Satu ditambah satu, sama dengan dua.

Dua ditambah dua, sama dengan empat.

Ada yang pernah mendengar lirik lagu tersebut tidak? Kalau ada, selamat, berarti kamu pandai berhitung. Hehehe. Memang, pada dasarnya, ilmu berhitung itu cukuplah penting untuk di terapkan dalam keseharian kita. Hampir segala hal memerlukan hitungan untuk penyelesaiannya. Lantas, bagaimana cara berhitung yang benar?

Eh, tidak, disini kami tidak akan membahas tentang cara berhitung yang benar. Hanya saja, kami disini akan memberikan tentang pengetahuan berhitung dalam bahasa Mandarin.

Loh, kenapa berhitung dalam bahasa Mandarin?

Iya, kemarin kan kita sudah banyak membahas tentang bagaimana belajar bahasa Mandarin dari internet, aplikasi gratis, dan juga bahasa mandarin untuk anak. Nah, selanjutnya, agar pengetahuan kita akan bahasa mandarin semakin luas dan hebat, mari bersama-sama kita belajar berhitung dalam bahasa Mandarin.

Jika kita sudah paham tentang pengucapan dan penulisan bahasa Mandarin, tentu saja ilmu ini tidak terlalu sulit untuk kita. Semua memang membutuhkan proses dalam pembelajarannya sih, dan yang paling utama, dasar dari belajar bahasa Mandarin adalah yang utama.

Sebelum langsung membahas masalah berhitung, terlebih dahulu ada baiknya kita memahami dulu mengenai angka dong. Jadi, beberapa diantara kalian disini, apa sudah ada yang tau bahwa dalam kebudayaan China, ada suatu kepercayaan mengenai angka itu sendiri loh.

Belajar Berhitung dalam Bahasa Mandarin

Yap, bener. Pada sebuah angka, di dalam kebudayaan China itu ada yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan pun juga dapat memberikan kesialan. Kita ambil contoh angka 8 atau dalam bahasa mandarin disebut bā. Ya, angka tersebut dipercaya sebagai nomor yang dapat memberikan keberuntungan hanya karena bunyinya mirip dengan kata fā yang berarti keberuntungan.

Karena kepercayaan itulah, beberapa diantara kita mungkin ingat dan mulai memahami suatu alasan kenapa olimpiade Beijing pada tahun 2008 lalu itu dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus. Karena mereka berharap itu keberuntungan untuk bangsa China. Tak hanya itu, banyak orang China menginginkan plat nomor kendaraan ataupun nomor telepon mereka memilik angka 8 pada digitnya.

Wah, benar-benar unik ya.

Setelah bicara masalah angka keberuntungan, maka kita akan membahas yang kebalikannya yaitu angka 4 yang sering dianggap sebagai angka sial. Alasan kenapa angka 4 dianggap sebagai angka sial adalah karena bunyinya sama dengan kata sǐ yang berarti mati. Bahkan kepercayaan bahwa angka 4 ini merupakan angka sial pun diwujudkan dalam berbagai macam cara, seperti misalnya gedung-gedung pencakar langit di China tidak ada yang memiliki lantai 4.

Wah, segitunya ya?

Nah, cukup disitu saja membahas masalah angkanya. Sekarang, mari kita mulai meraba akan bagaimana sih hitungan dalam bahasa Mandarin, mari tanpa perlu berlama-lama lagi kita bahas tentang bagaimana belajar berhitung dalam bahasa mandarin yang baik dan benar. Silahkan disimak bersama-sama ya.

Belajar Berhitung dalam Bahasa Mandarin angka 0 sampai 100

Nah, belajar berhitung dalam bahasa mandarin itu agaknya memang harus dimulai dari dasar terkecil hingga terbesar. Maka, pada kali ini, mari kita belajar untuk menghitung angka 1 hingga 100 dalam bahasa Mandarin.

Sebenarnya mempelajari angka bahasa Mandarin itu apabila kita sudah menguasai angka dasar seperti misal 1 – 10, tentu kita akan mudah dalam mempelajari hitungan dalam bahasa mandarin dengan cepat. Oleh karena itu, berikut adalah list untuk hitungan angka 1 – 100 dalam bahasa Mandarin.

Angka Pin Yin Karakter dalam Bahasa Mandarin
0 líng /
1
2 èr
2 Liǎng
3 sān
4
5
6 liù
7
8
9 jiǔ
10 shí
11 Shí yī 十一
12 Shí èr 十二
13 Shí sān 十三
14 Shí sì 十四
15 Shí wǔ 十五
16 Shí liù 十六
17 Shí qī 十七
18 Shí bā 十八
19 Shí jiǔ 十九
20 Èr shí 二十
21 Èr shí yī 二十一
30 Sān shí 三十
40 Sì shí 四十
50 Wǔ shí 五十
60 Liù shí 六十
70 Qī shí 七十
80 Bā shí 八十
90 Jiǔ shí 九十
100 bǎi

Catatan :

Pada contoh di atas, terdapat ada dua angka 2-nya. Apabila ada yang bertanya-tanya kenapa, jawabannya adalah karena memang dalam bahasa mandarin, angka 2 itu ada dua macam. Meskipun sama, namun penggunaannya yang berbeda. èr itu gunanya untuk nomor telepon, tanggal, dan lain sebagainya. Nah, sementara liǎng itu berfungsi untuk menunjukkan jumlah kuantitas suatu hal, misalnya 2 menit, dua dollar, dua yoan, dua orang dan lain sebagainya.

