Loading...

Yuk Belajar Grammar Bahasa Inggris dengan 9 Tips ini !

Yuk Belajar Grammar Bahasa Inggris dengan 9 Tips ini !

Setiap bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi, pasti masing-masing memiliki atau membutuhkan tata bahasa yang berguna untuk menyusun susunan kata agar bisa mempunyai makna tertentu dalam pengucapannya. Semua bahasa memiliki grammar tidak terkecuali bahasa inggris saja, dengan grammar bahasa akan lebih tertata, karena hal itulah belajar grammar bahasa inggris sangat penting.

Belajar Grammar Bahasa Inggris

Di dalam bahasa Inggris, kita pasti mengenal istilah Grammar. Nah, grammar itulah yang dimaksud sebagai tata bahasa. Namun, hampir sebagian orang merasa kesulitan ketika sedang mempelajari dan memahami tentang grammar ini. Padahal, grammar ini menjadi elemen penting juga dalam berbahasa Inggris. Bahkan beberapa dari kamu merasa takut untuk belajar bahasa Inggris karena satu hal ini. Ada yang bilang susah menghafalkanlah, terlalu banyaklah, dan masih banyak lagi alasan-alasan klasik lainnya. Sebenarnya apa sih Grammar itu? Pada dasarnya Grammar adalah tata bahasa. Tata bahasa ini juga dipergunakan di banyak bahasa lainnya. Bahkan dalam Bahasa Indonesia juga mempergunakannya. Hanya saja dalam bentuk dan situasi yang berbeda.

Grammar ini lebih difokuskan pada penggunaan bahasa yang cenderung lebih resmi, meskipun secara tidak langsung dalam penggunaan bahasa tidak resmi atau informal juga memerlukan Grammar ini. Bayangkan jika squliners berbicara dengan orang tanpa mempergunakan tata bahasa yang baik dan benar. Tentu saja akan membuat bingung orang yang kamu ajak bicara bukan. Tidak hanya bingung, malah bisa-bisa salah tafsir.

Sedikit mengacu pada wikipedia, grammar itu mempunyai definisi sebagai kumpulan kaidah-kaidah struktur gramatikal bahasa. Kumpulan kaidah-kaidah ini sangat lazim dikenal sebagai tata bahasa.

Belajar Grammar Bahasa Inggris

Grammar ini memiliki 8 bagian atau biasa disebut part of speech, diantaranya ialah :

  1. Pronoun (Kata ganti)
  2. Noun (Kata benda)
  3. Verb (Kata kerja)
  4. Adjective(Kata sifat)
  5. Adverb (Kata keterangan)
  6. Determiner
  7. Preposition (Kata depan)
  8. Conjunction (Kata hubung)

Mengacu pada bagian gramar atau yang biasa disebut dengan part of speech itu, tentu kita bisa menyadari bahwa memang grammar adalah hal penting yang harus dikuasai dalam bahasa Inggris.

Karena banyak orang yang merasa kesulitan ketika harus menguasai grammar yang notabenenya mempunyai 8 bagian part of speech itu, mereka jadi malas untuk belajar dan berlatih, padahal, ada banyak tips-tips jitu yang bisa mambuat kita mampu menguasai grammar dengan mudah. Berikut adalah 9 tips untuk belajar grammar bahasa Inggris dengan mudah :

1. Mulailah dengan hal paling dasar.

Tips pertama untuk belajar grammar bahasa Inggris ini tentu adalah mempelajari hal-hal yang paling dasar. Hal-hal dasar ini penting dan bisa menjadi tolak ukur untuk mulai menguasai bahasa Inggris secara perlahan. Hal-hal dasar disini adalah seperti menguasai tenses (pernah ditulis di postingan ini : Berikut, Dasar – Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Penting ),verb, adverb, adjective, phrase, clause dan juga hal-hal mendasar lainnya.

Mempelajari hal-hal dasar dalam berbahasa Inggis tentu akan membuat kalian lebih mudah dalam mempelajari materi-materi berikutnya.

Kuncinya adalah kuasai hal-hal mendasar ini dahulu, baru lanjut ke langkah berikutnya. Konsep ini yang harus ditanamkan. Seperti halnya bangunan, hal mendasar ini adalah pondasi kuat untuk langkah-langkah selanjutnya.

