Tidak ada pembelajaran yang lebih menyenangkan daripada bermain sambil belajar.

Ya, benar saja. Mungkin beberapa diantara kita disini apabila disuruh memilih antara belajar secara tegang atau bermain sambil belajar, mereka tentu akan memilih untuk bermain sambil belajar. Alasannya tentu sederhana saja, yaitu karena selain kita mendapatkan rasa senang dan bahagia, kita pun juga mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa secara langsung kita terapkan di dalam permainan itu sendiri.

Sebenarnya, bermain itu memang salah satu bentuk dari pembelajaran. Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang bermain, loh. Gambaran-gambaran itu diantaranya adalah :

  • Bermain adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan membuat pikiran tenang.
  • Bermain adalah kegiatan yang mempu memberikan suatu hal yang simbolik, atau membuat pemainnya seolah-olah membayangkan sedang melakukan sesuatu.
  • Bermain adalah kegiatan yang membuat kita melakukan gerakan-gerakan yang aktif.
  • Bermain adalah kegiatan yang tanpa paksaan, atau bisa dibilang kita akan sukarela apabila sedang bermain
  • Bermain adalah kegiatan yang memberikan pembelajaran.

Jadi sudah jelas sih, pada dasarnya bermain itu merupakan salah satu bentuk dari pembelajaran. Namun, bukan berarti bermain sambil belajar itu bisa dilakukan seenak jidat oleh pelakunya ya? Bukan. Bukan begitu. Melainkan, di dalam pembelajaran yang menggunakan metode bermain sambil belajar, disana memiliki semacam program bermain yang sudah terencana ataupun terstruktur.

Jadi, dengan adanya program-program itu, kita semua yang hendak bermain sambil belajar itu bisa benar-benar terarah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari pembelajaran yang kita lakukan dengan bermain itu.

Disini pasti tidak ada yang tidak pernah memainkan sebuah games, kan?

Nah, ternyata, games-games yang dibuat oleh para programmer di dunia ini itu bukan sekedar dimaksudkan untuk menghilangkan stress atau penat, melainkan juga bisa digunakan untuk memberikan pembelajaran kepada pemainnya.

Pembelajaran itu pun berbagai macam, salah satunya adalah pembelajaran bahasa Inggris.

Wah, itu sangat menarik bukan? Mengingat selama ini kita sedang membahas tentang bahasa Inggris?

Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita lihat 9 games untuk belajar bahasa Inggris yang harus kita ketahui dan pelajari berikut ini :

1. Hangman Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Untuk orang tua yang memiliki anak dan mereka ingin bisa memberikan fasilitas kepada anak antara belajar dan bermain, tentu Hangman Games ini bisa menjadi pilihan yang utama. Jelas saja, Hangman merupakan salah satu games yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris oleh siapa saja.

Game Bahasa Inggris - Hangman Games

Hangman Games ini merupakan sebuah game tebak kata yang mana permainannya sangat mudah dan sangatlah sederhana. Langkah awal untuk bermain Hangman Games ini adalah dengan menentukan tema yang akan dimainkan, seperti misalnya fruits, animals, colours, atau yang lain sebagainya.

Setelah tema sudah ditentukan, selanjutnya pemain hanya tinggal diminta untuk menyelamatkan seseorang yang sedang terkena hukuman gantung dengan cara menebak setiap huruf dari susunan-susunan kata tertentu yang tersedia.

Bukankah itu games yang sangat sederhana? Untuk anak-anak tentu games ini menjadi cara yang memikat untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar. Oh iya, games ini dikatakan berakhir apabila pemain tidak bisa melengkapi garis dengan huruf-huruf yang tepat, dan sebaliknya, games akan dinyatakan menang apabila pemain berhasil mengisi garis dengan huruf yang sesuai.

Mudah kok.

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kamu Dengan Belajar di Cakap. Download Sekarang!

2. Simons Says Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Games yang tentu sangat bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris yang lain tentu adalah games Simons Says ini. Dengan memberikan sebuah permainan sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan.

Game Bahasa Inggris - Simon Says Games

Tata cara dari permainan Simon Says ini hanyalah dengan mengumpulkan beberapa pemain dengan membuat lingkaran besar. Kemudian, satu orang relawan yang menjadi instruktur akan berada di tengah-tengah.

Nah, fungsi dari Instruktur itu sendiri itu adalah untuk memberi perintah dengan mengucapkan contoh seperti halnya kalimat : ‘Simons berkata sentuh telinga sebelah kanan’ atau ‘Simons berkata angkat kedua tanganmu’, dalam bahasa Inggris. Maka, perintah dari instruktur tersebut harus diikuti dengan baik.

Apabila tidak diikuti?

Nah, ya sesuai konsekuensi, yang tidak menuruti perintah tentu saja akan dihukum dong. Tapi tenang, hukumannya tidak berat kok. Pemain yang tidak menurut kata instruktur hanya akan dihukum menjadi Instruktur.

