Kita semua tau, di era yang semakin maju seperti sekarang ini, pasti ada banyak orang yang berkeinginan untuk menguasai suatu bahasa. Benar saja, apabila kita bisa menguasai beberapa bahasa, tentu bisa dikatakan kita sudah menggenggam masa depan yang kita punya.

Manfaat dari menguasai bahasa-bahasa tersebut pun juga mencakup banyak hal, diantaranya adalah :

  1. Membuka dunia baru milik kita sendiri
  2. Dapat memberikan manfaat untuk emosi dan juga kehidupan sosial yang lebih baik
  3. Dapat mempermudah untuk mendapat pekerjaan.
  4. Dapat dengan baik dalam beralih tugas
  5. Mempunyai penyelesaian masalah dan juga pengambilan keputusan yang jauh lebih baik
  6. Lebih mudah dalam mempelajari bahasa-bahasa baru lainnya

Tentu dari beberapa manfaat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa memang banyak manfaat dari menguasai berbagai macam bahasa. Enam penjabaran di atas tentu bukanlah semua. Masih ada banyak manfaat lainnya lagi dong tentunya.

Nah, bicara masalah bahasa yang dipelajari tersebut, tentu ada beberapa bahasa yang menjadi andalan untuk dipelajari. Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, dan juga Bahasa Mandarin tentu menjadi kandidat-kandidat bahasa yang paling diminati untuk dipelajari.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjabaran tentang dasar mempelajari bahasa mandarin yang mudah dan juga efektif. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi acuan untuk kalian semua yang menginginkan penguasan bahasa mandarin yang lebih baik.

Dasar Bahasa Mandarin

Apabila kita melihat ataupun mendengar orang yang berbicara dengan menggunakan bahasa mandarin, tentu kita menganggap bahwa hal itu sangatlah sulit untuk dipelajari. Namun, semua jelas akan terasa sulit apabila kita hanya melihatnya saja bukan? Oleh karena itu, daripada hanya melihat, lebih baik kita mencoba untuk mempelajari dasar bahasa mandarin. Bagaimana itu? Mari kita lihat dibawah ini :

Dasar Bahasa Mandarin

1. Pin Yin Sebagai Dasar Mempelajari Bahasa Mandarin

Apabila dalam pembelajaran ini target kalian adalah ingin menguasai bahasa mandarin, maka jelas kalian haruslah bisa membaca, menulis dan juga mendengarkan bahasa mandarin.

Tiga elemen tersebut seolah saling berkaitan. Apabila kita ingin bicara dalam bahasa mandarin, maka kita juga harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang yang berbicara dengan bahasa mandarin. Pun juga apabila kita ingin menulis dalam kalimat mandarin, tentu kita juga harus bisa mendengarkan bahasa mandarin. Benar saja, semua itu saling berkaitan.

Jadi, untuk dasar pembelajaran bahasa mandarin, menguasai Pin Yin tentu menjadi salah satu solusi yang utama. Yap, Pin Yin merupakan sebuah sistem penulisan yang sangat – sangat – sangat perlu dikuasai oleh mereka yang ingin mahir dalam berbahasa mandarin.

BACA JUGA : Contoh Percakapan Sederhana dalam Bahasa Mandarin

Pin Yin itu berguna untuk menuntun mereka yang ingin mempelajari bahasa mandarin dalam hal penulisan dan juga pembacaan, tanpa perlu mempelajari karakter-karakter tradisional dalam bahasa mandarin terlebih dahulu.

Nah, apabila diantara kalian disini ingin memulai belajar Pin Yin, tentu itu merupakan langkah awal yang bagus untuk memenuhi dasar mempelajari bahasa mandarin. Banyak kok buku-buku ataupun materi –  materi yang memberikan pembelajaran tentang penggunaan Pin Yin ini.

Sekedar sebagai pengingat, walaupun dalam pembelajarannya ini Pin Yin menggunakan huruf alfabet romawi, namun pengucapannya itu tidak sesuai dengan pengucapan yang benar-benar tepat dalam bahasa mandarin. Maka dari itu, selain mempelajari Pin Yin, dasar mempelajari bahasa mandarin tentu kita harus memahami aturan pengucapannya.

2. Memahami Pelafalan Sebagai Dasar Mempelajari Bahasa Mandarin.

Nah, ini merupakan tahapan kedua dari dasar mempelajari bahasa mandarin setelah kita menguasai Pin Yin. Kita semua pasti tahu, dalam bahasa mandarin, ada beberapa nada yang dapat menyebabkan satu kata bisa memiliki makna yang berbeda-beda.

