Dalam setiap pembelajaran, kita membutuhkan sebuah contoh atau gambaran yang kelak akan membantu kita dalam memahami suatu persoalan. Kebutuhan kita akan suatu contoh dan gambaran pun notabenenya telah tertanam sejak dini.

Source: Giphy.com

Ketika kita masih bayi, orang tua senantiasa memberikan kita contoh mengenai beberapa hal, entah itu contoh untuk berbicara, bertingkah, melucu, atau hal lain sebagainya. Namun yang jelas, contoh-contoh itu seolah dapat membantu kita untuk berkembang hingga sekarang.

Ketika kita SD, orang tua memberikan kita contoh untuk bersikap baik atas segala hal yang akan kita lakukan atau kita temukan, entah itu contoh untuk berkata jujur, amanah, menghargai sesama dan lain sebagainya. Namun yang jelas, contoh-contoh itu nantinya akan dapat menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Benar, contoh-contoh itu terus berlanjut hingga kita SMP, SMA, Kuliah, bahkan kelak menjadi orang tua. Obyek yang menjadi contoh pun bisa berbagai macam. Tidak hanya orang tua, contoh-contoh itu bisa berupa tontonan di televisi, buku, youtube, kehidupan sehari-hari dan tentu masih banyak lagi.

Namun, inti yang dapat kita ambil disini adalah : contoh atau gambaran akan sesuatu menjadi modal penting untuk kita berkembang dan belajar. Oleh karena itu, pelajarilah contoh-contoh sederhana yang ada di dunia ini dengan sebaik-baiknya.

Contoh pun tak melulu masalah kehidupan. Dalam pembelajaran bahasa mandarin yang selama ini telah kita bahasa, contoh pun bisa menjadi bahan pembelajaran yang sangat efektif untuk dilakukan. Melalui contoh menulis bahasa mandarin, kita tentu akan mudah menyesuaikan diri untuk menulis kalimat bahasa mandarin secara benar. Melalui contoh pengucapan bahasa mandarin, kita tentu akan dengan mudah dituntun untuk melafalkan bahasa mandarin sesuai dengan nada-nada yang ada. Jelas saja, contoh-contoh itu akan senantiasa menuntun kita untuk menguasai bahasa mandarin.

Source: Giphy.com

BACA JUGA : Belajar Berhitung dalam Bahasa Mandarin

Contoh-contoh bahasa mandarin yang dapat kalian pelajari dalam pembahasan ini pun akan kami susun sedemikian rupa menjadi kumpulan-kumpulan yang nantinya akan membantu kalian dalam mengaplikasikannya. Apakah itu? Mari kita lihat kumpulan kata bahasa mandarin dan artinya yang harus kalian tau untuk meningkatkan pemahaman bahasa mandarin kalian.

Kumpulan Kata Bahasa Mandarin dan Artinya

Source: Giphy.com

Oh iya, kumpulan kata bahasa mandarin dan artinya disini itu bisa mencakup dari beberapa macam kata. Bisa kata-kata biasa, kata mutiara dan juga kata bijak. Untuk itu, kita akan membagi contoh itu menjadi tiga bagian. Cus kita lihat :

1. Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Mandarin dan Artinya

Pada hakikatnya, bahasa kata mutiara merupakan sebuah karya sastra yang mana memiliki fungsi untuk memberikan motivasi-motivasi kepada seseorang, entah itu diri sendiri ataupun orang lain. Kata mutiara ini dirangkai sedimikian rupa agar dapat menggetarkan hati seseorang itu untuk bersemangat dan bangkit dari keterpurukan.

Kata mutiara bisa dikatakan dengan sihir sederhana yang dapat membantu kita untuk memunculkan semangat dalam merealisasikan niat yang lama berhenti. Selain itu, energi – energi positif dalam diri kita pun akan senantiasa muncul sehingga tidak ada kata menyerah dalam diri orang yang telah mendengar kata-kata mutiara itu.