Semangaaat.

2. Pahami Structure bahasa Inggris

Tips belajar Grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan memahami structure atau formula dalam tenses-tenses yang ada di bahasa Inggris. Seperti yang sudah pernah dijabarkan pada postingan sebelumnya yaitu ada 16 tenses dalam bahasa Inggris yang memang formulanya harus dikuasai.

BACA JUGA : Berikut, Dasar – Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Penting

Structure merupakan pondasi dasar dalam belajar Grammar. Kesemua tenses dalam bahasa Inggris tersebut perlu dipahami penggunaannya. Jika squliners semua sudah paham, akan lebih mudah dalam mengaplikasikan Grammar dalam bahasa Inggris tersebut. Salah satu contohnya adalah present continous tense yang mana artinya adalah peristiwa yang sedang terjadi. Present Continous ini memiliki rumus:

S + to be + verb + ing form

Contoh: I am drinking a glass of juice.

Hal itu penting mengingat formula-formula itu dapat menuntun kalian dalam menyusun kalimat demi kalimat yang sesuai tata bahasa dan terkesan sempurna. Dengan memahami structure bahasa Inggris tersebut, tentu kalian akan dapat menguasai grammar berbahasa Inggris yang nantinya berdampak pada penguasaan tata bahasa yang sempurna.

3. Ubah Kebiasaan

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan merubah kebiasan-kebiasan lama. Artinya begini, jika memang ingin bisa menguasai bahasa Inggris beserta grammar-grammarnya, maka kalian harus rela untuk merubah kebiasan kalian yang biasanya mendengarkan musik bahasa Indonesia saja, sekarang biasakanlah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris kemudian pelajari tiap lirik-lirik yang tersurat disitu.

Selain itu, tontonan film yang biasanya hanya film-film Indonesia saja, biasakanlah dengan menonton film berbahasa Inggris dan juga bersubtitle bahasa Inggris juga. Hal itu tentu sangat membantu mengasah skill berbahasa Inggris kalian.

Intinya, ubah kebiasaan kalian dengan kebiasaan baru yang ada hubungannya dengan bahasa Inggris. Hal yang menjadi kebiasaan bukankah akan mempermudah kalian dalam segala sesuatu? Tak terkecuali dengan mempelajari grammar bahasa Inggris kan ?

4. Bagaimana? dan Kenapa?

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mencoba menjawab dua pertanyaan seperti :

  • Bagaimana kita menggunakan tenses?
  • Kenapa kita diharuskan untuk menggunakan tenses-tenses tersebut?

Artinya begini, dalam tenses, kita mengenal apa itu present continous tense yang mana formula itu bisa digunakan hanya saat ada suatu kejadian yang sedang berlangsung saat itu. Mengacu pada pemahaman Structure yang sudah dijabarkan di point nomor 2 diatas, kita pun harus tau kapan saatnya bisa menggunakan tenses-tenses tersebut dan Squliners semua harus dapat menjawab kedua pertanyaan di atas, bagaimana kamu menggunakan tenses, dan kenapa harus menggunakan tenses tersebut.

Sebagai contoh, dalam present continuous tense kamu harus mengetahui bahwa tenses ini hanya digunakan dalam menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlangsung. Kita harus juga memperhatikan time signal yang dipergunakan dalam kalimat tersebut untuk mengetahui tenses apa yang paling pas dalam sebuah kalimat. Sebagai contoh squline.com akan memberikan time signal yang dipergunakan dalam tenses present continous tense.

Amy is cooking dinner right now.

Amy sedang memasak untuk makan malam sekarang.

Jadi, hal yang dapat kalian lakukan disini adalah membuat semacam catatan-catatan kecil yang berisikan formula dari tenses dan macam-macam grammar. Buatlah catatan yang menarik dan mudah dibaca sehingga nantinya, ketika membuka catatan tersebut kalian bisa mempelajari grammar dengan baik.

5. Perbanyak Bacaan yang mempunyai susunan grammar bagus.

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan memperbanyak bacaan berbahasa Inggris.

