Source: Giphy.com

Siapa sih yang tidak tahu TOEFL dan IELTS di zaman now? Ya, TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System) adalah ujian untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris kamu. Salah satu dari ujian ini biasa digunakan sebagai persyaratan untuk masuk kuliah dengan maksud agar kamu dapat mengerti dan menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dan tidak bingung ketika kamu di sana.

Tapi pernahkah kamu mendengar TOEIC?

Source: Giphy.com

TOEIC atau singkatan dari Test of English for International Communication ini merupakan tes bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sehari-hari orang-orang yang bekerja di lingkungan internasional. Jadi dapat dikatakan bahwa tes ini memang sengaja didesain untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan asing.

Sejarahnya TOEIC bagaimana sih? Kok tiba-tiba ada tes ini?

Source: Giphy.com

Tes ini dibuat oleh Educational Testing Service atau ETS untuk mengukur prestasi dalam menggunakan bahasa Inggris dalam lingkungan bisnis. Yasuo Kitaoka adalah tokoh dari tim Jepang yang berperan penting dalam menyusun gagasan dasar tes TOEIC ini.
Pada tahun 1970, Yasuo Kitaoka berdiskusi dengan lembaga ETS untuk menciptakan sebuah tes komunikasi bahasa Inggris untuk digunakan di Jepang. Namun ide tersebut mendapatkan kendala sehingga gagasan Yasuo ditunda.
Pada tahun 1977, akhirnya ETS mulai mengembangkan tes TOEIC. Hingga pada tahun 1979, para pelajar bahasa Inggris di Jepang pada pertama kalinya mendapatkan soal pilihan ganda untuk TOEIC.

BACA JUGA : The Ultimate Guide to Survive in Your Career Path!

Versi terbaru untuk bagian listening dan reading tes TOEIC diluncurkan pada tahun 2006, juga untuk melakukan penambahan di bagian speaking dan writing.
Dan akhirnya pada tahun 2016, TOEIC ini mengalami pembaharuan untuk pertama kalinya demi mengikuti perkembangan dunia kerja yang sudah menggunakan komunikasi online di masyarakat modern. Bahkan di Jepang dan Korea ada versi baru yang menggunakan pertanyaan mengenai pemahaman grafik.

Tujuannya apa ya?

Source: Giphy.com

Saat ini, dengan semakin meningkatnya ekonomi global dan budaya kerja, bahasa Inggris telah menjadi tanda ekspansi internasional dan dengan demikian merupakan simbol pertumbuhan bagi perusahaan. Oleh karena itu, para pelamar kerja diminta untuk membuat profile yang atraktif, yang dapat menunjukkan bahwa mereka memang mampu ikut berjuang pada skala internasional. Pemahaman kamu tentang bahasa asing sama pentingnya dengan gelar sarjana, tidak hanya pengalaman kerja kamu saja.
Dengan kamu memiliki sertifikat TOEIC ini, maka kans kamu untuk bekerja di perusahaan asing akan semakin tinggi dan dapat menambahkan nilai bagus pada CV kamu.

Jadi sebenarnya apa beda TOEFL dengan TOEIC?

Source: Giphy.com

TOEFL adalah persyaratan untuk akademik. Tes ini lebih fokus ke bahasa Inggris secara umum. Sedangkan TOEIC dapat dikatakan sebagai sebuah evaluasi bahwa seorang kandidat pekerja memiliki kompetensi dalam level profesional. Tes ini lebih fokus kepada bisnis dan komunikasi.
Dengan kata lain, jika kamu memiliki nilai yang tinggi pada TOEIC, kamu akan dinilai dapat menggunakan bahasa Inggris profesional, yaitu bahasa Inggris untuk berbisnis.

Source: Giphy.com

Oh ya, bagi teman-teman yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan MBA (Master of Business Administration), akan sangat baik untuk mendapatkan sertifikat TOEIC terlebih dahulu. Kamu akan dengan lancar berbicara dan mengerti bahasa Inggris bisnis. Tapi jangan lupa bahwa tes ini memiliki nilai 10 sampai 990, dan untuk mengambil gelar MBA, diharuskan memiliki skor minimal 750 (ini persyaratan MBA yang ada di negara paman Sam).
Mengingat betapa pentingnya TOEIC dalam dunia kerja, mengapa tidak segera kamu ambil?

Jangan lupa sebelum mengambil tes TOEIC, kamu perlu mempersiapkan diri dengan kursus dan mulai mencari-cari bahan dari internet agar hasil tesmu dapat memuaskan. Kursus untuk persiapan TOEIC juga dapat kamu lakukan secara online loh! Kamu bisa coba mulai berkonsultasi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan pengajar asing dari Squline juga! Kamu dapat ikut 1x kelas gratis dari Squline dan bertemu dengan mereka untuk tahu lebih banyak apa saja yang kamu butuhkan untuk Tes TOEIC.