Keindahan kata-kata yang dirangkai dalam kata mutiara ini pun jga dapat menyejukkan hati siapa saja yang mendengarnya. Bagaimana dengan kata mutiara dalam bahasa mandarin? Tentu saja kata-kata bahasa mandarin tersebu juga dapat menyejukkan hati serta memunculkan semangat bagi pendengarnya, yang juga paham bahasa mandarin. Saja kumpulan kata mutiara bahasa mandarin itu? Mari kita lihat :

  • 渊博的人,懂了问; 学浅薄的人,不懂也不

Xué wèn yuān bó de rén, dǒng le hái yào wèn; xué wèn qiǎn bó de rén, bù dǒng yě bù wèn

Orang-orang yang berpengetahuan tinggi adalah mereka yang mengerti dan masih bertanya, orang-orang yang berpengetahuan rendah  adalah mereka yang tidak mengerti dan tidak mau bertanya

Source: Giphy.com

  • 一天不手脚慢,两天不练丢一半,三天不练门,四天不瞪眼看

Yī tiān bù liàn shǒu jiǎo màn, liǎng tiān bù liàn diū yī bàn, sān tiān bù liàn mén wài hàn, sì tiān bù liàn dèngyǎn kàn

Satu hari tidak melatih akan menjadi lambat, Dua hari tidak melatih setengah ilmunya hilang. Tiga hari tidak melatih menjadi orang awam, Empat hari tidak melatih hanya melihat saja.

  • 如果你花时间说服不你是的人,你抓紧时间爱谁爱你的人。

Rúguǒ nǐ huā shíjiān shuōfú bù ài nǐ ài nǐ shì shuí de rén, nǐ zhuājǐn shíjiān ài shuí ài nǐ de rén.

Jika kamu habiskan waktu yakinkan orang yang tak cintaimu untuk mencintaimu, kamu kehilangan waktu untuk dicintai orang yang mencintaimu.

  • 候,你不懂得欣赏爱你,全心全意的人,直到,直到你失去它。当是没用的,因后悔也不用心碎一次。

Yǒu shíhou, nǐ bù dǒngde xīnshǎng ài nǐ, quánxīnquányì shuí de rén, zhídào, zhídào nǐ shīqù tā. Dāngshí, zhè shì méi yòng de, yīnwèi hòuhuǐ yě bùyòngxīn suì yīcì.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa patah hati lagi.

  • 生活在继续。如果我停止生,身体上和精神上,我都与死者同

Shēnghuó zài jìxù zēngzhǎng. Rúguǒ wǒmen tíngzhǐ shēngzhǎng, shēntǐ shàng hé jīngshén shàng, wǒmen dōu yǔ sǐzhě tóng

Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati

2. Kumpulan Kata Bijak Bahasa Mandarin dan Artinya

Setelah bicara tentang kata mutiara di atas, maka selanjutnya kita akan membahas tentang kata bijak, tentu dalam hal ini masih dalam bahasa mandarin. Sebelumnya, mari kita telisik tentang arti dari kata bijak itu sendiri.

Ya, kata bijak merupakan rangkaian kata-kata yang mana dapat memberikan nasihat dan juga motivasi untuk pendengar ataupun pembacanya. Kata-kata bijak ini dirangkai atas dasar untuk menuntun seseorang dalam mengambil langkah apabila mereka tersesat dalam perjalanannya.

Source: Giphy.com

Artinya begini, dengan adanya rangkaian kata-kata bijak ini, seseorang bisa saja bangkit dari kegagalan, menemukan jalan yang selama ini dia cari, ataupun menemukan solusi tepat atas permasalahan-persalahannya. Intinya, walaupun hanya sekedar kata, namun kata-kata bijak ini dapat memberikan manfaat untuk manusia.

BACA JUGA : Dasar Mempelajari Bahasa Mandarin

Nah, untuk kata-kata bijak dalam bahasa mandarin tentunya tidak beda jauh dengan kata-kata bijak pada umunya. Apabila orang yang paham bahasa mandarin mendengar kata-kata bijak ini, tentu mereka akan tersadar akan suatu hal yang selama ini membingungkannya. Bagaimanakah kumpulan kata bijak dalam bahasa mandarin? Mari kita lihat :

  • 人老心不老, 穷志不穷

Rén lǎo xīn bùlǎo, rén qióng zhì bù qióng

Orang yang berusia tua tetapi hatinya harus tetap muda, Orang yang miskin harta tidak boleh miskin semangat.