Ya, tentu hal ini sangat penting untuk mengasah penguasaan grammar kalian. Setiap hal selalu butuh contoh untuk pemahamannya. Maka, dengan memperbanyak bacaan berbahasa Inggris, kalian akan melihat bagaimana tata bahasa dalam bahasa Inggris itu dibentuk dengan rapi dan sempurna. Kalian bisa mempelajari dari hal-hal sekecil itu, sehingga nantinya, kalian akan terbiasa dan peka ketika membuat kalimat bahasa Inggris.

BACA JUGA : Kenapa Memilih Squline ?

Bacaan bahasa Inggris tersebut bisa saja berupa novel, majalah ataupun berita.

6. Siap Kamus

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan selalu menyiapkan kamus dimanapun kalian berada.

Hal ini tentu sangat penting untuk kalian yang benar-benar ingin bisa menguasai bahasa Inggris. Sebagaimana fungsi kamus, kalian bisa menggunakannya ketika kalian menemukan kata-kata asing yang kurang bisa kalian pahami artinya.

Kalau kata orang ada peribahasa ‘Sedia payung sebelum hujan’ maka disini, untuk mempelajari bahasa Inggris, kita bisa menggunakan peribahasa ‘Sedia kamus sebelum pusing’

Semangaaat.

7. Sharing dengan teman yang lebih pandai.

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mencari teman yang memiliki skill bahasa Inggris diatas rata-rata, kemudian sharing dengan dia.

Hal ini penting, sharing membuat kalian tau dimana letak kesalahan-kesalahan yang selalu kalian lakukan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris. Dengan sharing pun kalian bisa senantiasa menambah wawasan dan ilmu yang nantinya akan membuat kalian jauh lebih cepat berkembang.

Bukankah kita hidup tidak bisa sendiri? Belajar dan sharing tentang bahasa Inggris ini tidak ada salahnya kok.

8. Manfaatkan kecanggihan Teknologi

Di era sekarang ini, teknologi memang sudah sangat maju. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu tips untuk kalian belajar bahasa Inggris.

Kecanggihan teknologi berupa Internet membawa kalian bisa menambah wawasan tentang ilmu bahasa Inggris, tak terkecuali tentang grammar ini. Cukup mengetikkan apa yang ingin kalian pelajari di kolom pencarian google, kalian bisa mendapatkan beberapa opsi yang dapat kalian pilih nantinya.

Canggih sekali bukan?

Selain itu, sekarang sudah ada banyak sekali dibuka kursus-kursus online yang tentu sangat membantu kalian dalam mendalami ilmu berbahasa Inggris, seperti apa yang dilakukan Squline.com ini.

Tentunya ada banyak sekali yang bisa kalian dapatkan dari kecanggihan teknogi ini, termasuk untuk belajar bahasa Inggris. Jadi, masih mau menyianyiakannya begitu saja?

9. Praktek

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya dan yang paling akhir adalah dengan praktek.

Ya, kita sering mendengar kalimat begini : ‘Practice makes perfect’. Hal itu benar karena dengan latihan, kalian jadi bisa tau sampai mana sih skill yang sudah kalian pelajari di dalam suatu teori.

BACA JUGA : Squline.com: Website untuk Belajar Bahasa Inggris Online

Teori tanpa praktek itu omong kosong, maka, setelah sekian banyak hal disini dijabarkan tentang tips-tips mudah menguasai grammar, tentu semua akan percuma jika kalian tidak mempraktekannya.

Lantas, bagaimana sih cara prakteknya?

  1. Think : Praktek mengingat stuktur yang tadi sudah kalian pelajari di teori tentang grammar
  2. Write Down : Praktek menulis dan membuat kalimat demi kalimat dengan menggunakan grammar yang baik
  3. Talk : Praktek mengucapkan kalimat yang sudah kalian tulis tadi. Jika perlu, kalian boleh merekamnya untuk kemudian kembali kalian dengarkan sehingga nanti bisa untuk bahan koreksi dibagian mana yang harus kalian perbaiki.

Itu adalah 10 Tips untuk belajar Grammar Bahasa Inggris yang sangat mudah untuk dilakukan, jadi, apakah kalian mau segera memulai untuk belajar?

Selamat mencoba ya Squliners !

Leave A Comment