Maka sudah jelas, pengucapan atau pelafalan nada dalam bahasa mandarin ini merupakan hal penting yang harus dipahami. Benar. Apabila kita mengetahui fakta ini, tentu kita akan merasa bahwa hal ini akan sangat sulit untuk dipelajari.

Namun sekali lagi, apabila niat kita memang ingin menguasai bahasa mandarin, maka kita harus bisa memahami pelafalan nada – nada dalam bahasa mandarin tersebut. Sekiranya ada empat nada utama yang terkandung dalam bahasa mandarin. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Nada Keempat : Nada Keempat dalam bahasa mandarin ini merupakan nada yang memiliki intonasi turun. Nah, dalam pelafalannya, nada keempat ini bisa dimulai dengan nada sedang, kemudian turun pada nada tersebut. Apabila ingin mendapatkan pemahaman yang lebih jelas, kita bisa membayangkan bagaimana orang-orang ketika memberi perintah seperti : Berhenti! Stop! Lepas!. Nah, nada keempat itu intonasinya sama seperti kata perintah itu. Sudah paham?
  2. Nada Ketiga : Nada ketiga merupakan nada yang memiliki intonasi menukik. Dimulai dengan pelafalan menggunakan nada sedang, kemudian nada tersebut kembali dilafalkan secara perlahan ke arah yang lebih tinggi. Nada ini pun bisa terdengar seperti nada-nada ketika orang sedang bertanya-tanya.
  3. Nada Kedua : Nada kedua dalam bahasa mandarin ini memiliki intonasi yang naik ke atas. Dalam pelafalan, nada kedua ini mula-mula diucapkan secara rendah, kemudian lama-kelamaan diucapkan menjadi nada yang tinggi. Sebagai contoh, kita mungkin pernah mendengar orang bicara : HUH?, AH? EH? Dan lain sebagainya. Nah, nada kedua ini bisa digambarkan demikian. Mulai paham bukan?
  4. Nada Pertama : Nada Pertama itu merupakan nada yang terdengar datar dan tinggi. Nah, nada pertama ini biasa diucapkan dengan intonasi yang relatif tinggi, namun tidak ada penaikan ataupun penurunan pada nada yang diucapkan. Yap, benar. Nada pertama ini merupakan nada yang paling sederhana karena pelafalannya datar-datar saja.

Nah, itu adalah keempat nada yang harus bisa kalian pahami agar dapat memenuhi keinginan kalian dalam menguasai bahasa mandarin. Apabila nada-nada tersebut bisa segera kalian pahami dan dilafalkan dengan baik, penguasaan bahasa mandarin sudah di tangan kalian.

3. Latih Menulis Sebagai Dasar Mempelajari Bahasa Mandarin

Tujuan dari menguasai bahasa mandarin kan tadi sudah dibagi atas tiga bagian yaitu menulis, mengucapkan dan juga mendengarkan. Nah, mengucapkan tadi sudah dipelajari pada point kedua melalui keempat nada tersebut.

Selanjutnya, elemen kedua adalah kita harus bisa melatih kepenulisan dalam bahasa mandarin. Kebanyakan orang yang belajar bahasa, terkadang mereka hanya setengah-setengah dalam mempelajari. Ada yang bisa mendengarkan, tapi tidak bisa menuliskan. Ada yang bisa mengucapkan, tapi tidak bisa menuliskan. Nah, disini, jangan pelajari bahasa mandarin secara setengah-setengah. Karena ini dasar, mari kita pelajari secara maksimal.

Agar dapat melatih kemampuan menulis dalam bahasa mandarin, ada baiknya kita mencoba untuk menulis kalimat-kalimat pendek dalam bahasa mandarin dan juga menulis karakter Hanzi. Nah, untuk menulis karakter Hanzi itu, kita membutuhkan kemampuan yang cukup kompleks serta kesabaran yang ekstra.

Setelah menguasai Pin Yin dan juga karakter Hanzi, baru kita coba menulis kalimat-kalimat pendek dalam bahasa mandarin pada buku harian. Membiasakan diri adalah salah satu cara utama. Apabila kita biasa menuliskan buku harian dengan menggunakan bahasa Indonesia, maka kita juga harus bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa mandarin.

Karena kita berada di zaman yang sudah maju, tentu ada alternatif lain untuk melatih menulis dalam bahasa mandarin. Alternatifnya adalah dengan kita mencari teman yang bisa berbahasa mandarin atau mungkin teman dari China untuk membantu kita dalam membimbing pembelajaran. Ada banyak media sosial yang menghubungkan kita dengan orang-orang yang jauh disana.