Sudah jelas bukan?

Nah, di atas itu adalah contoh hitungan dasar dari angka 0 hingga 100. Setelah melihat angka, pin yin dan juga karakter dalam bahasa mandarinnya, tentu kita bisa memahami bahwa… Wah, ternyata cukup mudah sekali ya menghafal angka tersebut?

Apabila kita sudah hafal dengan angka 0 hingga 10, maka sudah bisa dipastikan bahwa kita mengerti tentang angka-angka puluhan yang lainnya. Agar memperjelas pemahaman tentang berhitung dalam bahasa mandarin, mari kita jabarkan sedikit.

Konsep Berhitung Angka Belasan dalam Bahasa Mandarin :

Konsep : 10 (shí ) + satuan

Contohnya :

  • 11 = 十一 = shíyī, Penerapan konsepnya adalah 10 (shí ) + 1 (yī)
  • 12 = 十二 = shíèr, Penerapan konsepnya adalah 10 (shí ) + 2 (èr)
  • 13 = 十三 = shísān, Penerapan konsepnya adalah 10 (shí ) + 3 ( sān)

Konsep Berhitung Angka Puluhan dalam Bahasa Mandarin :

Konsep : Satuan + 10 (shí ) + satuan

Contohnya :

  • 20 = 二十 = èrshí, Penerapan konsepnya adalah 2 (èr) + 10 (shí )
  • 30 = 三十= sānshí, Penerapan konsepnya adalah 3 (sān) + 10 (shí )
  • 40 = 四十= sìshí, Penerapan konsepnya adalah 4 (sì) + 10 (shí )
  • 50 = 五十 = wǔshí, Penerapan konsepnya adalah 5 (wǔ) + 10 (shí )
  • 60 = 六十= liùshí, Penerapan konsepnya adalah 6 (liù) + 10 (shí )
  • 70 = 七十= qīshí, Penerapan konsepnya adalah 7 (qī) + 10 (shí )
  • 80 = 八十= bāshí, Penerapan konsepnya adalah 8 (bā) + 10 (shí )
  • 90 = 九十= jiǔshí, Penerapan konsepnya adalah 9 (jiǔ) + 10 (shí )

Konsep Berhitung Angka Ratusan dalam Bahasa Mandarin

Konsep : 100 (bǎi ) ratusan + puluhan + satuan

Contohnya :

  • 705 = 七百零五 = qī bǎi líng wǔ, Penerapan konsepnya adalah 700 (七百qī bǎi) + 0( líng) + 5 (wǔ)
  • 604 = 六百零四 = liù bǎi líng sì, Penerapan konsepnya adalah 600 (六百liù bǎi)+ 0 (líng)+ 4 (sì)
  • 930 = 九百三(十= jiǔ bǎi sān (shí), Penerapan konsepnya adalah 900 (九百jiǔ bǎi) + 30 (三十sān shí)
  • 880 = 八百八(十)= bā bǎi bā (shí), Penerapan konsepnya adalah 800 (八百bā bǎi) + 80 (八十bā shí)*
  • 152 = 一百五十二 = yī bǎi wǔ shí èr, Penerapan konsepnya adalah 100 (一百yī bǎi) + 50 (五十wǔ shí) + 2 (èr)
  • 278 = 两百七十八 = liǎng bǎi qī shí bā, Penerapan konsepnya adalah 200 (两百liǎng bǎi)* + 70(七十qī shí) + 8(bā)

Konsep Berhitung Angka Ribuan dalam Bahasa Mandarin

Konsep : 1000 (qiān) ribuan + ratusan + puluhan + satuan

Contohnya :

  • 1200 = 两百 = yī qiān liǎng bǎi atau 千二 = yī qiān èr, Penerapan konsepnya adalah 1000 ( yī qiān) + 200 (两百liǎng bǎi).
  • 5670 = 五千六百七(十= wǔ qiān liù bǎi qī (shí), Penerapan konsepnya adalah 5000 (五千 wǔ qiān) + 600 (六百liù bǎi) + 70 (七十qī shí).
  • 8792 = 八千七百九十二 = bā qiān qī bǎi jiǔ shí èr, Penerapan konsepnya adalah 8000 (八千 bā qiān) + 700 (七百qī bǎi) + 90 (九十 jiǔ shí) + 2 (èr).
  • 9807 = 九千八百零七 = jiǔ qiān bā bǎi líng qī, Penerapan konsepnya adalah 9000 (九千jiǔ qiān) + 800 (八百bā bǎi) + 0 (líng) + 7 (qī).

Nah, setelah mempelajari konsep-konsep di atas, kita pasti bisa memahami bahwa memang belajar berhitung dalam bahasa Mandarin itu tingkatannya bertahap. Apabila belajar dari belasan, semua terasa mudah. Naik ke puluhan, sudah mulai membingungkan. Naik ke ratusan, tambah membingungkan. Masuk ke ribuan, duh, susah.

Tapi, itu kan proses untuk mempelajari hitungan dalam bahasa mandarin. Semua bisa apabila kita mau berusaha dan berusaha. Jadi, untuk bisa belajar berhitung dalam bahasa mandarin, siap untuk bingung-bingung dahulu bukan?

Mari belajar!

Semangat, teman!