Sebelum memulai bahasan tentang kosakata bahasa mandarin, mari kita awali dengan pembahasan mengenai kosakata.

Dalam setiap bahasa, kosakata merupakan elemen penting yang harus dikuasai oleh seseorang. Tak terkecuali bahasa manapun. Entah itu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, ataupun bahasa mandarin yang akan kita bahasa disini.

Ada alasan kenapa kosakata menjadi elemen terpenting dalam suatu bahasa, yaitu karena kosakata dapat membantu kita dalam hal membaca, mendengerkan, berucap, dan juga menulis. Ada beberapa orang yang memiliki keterbatasan pemahaman akan kosakata sehingga hal itu membuat mereka tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain secara jelas.

Maka, sudah dapat dipastikan bahwa entah dari manapun kita, mempelajari kosakata suatu bahasa tentu merupakan hal penting yang utama dan harus dilakukan. Menguasai kosakata yang dimaksud disini pun itu termasuk juga dengan menggunakan kata-kata secara benar dan juga efektif. Nah, dengan penguasaan kosakata secara benar dan efektif, tentu hal itu akan membantu kita dalam memahami hal-hal mengenai bahasa itu sendiri.

Istilah mudah dari penguasaan kosakata yang harus ditanamkan di dalam benak kita yaitu :

Semakin banyak kosakata yang kita miliki, maka semakin mudah kita dalam memahami pembicaraan ataupun tulisan orang lain dalam suatu bahasa’

Atas dasar istilah tersebut, maka kita pun pasti akan mendapatkan istilah kebalikannya yaitu :

‘Semakin sedikit kosakata yang kita miliki, maka semakin sulit pula kita dalam memahami pembicaraan ataupun tulisan orang lain dalam suatu bahasa’

Kosakata Bahasa Mandarin

Jadi bagaimana? Mau milih yang mana? Memahami berbagai macam kosakata, atau hanya sedikit memahami kosakata?

Semua itu pilihan, sih.

Pada tulisan ini, kami mengharapkan kalian semua agar dapat memahami berbagai macam kosakata dalam bahasa Mandarin. Tentu saja, membantu agar kalian pandai dalam menguasai bahasa mandarin adalah salah satu tugas utama kami. Oleh karena itu, ijinkanlah kami memulai ini semua.

Kosakata Bahasa Mandarin.

Bicara masalah kosakata, maka itu berarti kita juga bicara tentang pengertiannya. Pada hakikatnya, kosakata merupakan himpunan kata yang mana dimiliki oleh seseorang atupun entitas lain yang mana merupakan salah satu bagian dari suatu bahasa tertentu.

Dari pengertian tersebut, kita pun menjadi tau bahwa kosakata yang dimiliki oleh seseorang itu didefinisikan sebagai himpunan semua kata yang sudah atau sedang dipahami oleh seseorang tersebut. Maka jelas saja, semakin banyak kepustakaan kosakata yang dimiliki oleh seseorang, hal itu bisa menggambarkan intelejensi seseorang itu sendiri.

Nah, setelah mengetahui akan makna dari kosakata itu sendiri, selanjutnya kita pun pasti paham bahwa dalam bahasa mandarin, kosakata juga menjadi salah satu hal pentng karena apabila kita sama sekali tidak tau akan kosakata bahasa mandarin, tentu kita tidak akan bisa apa-apa.

Tentu saja kita tidak mau hal itu terjadi. Setiap orang yang ingin bisa menguasai bahasa mandarin, otomatis mereka harus dipaksa untuk mengerti kosakata dalam bahasa mandarin itu sendiri. Jadi, sebelum benar-benar ingin menguasai bahasa mandarin, maka siapkan diri kalian untuk mempelajari kosakata bahasa mandarin ini terlebih dahulu, ya.

Nah, untuk mempersingkat semuanya, berikut adalah beberapa contoh kosakata dalam bahasa mandarin yang harus kalian semua ketahui :

Contoh Kosakata Bahasa Mandarin

Kosakata dalam bahasa mandarin pada dasarnya memiliki berbagai macam jenis. Profesi, Anggota Tubuh, Benda, Kata Ganti, Kata Kerja, Sapaan, dan lain sebagainya merupakan sebagian kecil dari kosakata bahasa mandarin yang akan kita bahas kali ini.