  • 药苦口利于病,忠言逆耳利于行

Liáng yào kǔ kǒu lì yú bìng, zhōng yán nì’ěr lì yú xíng

Obat yang Pahit bermanfaat untuk kesehatan, Perkataan yang Setia menyakitkan telinga tetapi bermanfaat untuk kebaikan.

  • 一个人面部/面部,他的富和地位,但心的他的善良和他的意,因为这一切之中,只是善良和真的他的心依然存在。

Nǐ ài yīgè rén miànbù/miànbù, tā de cáifù hé dìwèi, dàn xīn’ài de tā de shànliáng hé tā de chéngyì, yīnwèi zhè yīqiè zhī zhōng, zhǐshì shànliáng hé zhēnchéng de tā de xīnzàng yīrán cúnzài.

Janganlah kamu mencintai seseorang karena paras/wajahnya, hartanya dan jabatannya, tapi cintai karena kebaikan dan ketulusan hatinya karena diantara itu semua, hanya kebaikan dan ketulusan hatinya yang tetap abadi.

  • 不要低估自己。如果你不意你的生活,解决了什么问题,并保持步

Yǒngyuǎn bùyào dīgū zìjǐ. Rúguǒ nǐ bù mǎnyì nǐ de shēnghuó, jiějuéle shénme wèntí, bìng bǎochí bù jìn.

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tidak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah.

  • 当我感到背叛和失望,祈祷有一天你不会背叛和失望,因你也感到被背叛的痛苦和失望。

Dāng wǒmen gǎndào bèipàn hé shīwàng, qídǎo yǒu yītiān nǐ bù huì bèipàn hé shīwàng, yīnwèi nǐ yě gǎndào bèi bèipàn de tòngkǔ hé shīwàng.

Ketika diri kita merasa telah dikhianati dan dikecewakan, berdoalah agar suatu saat kau tidak akan mengkhianati dan mengecewakan, karena kamu juga telah merasakan betapa sakitnya dikhianati dan dikecewakan.

3. Kumpulan Kata Motivasi Diri Bahasa Mandarin dan Artinya

Setiap orang pasti pernah merasakan roda hidup yang berbagai macam rasanya. Bahagia, sedih, senang, susah, gundah, resah, gagal, berhasil dan lain sebagainya. Nah, oleh karena roda yang senantiasa berputar menuju pada sensasi perasaan yang demikian itulah akhirnya muncullah orang-orang dengan rangkaian kata-kata motivasi.

Source: Giphy.com

Jelas saja, kata-kata motivasi disini diperuntukkan untuk mereka yang sedang merasa terpuruk akan kegagalan yang dia dapatkan. Pada dasarnya, tidak ada orang disini yang menginginkan kegagalan yang kelak hanya akan menumbuhkan rasa sedih dan keputus asaan. Jadi, kata-kata motivasi dirangkai untuk menyemangati mereka.

Bagaimana dengan kata motivasi dalam bahasa mandarin? Sama. Tidak ada perbedaan yang berarti dari kata motivasi di setiap negara dan bahasa. Intinya tetap sama : memberikan motivasi untuk mereka yang gagal agar senantiasa bangkit dari keterpurukan.

Nah, untuk yang penasaran akan bagaimana kata motivasi diri dalam bahasa mandarin? Mari kita lihat :

  • 人的一生,没有一味的苦,没有永远的痛;没有迈不过的坎,没有闯不过的关

Rén de yī shēng, méi yǒu yī wèi de kǔ, méi yǒu yǒng yuǎn de tòng; méi yǒu mài bù guò de kǎn, méi yǒu chuǎng bù guò de guān

Dalam Kehidupan manusia, tidak hanya ada rasa kepahitan, tidak ada kesakitan yang selama-lamanya; tidak ada lubang yang tidak bisa dilangkahi, tidak ada kesulitan yang tidak bisa dilewati