Adil bukan?

Nah, dari games Simons Says ini, tentu saja kita akan mendapatkan ilmu bahasa Inggris secara tidak langsung mengingat untuk menurut apa yang dikatakan instruktur, kita belajar listening. Pun apabila kita menjadi instruktur, kita belajar speaking.

Menyenangkan sekali bukan, belajar sambil bermain?

3. Word Match Games untuk belajar Bahasa Inggris

Siapa suka mencocokkan kata demi kata?

Haha, tentu saja permainan ini sangat cocok untuk kalian, terutama yang ingin berlatih mengembangkan pengetahuan akan berbahasa Inggris ya. Tujuan dari games Word Matching ini tentu adalah untuk melatih kata sinonim dan juga antonim.

Mengingat beberapa di antara kita, apabila mendengar sebuah kata, kita pasti seperti tertarik untuk mencari apa sih kira-kira pasangan dan juga lawan dari kata yang kita sebutkan tadi? Nah, games Word Match ini berfungsi untuk menambah kosakata akan hal terebut.

Caranya? Mudah sekali. Sebagai instruktur, tentu kita hanya harus mencari kata-kata yang mudah untuk dicari persamaan atau lawan katanya. Setelah semua kata telah siap, barulah instruktur memberikan pertanyaan untuk mencari persamaan dan lawan kata dari kata yang diberikan.

Pemenang dari permainan ini tentu dinilai dari kecepatan dan juga ketepatan ya. Jadi, tertarik untuk melakukan permainan ini agar pengetahuan akan berbahasa Inggrismu meningkat pesat, bukan?

Yuklah dicoba!

4. Observe and Remember Games untuk Belajar Bahasa Inggris.

Setiap orang pasti suka mengamati.

Namun, untuk mengingat sesuatu, biasanya sih kebanyakan kurang begitu mahir ya?

Nah, disini, dari permainan Observe and Remember, kita semua akan dilatih untuk mengamati sekaligus mengingat apa yang kita lihat dengan menggunakan bahasa Inggris loh. Tujuan yang sangat bagus dari sebuah permainan, bukan?

Cara untuk memainkan permainan ini tentu sangatlah mudah. Mula-mula, instruktur harus mempersiapkan beberapa jenis benda kecil yang mudah untuk diidentifikasi seperti misal penggaris, pensil, penghapus, buku, dan lain sebagainya. Setelah semuanya siap, letakkan benda-benda kecil tersebut di atas meja.

Ketika benda-benda itu sudah terletak di atas meja, persilahkan pemain untuk mengamati satu demi satu benda yang tersedia dengan batas waktu maksimal adalah 2 menit. Setelah waktu 2 menit itu terlewati, pemain dipersilahkan duduk sejenak. Kemudian, beberapa saat kemudian, persilahkan pemain untuk menuliskan benda-benda apa saja yang sudah dia lihat barusan di atas secarik kertas.

Nah dari situ, siapa yang berhasil menuliskan benda-benda kecil itu sebanyak-banyaknya dan yang paling benar, tentu dia adalah pemenangnya ya! Oh iya, sebagai catatan, permainan ini levelnya semakin mahir semakin ditingkatkan ya, agar supaya kepemahaman akan kosakata benda dalam bahasa Inggris semakin mantap!

Semangat bermain sambil belajar!

5. Blindfold Games untuk belajar Bahasa Inggris

Permainan bernama Blindfold ini merupakan salah satu permainan menarik yang dapat memberikan wawasan luas untuk berbahasa Inggris. Siapa saja pasti suka untuk memainkan permainan ini, tak terkecuali anak kecil sekalipun.

Mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan setiap kosa kata yang berbentuk kata benda, tentu saja tingkatan kesulitan dari games ini bisa bermacam-macam, tergantung kemahiran si pemain ya.

Cara memainkannya pun relatif mudah, seperti permainan-permainan yang lainnya. Jadi, instruktur meminta pemain untuk menutup kedua matanya dengan menggunakan penutup mata. Setelah mata pemain sudah tertutup rapat, instruktur pun kemudian akan memberikan beberapa jenis benda yang telah dipersiapkan untuk diidentifikasi oleh si pemain itu sendiri.

Contohnya begini, apabila si pemain diberikan sebuah pensil, dia akan mengucapkan kalimat seperti : ‘it is long, it is heavy, it is wood, … i think it is a pencil’. Nah, apabila si pemain bisa mendeskripsikan dan menebaknya dengan benar, tentu saja pemain akan diberikan reward dan menjadi pemenang.

Wah, mendengarnya saja sudah terdengar sangat menyenangkan ya?

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba permainan ini sembari mempelajari kosakata bahasa Inggris?

Semangat ya!

