Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, atau bahasa lainnya memang terbukti dapat memberikan segudang manfaat bagi otak kita. Salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan mental. Sebelum kita berbincang lebih jauh, tahukah kamu tentang apa itu kesehatan mental? Menurut World Health Organiszation (WHO), kesehatan mental merupakan keadaan di mana individu merasa sejahtera.

Ciri-ciri mental yang sehat adalah sebagai berikut:

  1. Individu mampu mengetahui potensi dirinya dan memaksimalkan potensi tersebut
  2. Individu mampu untuk mengatasi situasi menekan yang dihadapi
  3. Individu mampu untuk bekerja secara produktif dan bermanfaat di tempat kerja, keluarga, komunitas, dan lingkungan pertemanan.

Salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum adalah depresi. Depresi merupakan kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Tahukah kamu bahwa belajar bahasa asing dapat membantumu mengatasi depresi? Belajar bahasa asing memang bukan suatu kegiatan yang menuntut kinerja fisik tapi cukup untuk menarikmu secara perlahan dari belenggu depresi. Berikut bahasannya.

Baca Juga: Disleksia Bukan Halangan untuk Belajar Bahasa Asing

Distraksi dari Depresi

Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Sumber: distractionpodcast.com

Terkadang depresi sangat terasa ketika sedang tidak melakukan apapun sehingga kita merasa kosong. Belajar bahasa asing dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi kekosongan yang dirasakan. Bila kamu sudah memenuhi waktu belajarmu, bisa dilanjutkan dengan menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa yang sedang dipelajari.

Menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa yang sedang dipelajari memerlukan energi agar kamu tetap fokus pada kata yang diucapkan. Dengan demikian, perhatianmu akan teralihkan ke bahasa asing tersebut dan bukan ke rasa kosong yang sedang kamu rasakan.

Jendela untuk Lebih Banyak Kesempatan dalam Hidup

Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Sumber: papers.co

Mungkin kamu sempat berpikir kalau depresi telah menutup berbagai kesempatan dalam hidupmu. Depresi memang membuatmu agak sulit untuk melihat gambaran yang lebih besar dalam hidupmu sehingga mungkin kamu berpikir bahwa pilihan hidup yang dimiliki tidak sebanyak orang lain.

Dengan belajar bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau bahasa asing lainnya, kamu bisa melihat hidupmu dari sudut pandang lain yang lebih baik. Kamu bisa lebih memahami orang-orang dari negara lain yang bisa menginspirasimu. Melihat kehidupan dari sudut pandang lain melalui bacaan atau bahkan film bisa membuatmu menjadi lebih positif dan kesempatan dalam kehidupan menjadi   lebih banyak dan mungkin untuk dicapai.

Baca Juga: Cara Mendaftar di Squline

Perkembangan dan Pencapaian Diri

Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Sumber: unsplash.com

Depresi membuatmu merasa sulit untuk melihat betapa kamu telah mencapai sesuatu. Belajar bahasa asing dapat menjadi indikator sejauh mana kamu telah berusaha dan sebesar apa pencapaian yang telah dicapai. Perkembangan yang kamu alami setiap waktu pun menjadi bukti akan pencapaianmu.

Di bulan pertama mungkin kamu hanya bisa mengucapkan 10 kosakata baru tapi di bulan ke-2, kemampuanmu sudah meningkat menjadi lebih dari bulan sebelumnya. Bila kamu sudah belajar bahasa asing, coba ingat-ingat lagi bagaimana ketika kamu baru pertama kali belajar. Mungkin waktu itu kamu tidak tahu apa-apa tentang bahasa tersebut dan saat ini kamu sudah bisa membuat kalimat dalam bahasa tersebut. Kamu sudah menjadi lebih baik.

Akses ke Lebih Banyak Informasi dan Pengetahuan

Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

Sumber: cotlw.org

Bahasa yang digunakan sehari-harimu adalah bahasa Indonesia namun tidak semua informasi dan pengetahuan baru dapat diakses dalam bahasa Indonesia. Bayangkan bila kamu juga cakap berbahasa Inggris, Mandarin, atau bahkan Jepang. Kamu akan dapat mengakses informasi baru dari sudut pandang lain dan dalam bahasa yang lain pula.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membaca artikel untuk membantu mengatasi depresimu dalam bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau bahasa selain Indonesia. Kamu juga bisa berpartisipasi di dalam forum berbahasa asing dan menemukan teman baru di sana.

Sekarang kamu sudah tahu manfaat lain dari belajar bahasa asing. Kamu bisa cakap berbahasa Inggris, Jepang, atau Mandarin jika kamu terus berusaha. Dengan belajar bahasa asing, otak dan mentalmu bisa menjadi lebih sehat sehingga kualitas hidupmu juga akan membaik. Selamat Hari Kesehatan Mental.