Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang diminati untuk dipelajari saat ini, termasuk oleh orang Indonesia. Namun, kebanyakan orang-orang merasa sulit untuk mempelajari bahasa ini, baik cara penulisan maupun pelafalan. Bahasa Mandarin sendiri mempunyai 4 macam nada. Nada-nada tersebut juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipelajari. Karena bila Anda salah dalam pengucapan nada, arti dari yang diucapkan pun dapat berbeda.

images

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mempelajari bahasa Mandarin, berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda lakukan.

1. Membeli kamus bahasa Mandarin

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk mempelajari bahasa asing ialah dengan membeli kamus. Kamus tersebut akan mempermudah dalam proses belajar Anda. Anda akan dapat langsung mencari dan menemukan arti dari kata-kata yang Anda temukan. Untuk Mandarin, disarankan Anda membeli kamus yang terdapat Hànzì (huruf Mandarin), Pīnyīn (cara baca Hànzì), serta arti huruf Mandarin.

2. Berlatih berbicara dan menulis bahasa Mandarin

Dalam belajar bahasa asing, latihan berbicara dan menulis menjadi hal yang penting untuk membantu dan melancarkan dalam mengingat tiap kata. Apalagi dalam bahasa Mandarin yang tidak menggunakan huruf abjad. Sering-sering lah berlatih dalam menulis hanzi yang benar, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah penulisan hanzi tersebut.

3. Belajar dari mendengarkan musik dan menonton film-film Mandarin

Mendengarkan musik dan menonton film-film bahasa Mandarin dapat menjadi salah satu cara yang mengasyikan dalam belajar bahasa Mandarin. Anda dapat mendengarkan bagaimana cara pengucapan kata-kata dalam bahasa Mandarin. Anda pun juga dapat melatih pengucapan kata-kata tersebut dengan mencari lirik lagu dan ikut bernyanyi dan efek visual yang disuguhkan akan membuat Anda dapat lebih mudah mengingat akan makna kata-kata dari kalimat tersebut.

4. Mengikuti “Mandarin Course” di SquLine.com

Hal terpenting dalam belajar bahasa ialah perlu adanya guru pembimbing. Guru pembimbing tersebut membantu dalam pengoreksian pengucapan bahasa Mandarin Anda. Karena meskipun Anda dapat mempelajarinya sendiri, namun Anda membutuhkan seseorang untuk dijadikan sebagai partner dalam melatih dan mengoreksi pengucapan bahasa Mandarin Anda.