6. What’s Missing Games untuk belajar Bahasa Inggris

Kehilangan merupakan sesuatu hal yang menyakitkan.

Eits, tapi tunggu dulu. Dengan bermain games ini, kita akan mencoba untuk mengidentifikasi suatu benda beberapa saat, kemudian mencari tau apakah sesuatu yang hilang dari benda yang kita lihat tadi.

Sebenarnya konsep permainan What’s Missing ini hampir sama dengan Observe and Remember, yaitu instruktur permainan mencoba menyiapkan sekitar 10 gambar untuk diidentifikasi secara teliti.

Setelah diidentifikasi dengan baik, instruktur pun meminta pemain untuk menutup mata sebentar. Ketika si pemain menutup mata, instruktur pun mengambil 10 gambar tadi lalu mengacaknya dan hanya kembali menampilkan gambar dari apa yang sudah ditunjukkan tadi.

Sejenak kemudian, pemain diminta membuka mata dan mencari tau, kira-kira gambar apa yang tidak ada dari 10 gambar tadi. Nah, apabila pemain ada yang bisa menjawab dengan benar dari gambar yang hilang itu, tentu saja dia adalah pemenangnya.

Banyak sekali kan permainan untuk meningkatkan pemahaman dari berbahasa Inggris?

7. Crossword Puzzle Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Percaya, deh. Games yang satu ini pasti menjadi sebuah games yang paling diminati sejak dahulu kala. Hmm… Kalau dalam bahasa Indonesia sih games Crossword Puzzle ini sering disebut dengan teka-teki silang.

Wah, pasti sudah ada banyak sekali orang yang memainkan permainan ini ya. Jadi sepertinya tidak perlu ada penjelasan detail dari cara memainkan permainan mengasah otak ini. Kita hanya perlu menjawab pertanyaan dan mengisinya di kota-kotak putih dengan jawaban yang sesuai.

Mudah bukan?

Manfaat dari permainan ini untuk pembelajaran bahasa Inggris tentu adalah untuk memperkaya kosakata kita dalam berbahasa Inggris. Selain itu, permainan dari Crossword Puzzle ini ternyata dapat melatih daya ingat loh, hal itu dikarenakan ketika kita menjawab pertanyaan dari crossword puzzle, kita harus mengingat mengingat memory yang sudah tersimpan di dalam otak.

Oh iya, selain itu, dengan bermain Crossword Puzzle, kita bisa saja mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah kita tahu sebelumnya, wawasan baru, dan pastinya adalah kosa kata bahasa Inggris yang baru!

Waaaah, senang sekali ya bermain sambil belajar bahasa Inggris.

8. Anagram Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Permainan ini merupakan sebuah permainan yang setidaknya cukup mengasah otak.

Ya, dengan konsep mengubah satu kata dengan kata lain, mungkin membutuhkan pengetahuan dan kepustakaan kosa kosa kata yang banyak ya?

Mengapa tidak? Apakah kita mempunyai pikiran yang luas untuk mengubah kata heart menjadi earth? Atau contoh lainnya, apakah kita bisa mempunyai pemahaman yang cukup bahwa listen bisa diubah menjadi silent?

Selain untuk pemain, tentu saja permainan ini juga cukup sulit untuk instruktur mengingat dia lah yang harus menyiapkan pertanyaan, jadi otomatis dia juga yang harus mencari tau kata-kata yang bisa diubah menjadi kata yang lain.

Waaah, meskipun sulit, tapi kok menyenangkan juga ya?

Oh iya, manfaat dari permainan in adalah untuk membat memory tentang kosakata yang sudah kita ketahui itu jadi bisa bertahan sangat lama loh ya!

MENARIK!

9. Miming Games untuk Belajar Bahasa Inggris

Tebak-menebak merupakan permainan langganan yang sangat disukai beberapa kalangan.

Tentu saja Miming Games adalah salah satunya. Yap, cara memainkan permainan Miming ini adalah denga meminta salah satu pemain untuk memperagakan seekor binatang, pekerjaan, kegiatan, atau apa saja yang dipilih.

Kemudian, pemain lain yang memperhatikan gerak-gerik dari pemain itu pun diminta untuk menebak kira-kira apa sih yang sedang dia peragakan? Misalnya saja begini :

Are you a football player?’

Is it a dog?’

Are you a actor?’

Is it a crocodile?’

Mungkin kita sudah familiar dengan games begini ya? Tapi, tentu saja permainan ini dapat meningkatkan pemahaman kita dalam berbahasa Inggris loh.

Silahkan bermain ya!

Nah, itu dia 9 contoh games untuk belajar bahasa Inggris yang harus kalian tau dan kalian mainkan. Ayo, kapan lagi bisa bermain sambil mendapatkan berbagai macam ilmu untuk mengembangkan pengetahuan berbahasa Inggris?

Semangat selalu ya untuk belajar bahasa Inggris!

Terimakasih.