BACA JUGA : Cara Mudah Belajar Bahasa Mandarin

Ya, sebenarnya pembelajaran di era yang sangat maju seperti sekarang ini kita sudah sangat dibantu dan dimudahkan. Jadi, kita hanya perlu memanfaatkannya dengan baik dan seefektif mungkin.

4. Membiasakan Diri untuk Mendengarkan Sebagai Dasar Mempalajari Bahasa Mandarin

Belajar Pin Yin sudah. Belajar mengucapkan kalimat berbahasa mandarin juga sudah. Belajar menulis bahasa mandarin, sudah juga. Jadi, elemen terakhir yang harus kita pelajari adalah dengan mendengarkan bahasa mandarin.

Yap, mungkin ini menjadi hal yang cukup sulit mengingat mendengar itu adalah gabungan dari apa yang kita pelajari dari menulis dan mengucapkan bahasa mandarin. Oleh karena itu, sebaiknya mendengarkan bahasa mandarin itu harus dibiasakan sedini mungkin.

Membiasakan diri mendengarkan kalimat berbahasa mandarin itu bisa dilakukan dengan langsung mendengar penutur asli berbicara. Kita cari di youtube atau mencari kenalan langsung dari China mungkin itu bisa dilakukan.

Adapun Alternatif lain , kita bisa mendengarkan orang berbicara dengan bahasa mandarin melalui kaset atau CD yang khusus berbahasa mandarin. Tentu saja itu berguna untuk kita yang ingin menguasai bahasa mandarin.

Akan sangat praktis apabila kita membiasakan diri mendengarkan kalimat berbahasa mandarin melalui kaset atau CD karena itu bisa dilakukan dengan praktis. Apabila kita berpergian, kita tinggal memutar CD berbahasa mandarin itu di handphone atau di pemutar musik yang ada di mobil. Intinya, semua bisa menjadi sangat praktis deh.

Oh iya, podcast berbahasa mandarin juga sekarang cukup banyak kok. Mungkin itu juga bisa menjadi alternatif untuk kita membiasakan diri dalam mendengar kalimat-kalimat berbahasa mandarin.

Selain alternatif-alternatif di atas, untuk orang yang suka dengan film atau lagu berbahasa mandarin, jelas saja mereka bisa mempelajarinya melalui media tersebut. Melalui film, kita bisa memahami bagaimana penutur asli berbicara dengan menggunakan bahasa mandarin. Kalau perlu, kita lengkapi subtitle berbahasa mandarin juga untuk mencocokkan, kira-kira bagaimana penulisan dan pelafalan yang benar dalam bahasa mandarin.

Untuk lagu, hal itu juga sama. Meskipun lagu itu bernada yang mungkin akan membingungkan dalam membedakan nada pertama, kedua, ketiga atau keempat, namun bukan berarti itu tidak bisa dipelari. Lengkapi lirik untuk mengiringi lagu tersebut agar kita semakin paham.

Nah, kira-kira empat hal itulah yang menjadi dasar dalam mempelajari bahasa mandarin. Memang, sangat sulit apabila kita hanya membaca petunjuk atau pembahasan ini. Namun, apabila kita mulai mencoba untuk mempelajari dan mempraktekkannya, pasti mudah kok. Bukannya kita tidak tau benar, salah, susah atau mudah apabila kita tidak mencobanya.

Kunci utama untuk mempelajari dasar berbahasa mandarin ini adalah jangan takut salah. Yap, pada dasarnya, kita semua tau, kesalahan merupakan beban dan juga penghalang utama untuk kita dalam mencapai sesuatu, tak terkecuali bahasa mandarin ini.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula ?

Oleh karena itu, kita haruslah melawan rasa takut akan kesalahan-kesalahan yang ada dibenak agar kita dapat meraih tujuan utama kita yaitu menguasai bahasa mandarin. Kita pun perlu mengingat bahwa setiap orang pasti pernah salah, dan salah itu dapat mengantarkan kita pada suatu keberhasilan.

Tidak salah apabila kita salah, namun yang salah adalah apabila kita salah, kemudian kita berhenti untuk berjuang. Ingat tujuan awal kita yaitu belajar bahasa mandarin. Maka teruskanlah. Tetap berjuang. Apabila kita salah, belajarlah dari kesalahan itu dan maju untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Jadi, tidak ada yang tidak mungkin untuk menguasai bahasa mandarin dengan mengikuti petunjuk akan dasar mempelajari bahasa mandarin yang sudah dijabarkan di atas. Teruntuk kalian semua, belajarlah.

Terimakasih.