Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Euforia Asian Games 2018 sudah mulai meredup namun semangat pesta olahraga ini belum boleh padam karena di bulan Oktober ini, Asian Para Games 2018 akan diadakan di Indonesia. Ya, Indonesia kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional. Sebanyak 42 negara berpartisipasi dalam acara ini dan 18 cabang olahraga dipertandingkan. Pesta olahraga ini digelar mulai tanggal 6 hingga 13 Oktober 2018. Lalu, tahukah kamu apa itu Asian Para Games? Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Asian Para Games 2018 adalah ajang olahraga untuk atlet Asia penyandang disabilitas.

Apa itu Asian Para Games?

Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 atau Asian Para Games 2018 merupakan ajang olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas dan acara ini sejajar dengan Pesta Olahraga Asia 2018 atau Asian Games 2018. Asian Para Games merupakan pesta olahraga pertama di Asia yang melibatkan atlet-atlet penyandang disabilitas yang diadakan di Indonesia. Pesta olahraga ini digelar berdampingan dengan Asian Games sehingga Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia sekali lagi.

Demi menyukseskan Asian Para Games 2018, Indonesia membentuk organisasi Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) untuk menyiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan dari Asian Para Games 2018. Dengan mengorganisir Asian Para Games 2018, INAPGOC pun berusaha untuk mempromosikan olahraga bagi para penyandang disabilitas ke rakyat Indonesia agar di masa depan, Indonesia dapat berpartisipasi secara lebih aktif di ajang serupa. Tidak hanya itu, Asian Para Games juga dapat menjadi kesempatan untuk kesetaraan hak penyandang disabilitas di masyarakat.

Baca Juga: Things you should know about Asian Games 2018

Tuan Rumah Asian Para Games 2018

Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Sumber: gimg.kumpar.com

Indonesia kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia. Pada tanggal 1 Maret 2016 lalu, Indonesia menandatangani kontrak sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 di Jakarta. Lokasi pertandingan mayoritas berada di kota Jakarta. Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk pertandingan, Kompleks Gelora Bung Karno menjadi arena untuk 8 cabang olahraga (renang, panahan, bola basket kursi roda, boling lapangan, atletik, bulu tangkis, menembak, dan bola voli duduk). GOR Cempaka Putih akan menjadi arena untuk pertandingan catur dan JIEXPO Kemayoran untuk pertandingan Judo.

Jakarta International Velodrome kembali menjadi tuan rumah untuk pertandingan sepeda dan GOR POPKI untuk pertandingan anggar kursi roda. Pertandingan tenis meja dan boling akan digelar di daerah Ancol, Jakarta Utara (Ecovention Ancol dan Jaya Ancol Bowling Center). Klub Kelapa Gading pun akan menjadi lokasi pertandingan tenis dan GOR Tanjung Priok untuk pertandingan boccia.

Untuk daerah Jakarta Selatan, Balai Kartini akan digunakan untuk pertandingan bola gawang dan Balai Sudirman untuk angkat beban. Selain Jakatra, Sentul pun akan menyediakan Sirkuit Sentul untuk pertandingan sepeda (road race). Nah, bagi kamu yang ingin menonton pertandingannya, bisa mendatangi lokasi-lokasi tersebut. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, belajar bahasa Jepang, dan belajar bahasa Mandarin, menonton pertandingan Asian Para Games dan berinteraksi dengan penonton lain dapat menjadi kesempatan bagus untuk melatik kemampuan berbahasamu.

Logo dan Maskot Asian Para Games 2018

Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Sumber: malangtoday.net

Logo

Asian Para Games 2018 mengangkat konsep “Harmoni” (harmony), yang merupakan bentuk dari keselarasan dan keseimbangan antara lingkungan alam dan manusia. Logo Asian Para Games 2018 berbentuk lingkaran sebagai simbol harmoni yang dibentuk oleh berbagai keanekaragaman dari negara-negara di Asia.  Dari keanekaragaman ini bermasa membentuk keselarasan dan disebut sebagai “Energi Asia” atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai “The Energy of Asia”.

Uniknya, logo dari Pesta Olahraga Difabel Asia ini merupakan siluet Stadion Utama Gelora Bung Karno dari atas dan siluet seseorang di bagian tengah lingkaran tersebut. Siluet orang di logonya melambangkan bentuk gerakan dari “Energi Asia”, gerakan para atlet Asian Para Games 2018 ketika menyambut kemenangan.

Maskot

Tahun ini, maskot dari Asian Para Games 2018 adalah seekor elang bondol bernama Momo. Nama Momo sendiri merupakan singkatan dari kata “Motivasi dan Mobilitas” atau dalam bahasa Inggris, “Motivation and Mobility”. Elang bondol merupalan jenis elang yang saat ini sudah terancam punah dan hanya hidup di daerah Kepulauan Seribu.

Jenis Olahraga yang Dipertandingkan di Asian Para Games

Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Sumber: blogspot.com

Terdapat 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, jangan khawatir, berikut nama cabang olahraga Asian Para Games 2018 dalam bahasa Inggris dan Indonesia:

  • Archery (Panahan)
  • Badminton (Bulu Tangkis)
  • Boccia (Boccia)
  • Chess (Catur)
  • Goalball (Bola Gawang)
  • Judo (Judo)
  • Lawn ball (Boling Lapangan)
  • Para Athletic (Atletik)
  • Para Cycling (Balap Sepeda)
  • Para Powerlifting (Angkat Beban)
  • Para Swimming (Renang)
  • Para Shooting Sport (Menembak)
  • Table Tennis (Tenis Meja)
  • Tenpin Bowling (Boling)
  • Volleyball Sitting (Bola Voli Duduk)
  • Wheel Chair Basket Ball (Bola Basket Kursi Roda)
  • Wheel Chair Fencing (Anggar Kursi Roda)
  • Wheel Chair Tennis (Tenis Kursi Roda)

Baca Juga: Nama Cabang Olahraga di Asian Games 2018 dalam Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah lebih tahu tentang Asian Para Games 2018. Untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, bahasa Jepang, atau bahasa Mandarin, acara seperti ini merupakan kesempatan emas untuk melatih kemampuan berbahasa asingmu. Dengan menonton pertandingan, kamu bisa bertemu penonton dari negara lain dan cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Selain wawasan tentang olahragamu akan bertambah, kemampuan berbahasa asingmu juga akan lebih terlatih.