Oleh karena itu, karena ada pembelajaran ini merupakan salah satu hal yang penting dan juga ada banyak contohnya, diharapkan kalian yang berminat untuk benar-benar menguasai bahasa mandarin untuk bisa fokus dalam mempelajarinya. Mari kita lihat contohnya satu persatu.

Contoh Kosakata bentuk Kata Kerja dalam bahasa mandarin.

Kita semua mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang kata kerja. Ya, apabila kita mengacu pada pengertiannya, kata kerja adalah semua bentuk kata yang mana menyatakan perbuatan atau kegiatan. Istilah sederhananya, kata kerja ini dapat kita pahami sebagai bentuk kata yang mengandung makna agar kita melakukan suatu perbuatan.

Dari pengertian di atas, pasti penasaran bukan bagaimana contoh kosa kata dalam bentuk kata kerja di bahasa mandarin? Mari kita simak :

No Kata Kerja Bahasa Mandarin Kata Kerja Bahasa Indonesia
1 Huai tan nakal
2 Kuan men tutup pintu
3 Kai men buka pintu
4 Kai buka
5 Kuan tutup
6 Lei letih
7 Ta pukul
8 Man lambat
9 Kuai cepat
10 Chi fan makan
11 Qi lai bangun
12 Zuo xia duduk
13 Tiao lompat
14 Pau lari
15 Lu jalan
16 Shui jiao tidur

Contoh Kosakata bentuk Anggota Tubuh dalam bahasa mandarin.

Kosakata selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipelajari tentu adalah anggota tubuh. Biasanya, dalam pembelajaran bahasa mandarin, kosakata bentuk anggota tubuh ini digunakan pada tingkat dasar. Kenapa hal itu dilakukan? Karena anggota tubuh adalah hal yang paling dekat dengan diri kita. Oleh karena itu, maka wajar saja apabila kita memang harus mengetahui kosakata bentuk anggota tubuh dalam bahasa mandarin. Mari kita simak :

No Kosa Kata Anggota Tubuh Bahasa Mandarin Kosa Kata Anggota Tubuh Bahasa Indonesia
1 zhōng zhǐ Jari Tengah
2 qián é Dahi
3 liǎn Wajah
4 méi máo Alis Mata
5 jié máo Bulu Mata
6 yǎn jīng Mata
7 yǎn pí Kelopak Mata
8 bí zi Hidung
9 zuǐ chún Bibir
10 è Rahang
11 kǒu atau zuǐ Mulut
12 shé tou Lidah
13 liǎn jiá Pipi
14 ěr duo Telinga
15 yá chǐ Gigi
16 xià ba Dagu
17 jiān Bahu
18 shǒu bì atau gē bo Lengan
19 shǒu zhǐ Jari Tangan
20 xiǎo zhǐ Jari Kelingking
21 hóu long Tenggorokan
22 bó zi Leher
23 shí dào Kerongkongan
24 shǒu wàn Pergelangan Tangan
25 zhǒu Siku
26 shí zhǐ Jari Telunjuk
27 jiè zhǐ Jari Manis
28 dà tuǐ Paha
29 xī atau xī gài Lutut
30 xīn zàng Jantung

Contoh Kosakata bentuk Profesi dalam bahasa mandarin.

Selain kata kerja dan juga anggota tubuh, ternyata kosakata bentuk profesi dalam bahasa mandarin pun juga merupakan salah satu hal penting mengingat dalam suatu perkenalan, kita sering ditanya mengenai apa profesi orang tua.

Mempelajari kosakata bahasa mandarin bentuk ini tentu bukan hanya untuk menjawab pertanyaan itu saja, namun ada berbagai macam manfaat lainnya. Bukankah kita semua tau bahwa semakin banyak kosakata yang kita tau, maka semakin mahir kita dalam berbahasa? Mari kita simak kosakata bentuk profesi dalam bahasa mandarin berikut ini :