  • 你若不想做,会找一个或无数个借口;你若想做,会想一个或无数个办法

Nǐ ruò bù xiǎng zuò, huì zhǎo yī gè huò wú shù gè jiè kǒu; nǐ ruò xiǎng zuò, huì xiǎng yī gè huò wú shù gè bàn fǎ

Jika kamu tidak ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau bebarapa alasan; Jika kamu ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau beberapa caranya

  • 一旦你做的事,不要怕失,不要离开它。工作的人是他最快

Yīdàn nǐ zuò de shì, bùyào pà shībài, bùyào líkāi tā. Shuí yǐ chéng gōngzuò de rén shì tāmen zuì kuàilè.

Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia.

  • 那里汲取知是重要的,什么是不重要的,所以你会知道怎么做,你的生活

Nàlǐ jīqǔ zhīshì shì zhòngyào de, shénme shì bù chóng yào de, suǒyǐ nǐ huì zhīdào gāi zěnme zuò, ràng nǐ de shēnghuó biàn de zhuānzhù

Pelajarilah mana ilmu yang penting dan  mana yang tidak penting, Sehingga kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan, sehingga hidup kamu menjadi terarah

  • 侮辱,侮辱和他人的侮辱是一个粗略的宝,因找到了你,告你,然后他表示感

Wǔrǔ, wǔrǔ hé tārén de wǔrǔ shì yīgè cūlüè de bǎoguì yìjiàn, yīnwèi tāmen yǐjīng zhǎodàole nǐ, gàosu nǐ, ránhòu tāmen biǎoshì gǎnxiè.

cacian, hinaan, dan makian dari orang lain merupakan sebuah nasehat kasar yang berharga, karena mereka telah menemukannya darimu dan mengatakannya, maka berterima kasihlah kepada mereka.

4. Kumpulan Kata Biasa Bahasa Mandarin dan Artinya

Selain kata mutiara, kata bijak, dan juga kata mutiara, ada baiknya kita pun memahami akan kata-kata biasa dalam bahasa mandarin. Hal itu penting mengingat kita tidak mungkin bicara dengan seseorang terus-terusan menggunakan kata mutiara. Ada baiknya kita pun bicara senormalnya dengan menggunakan kata-kata biasa.

Source: Giphy.com

Apabila kalian disini sudah memahami secara benar-benar akan apa yang sudah kami jabarkan pada tulisan-tulisan sebelumnya, tentu merangkai kata biasa dalam bahasa mandarin tidaklah sulit. Mari kita lihat contoh-contohnya :

  • 我永不会离开你独自一人

Wǒ yǒngyuǎn bù huì líkāi nǐ dúzì yīrén

Saya tidak akan pernah meninggalkanmu sendirian

  • 我的目是要成火影

Wǒ de mùbiāo shì yào chéngwéi huǒyǐng

Cita-cita saya adalah menjadi hokage

  • 你真的我,真的心

Nǐ zhēn de ài wǒ, zhēnchéng de xīnzàng?

Apakah kamu benar-benar mencintaiku setulus hatimu?

  • 是兄弟,无何地

Wǒmen shì xiōngdì, wúlùn hé shí hé de

Kita akan menjadi saudara, kapan pun dan dimanapun

  • 千万不要忘我,然我们现在是遥,距离

Qiān wàn bùyào wàngjì wǒ, suīrán wǒmen xiànzài shì yáoyuǎn, jùlí

Jangan pernah lupakan aku meskipun sekarang kita berjauh-jauhan

Nah, kira-kira itulah beberapa kumpulan contoh kata bahasa mandarin beserta artinya. Sekilas, apabila kita membaca dan memaknainya secara dalam, tentu kita bisa termotivasi untuk mempelajari bahasa mandarin ini sebaik dan secepat mungkin.

BACA JUGA : Contoh Percakapan dalam Bahasa Mandarin

Bukankah menarik belajar bahasa mandarin sembari membaca kalimat-kalimat yang memberikan motivasi untuk terus semangat menjalani hidup? Jadi, masih semangat untuk belajar bahasa mandarin bukan?

Source: Giphy.com

Semangat selalu!