english belajar squlineSpeaking atau berbicara adalah bagian penting dalam proses belajar bahasa inggris dasar. Meskipun penting pengajaran yang dilakukan bertahun-tahun tidak ada gunanya ketika metode yang diberikan untuk mengajar salah. Kebanyakan guru di Indonesia ketika mengajar speaking hanya menggunakan hafalan dialog tanpa membuat sebuah diskusi bahasa inggris. Sistem belajar seperti ini yang membuat speaking bahasa inggris kita kurang efektif.

Sistem belajar percakapan bahasa inggris saat ini harus mengutamakan kemampuan komunikasi siswa, karena dengan cara seperti itu siswa akan bisa mengekspresikan diri mereka untuk belajar mengikuti aturan-aturan bahasa inggris saat berkomunikasi. Ada beberapa teknik untuk mengajar speaking bahasa inggris yang efektif.

  1.       Diskusi

Diskusi dapat diterapkan saat siswa selesai mengerjakan soal. Ajak mereka untuk membahas soal bahasa inggris yang sudah mereka kerjakan agar mereka terbiasa untuk mencari sebuah solusi dan kesimpulan.

  1.       Role Play (Bermain Peran)

Cara lain untuk meningkatkan skill berbicara adalah dengan bermain Role Play. Dengan permainan ini para siswa akan berpura-pura menjadi masyarakat yang menghadapi konteks sosial. Guru akan memberikan sebuah informasi kepada siswa tentang peran yang dimainkan dan para siswa akan dihadapkan pada suatu permasalahan. Jadi siswa akan membuat sebuah percakapan dalam kasus yang akan dialami.

  1.       Story Telling

Kegiatan ini akan membuat siswa untuk menceritakan sebuah kisah yang sudah mereka dengar sebelumnya. Bisa juga membuat sebuah cerita sendiri untuk diceritakan kepada teman-teman sekelas nantinya. Story Telling membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi.

  1.       Story Completion

Seluruh siswa diwajibkan untuk membentuk sebuah lingkaran, guru akan menceritakan sebuah dongeng dengan kalimat yang terpotong. Tugas dari siswa adalah melengkapi kalimat tadi dengan ide-ide mereka, bisa menambahkan sebuah karakter, peran, dan deskripsi. Teknik ini sangat menyenangkan.

Teknik di atas dapat diterapkan dalam mengajar bahasa inggris dasar dan sangat menyenangkan. Untuk melatih speaking bahasa inggris memang harus dilakukan se-dini mungkin. Mulai dari latihan sederhana seperti ini akan membentuk sebuah karakter untuk berkomunikasi bahasa inggris yang baik.