No Kosa Kata Profesi Bahasa Mandarin Kosa Kata Profesi Bahasa Indonesia
1 yín háng jiā Bankir
2 bǎo mǔ Babysitter
3 jiàn zhú shī Arsitek
4 kuài jì shī Akuntan
5 shè yǐng shī Fotografer
6 jiào shī atau lǎo shī Guru
7 fǎ guān Hakim
8 zhǔ fù Ibu Rumah Tangga
9 gōng chéng shī Insinyur
10 xiào zhǎng Kepala Sekolah
11 xǐ jù yǎn yuán atau xiào xīng atau xié xīng Komedian
12 bù zhǎng Menteri
13 dǎo yóu Pemandu Wisata
14 xiāo fáng yuán Pemadam Kebakaran
15 zhǔ chí rén Pembawa Acara
16 yīn yuè jiā Pemusik
17 lǜ shī Pengacara
18 zuò jiā Penulis
19 gē shǒu Penyanyi
20 zhàn shì Tentara

Contoh Kosakata bentuk Kata Bantu dalam bahasa mandarin

Kosakata dalam bentuk kata bantu pun merupakan hal yang penting dalam bahasa mandarin. Kenapa tidak? Kata bantu itu seolah menjembatani akan suatu hal yang ingin kita maksud. Sehingga, apabila kata bantu ini bisa kita kuasai dengan baik, maka bisa dikatakan kita sudah cukup pandai berbahasa mandarin karena sudah pasti apa yang kita ucapkan itu benar dan dapat dimengerti oleh orang lain.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, mari kita lihat kosakata dalam bentuk kata bantu berikut ini :

No Kosa Kata Kata Bantu Bahasa Mandarin Kosa Kata Kata Bantu Bahasa Indonesia
1 Cái Menyatakan orang sedang berbicara merasa sudah terlambat
2 Jiù Menyatakan orang sedang berbicara merasa waktu masih dini
3 Le Partikel yang menyatakan sudah selesai/lewat
4 Kata bilangan untuk angka
5 De Kepunyaan, kata Bantu struktur
6 Shū Menyatakan jumlah suatu barang
7 Hào Menyatakan tanggal dalam bacaan
8 Ge Menyatakan jumlah orang
9 Kŏu Kata bilangan untuk orang
10 Jiàn Helai (untuk pakaian)
11 Xià berikutnya, bawah
12 Zuŏyòu Kurang lebih
13 Chăng Menyatakan kegiatan, babak
14 Zhè Sedang terjadi
15 Perbandingan

Contoh Kosakata bentuk Kata Panggilan dalam bahasa mandarin

Kata panggilan bisa dikatakan sebagai kosakata yang paling sering digunakan dalam bahasa mandarin. Tentu saja, setiap kita berinteraksi dengan seseorang, kata panggilan ini pasti akan terucap entah bagaimanapun caranya. Oleh karena itu, sepertinya contoh kosakata bahasa mandarin mengenai kata panggilan ini memang harus dijabarkan. Baiklah, mari kita simak bersama :

No Kosa Kata Kata Panggilan Bahasa Mandarin Kosa Kata Kata Panggilan Bahasa Indonesia
1 Mèimei Adik perempuan
2 Dìdi Adik laki-laki
3 Wài gōng, Wài zŭfù Kakek (dari Ibu)
4 Wàipó, WàiZŭmù Nenek (dari Ibu)
5 Saya
6 Zhàngfu Suami
7 Dia
8 Jiĕjie Kakak perempuan
9 Háizimen Anak – anak
10 Gēge Kakak laki – laki
11 Kamu
12 Tāmen Mereka
13 Jiùjiu Paman (Adik Ibu)
14 Nǐn Anda
15 Tàitai Istri

 

Nah, kira-kira itulah beberapa contoh kosakata bahasa mandarin yan sekiranya harus kalian pelajari secara seksama. Memang, masih ada banyak sekali kosakata – kosakata bahasa mandarin, namun, setidaknya pelajarilah yang sudah kami jabarkan disini.

Belajar tidak perlu terburu – buru. Pelan asal paham itu jauh lebih baik ketimbang terburu – buru namun belum tentu tahu. Jadi selanjutnya, semua pilihan kami serahkan kepada kalian. Apakah masih mau mencoba untuk mempelajari kosakata-kosakata bahasa mandarin ini atau berhenti?

Namun yang harus diingat… Tidak ada sesuatu yang mudah untuk mencapainya, pun juga tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Terimakasih.