mudik travelling bersama anak anak squline

Fenomena mudik lebaran di Indonesia memang sangat unik, jarang ditemukan di negara-negara lain. Biasanya sekitar satu minggu sebelum lebaran orang-orang akan berbondong-bondong untuk meninggalkan kota dan menuju ke kampung halaman. Kata mudik memang identik dengan para perantau. Dulu mudik dan lebaran tidak memiliki korelasi sama sekali sekarang seakan-akan sudah menjadi tradisi.

 

Mudik bersama keluarga memang sangat menyenangkan, terutama bagi anak – anak yang ingin mengenal kampung halaman orang tuanya. Mereka akan cenderung semangat untuk pulang ke kampung halaman karena memang suasana yang sangat berbeda. Akan tetapi setiap orang tua akan khawatir jika anak-anak mereka tidak nyaman dengan suasana kemacetan yang hampir menemani ketika mereka dalam perjalanan ke kampung halaman. Ada beberapa cara agar anak tetap nyaman ketika mudik.

  • Mendengarkan musik

Putarlah musik kesukaan mereka, apalagi jika musik yang diputar bisa mengedukasi. Berbagai penelitian membuktikan bahwa adanya hubungan antara musik dengan peningkatan prestasi belajar. Selain musik yang menyenangkan kita sebagai orang tua juga bisa memberikan pelajaran sekolah di dalamnya seperti contoh memutar lagu anak-anak dalam bahasa inggris, ketika anak sedang mendengarkan lagu maka konsentrasi anak akan fokus kepada isi dari lagu tersebut. Secara otomatis anak akan mengikuti ritme nada dan suara dalam lagu tersebut. Hal ini bisa berguna untuk melatih anak belajar bahasa inggris dasar melalui lagu tersebut.

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan

Jika anak mulai menunjukkan tanda-tanda ketidaksukaan mereka dengan suasana macet maka kita harus bisa memberikan suasana yang menyenangkan di tengah-tengah kemacetan. Buatlah sebuah game kecil di dalam mobil, ajaklah mereka menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan umum. Hal ini akan sangat membantu untuk mengalihkan fokus mereka.

  • Ceritakan sebuah dongeng

Bercerita adalah hal yang sangat sulit dilakukan ketika didalam kendaraan, berbeda dengan bercerita sebelum tidur. Akan tetapi hal ini bisa dilakukan dengan catatan bercerita tentang hal yang menarik dan bisa membuat mereka tersenyum. Ceritakan hal-hal yang mereka suka ketika di rumah, bahaslah dengan gurauan dan candaan.

Apapun alat transportasinya, usahakan memilih jalur cepat menuju kampung halaman agar anak tidak mudah lelah dalam perjalanan. Perhatian kepada anak saat mudik memang sangat penting, karena daya tahan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Demikian ulasan seputar mudik semoga bermanfaat.