinyatakan sebagai “middle kingdom”. Penduduk Tiongkok akan merayakan hari kebangsaan mereka yang ke-69 pada saat 1 Oktober 2018 mendatang. Nah, bagi kamu yang sedang belajar bahasa Mandarin, kamu harus tahu tentang salah satu liburan yang paling menonjol di negara Tiongkok. Liburan ini selalu ditunggu-tunggu oleh penduduk Tiongkok dan juga pastinya juga oleh turis-turis dari seluruh dunia.

Lebih ke bagian sejarahnya sedikit, Republik Rakyat Tiongkok ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 1949 dengan sebuah upacara yang diadakan di sebuah lapangan yang bernama sebagai Lapangan Tiananmen. Lapangan Tiananmen ini berada di pusat kota Beijing di Tiongkok.

Uniknya, secara legal, hari libur untuk Hari Nasional Tiongkok adalah 3 hari (tanggal 1-3 Oktober), tetapi banyak orang menyatakan hari libur ini sebagai “Golden Week”. Walaupun secara legal hanya 3 hari libur, total libur yang dialami penduduk Tiongkok adalah 7 hari atau satu minggu. Hal tersebut bisa terjadi karena penduduk Tiongkok bekerja 2 hari sebelum hari nasional ini, sehingga mereka dapat perpangjang liburan mereka untuk tanggal 4-5 Oktober dan berlanjut liburan untuk hari Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Mandarin dengan Cepat dan Mudah

Nah, untungnya kalian belajar bahasa Mandarin, karena banyak sekali turis yang berkunjung ke Tiongkok hanya untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan Hari Nasional Republik Tiongkok. Alasan mengapa mereka jauh-jauh ke Tiongkok bukan hanya karena aktivitas dan acara yang beragam tapi juga karena pada saat perayaan, cuaca di sana sangatlah nyaman.

Karena hari libur yang cukup panjang dan cuaca yang sangat bagus, banyak penduduk Tiongkok berkunjung ke beberapa lokasi wisata di sana. Bagi yang telah belajar bahasa Mandarin, kemampuan itu sangat berguna saat melakukan “road trip” di Republik Rakyat Tiongkok karena bisa mempermudah komunikasi.

Acara-acara besar dan sangat keren seperti parade yang diadakan oleh pemerintah Tiongkok, menunjukan betapa kompak dan kuatnya militer di negara tersebut. Hanya sayangya setiap 5 tahun saja parade yang besar ini akan diadakan di Lapangan Tiananmen.

HARI NASIONAL REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK

Sumber: thechairmansbao.com

Lebih hebatnya lagi, parade militer terbesar diadakan pada Hari Nasional yang paling pertama, di mana bukan hanya tentara saja tetapi angkatan laut dan udara juga ikut berpartisipasi dan berlatih bersama untuk satu tahun untuk parade tersebut yang diadakan pada 1 Oktober 1949. Acara lainnya seperti festival-festival akan diadakan di beberapa lokasi dengan pertunjukan kembang api pada sore harinya.

Bagi yang ingin memperdalam bahasa Mandarin mereka, hari nasional dinyatakan sebagai 国庆节 (guóqìngjié). Grand ceremony atau 大典(dàdiǎn) adalah acara seperti parade militer itu, karena tidak setiap tahun acara tersebut diadakan dan Republik Tiongkok ini benar-benar menunjukan harga diri mereka melelaui parade tersebut.

Mulai pada tahun 2009 saja, orang-orang asing dapat berpartisipasi dan ikut campur dengan parade militer ini selain menjadi penonton saja. Pada parade militer ini juga banyak sekali orang asing yang mendukung negara Republik Tiongkok ini dengan memakai baju “I Love China”. Hal ini menunjukkan perkembangan negara Tiongkok ini dan juga memperlihatkan bahwa negara Republik Tiongkok ini sudah mulai melihat ke arah perdamaian dengan seluruh negara yang ada di dunia ini.

Baca Juga: Mengenal Huruf – Huruf Bahasa Mandarin

Lapangan Tiananmen ini tentunya akan selalu padat pada hari nasional ini, tetapi alasannya itu bukan karena parade militer saja. Hamparan bunga akan dibuat di lapangan Tiananmen ini dengan beberapa tema seperti ekonomi Tiongkok pada satu tahun itu, perkembangan sosial masyarakat, dll. Hamparan bunga inilah yang menarik perhatian banyak turis dan juga penduduk Tiongkok sendiri untuk berkunjung ke Lapangan Tiananmen ini.

Oke, dari artikel ini kamu sudah mempelajari sedikit tentang hari nasional di Republik Rakyat Tiongkok. Jika ingin berkunjung ke sana, belajar dulu bahasa mereka dengan giat sehingga kalian bisa lebih dalam lagi mengerti apa yang sedang terjadi pada Hari Raya Nasional itu dan mungkin ikut serta dalam festival dan acara-acara lain yang ada.