Jika kamu sudah belajar tentang pengucapan dan penulisan bahasa Mandarin, nah pada artikel kali ini kamu akan belajar berhitung dalam bahasa Mandarin. Kamu akan belajar mengenal angka dalam bahasa Mandarin.

Dalam kebudayaan China, angka dipercaya dapat membawa keberuntungan atau kesialan. Contohnya angka 8 atau dalam bahasa mandarin disebut bā. Ya, angka tersebut dipercaya sebagai nomor yang dapat memberikan keberuntungan hanya karena bunyinya mirip dengan kata fā yang berarti keberuntungan.

Karena kepercayaan itulah, beberapa diantara kita mungkin ingat dan mulai memahami suatu alasan kenapa olimpiade Beijing pada tahun 2008 lalu itu dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus. Karena mereka berharap itu keberuntungan untuk bangsa China. Tak hanya itu, banyak orang China menginginkan plat nomor kendaraan ataupun nomor telepon mereka memilik angka 8 pada digitnya.

Wah, benar-benar unik ya.

Setelah bicara masalah angka keberuntungan, maka kita akan membahas yang kebalikannya yaitu angka 4 yang sering dianggap sebagai angka sial. Alasan kenapa angka 4 dianggap sebagai angka sial adalah karena bunyinya sama dengan kata sǐ yang berarti mati. Bahkan kepercayaan bahwa angka 4 ini merupakan angka sial pun diwujudkan dalam berbagai macam cara, seperti misalnya gedung-gedung pencakar langit di China tidak ada yang memiliki lantai 4.

Wah, segitunya ya?

Nah, cukup disitu saja membahas masalah angkanya. Sekarang, mari kita mulai belajar berhitung dalam bahasa Mandarin, Apa saja? Klik link dibawah ini.