Anak adalah penerus jejak langkah orang tua, atau bisa juga dibilang penerus bangsa.

Keberadaan seorang anak tentu menjadikan sebuah harapan untuk penerus yang lebih baik, atau bangsa yang lebih baik. Namun, hal yang harus dicatat, si anak ini harus memiliki pemahaman yang baik akan beberapa hal yang memang dia suka dan dibutuhkan oleh kehidupan.

Sebagai orang tua, pada hakekatnya mereka seharusnya mendidik anak sebaik mungkin. Berikan pemahaman-pemahaman tentang segala hal yang benar dan bermanfaat. Apabila si anak ini penasaran akan suatu hal, jangan ragu untuk bantu dengan benar bagaimana cara memecahkan rasa penasaran tersebut. Jangan pernah ajarkan sesuatu keburukan kepada seorang anak.

Belajar Bahasa Mandarin Anak

Apabila kita memiliki pengatahuan yang berguna untuk si anak, tentu akan lebih baik jika kita wariskan pengetahuan itu kepada si anak, karena harta yang paling berharga dan tak pernah terputus itu adalah ilmu?

Jadi, apabila kita memiliki pengetahuan akan ilmu bahasa Inggris, kita harus memberikan pemahaman dan pembelajaran akan bahasa Inggris itu ke anak kita.

Apabila kita memiliki pengetahuan akan bahasa Jepang, maka kita harus memberikan pemahaman dan pembelajaran akan bahasa Jepang itu ke anak kita.

Dan, apabila kita memiliki pengetahuan akan bahasa Mandarin, tentu kita pun juga harus memberikan pemahaman dan juga pembelajaran akan bahasa Mandarin itu ke anak kita tersayang.

Apalagi anak bisa dibilang adalah orang yang paling mudah menerima ilmu baru yang baru disampaikan. Jejali ilmu kepada anak sebanyak-banyaknya, namun jangan sampai si anak jengah. Apabila si anak menginginkan untuk bisa belajar bahasa Mandarin, tentu disini kami akan senang hati membantu untuk menuntun belajar bahasa mandarin anak.

Ya, belajar bahasa mandarin anak ini penting untuk dilakukan karena pendidikan seharusnya diberikan sejak dini. Siapa tau bahasa mandarin itu kelak akan dapat membantu untuk meraih masa depannya? Tidak ada yang salah dari menuntut ilmu sebanyak-banyaknya kok.

Jadi, apabila ada anak anda yang ingin belajar bahasa mandarin, berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menuntun belajar bahasa mandarin anak kita.

Belajar Bahasa Mandarin Anak

1. Kids Learn Mandarin

Yap, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang menjadi andalan untuk para orang tua dalam memberikan pelajaran mengenai bahasa mandarin ke anaknya. Tentu saja, siapa yang tidak tau bahwa bahasa mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling populer di dunia?

Jadi, dengan mengajari dasar-dasar bahasa mandarin kepada anak-anak tentu hal itu akan berguna bagi masa depan si anak itu sendiri. Dengan adanya aplikasi Kids Learn Mandarin tersebut, kita sebagai orang tua tentu dapat memberikan pembelajaran untuk belajar bahasa mandarin kepada anak dengan cara yang sangat menyenangkan.

Aplikasi Kids Learn Mandarin ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk perangkat iOS. Tentu saja aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan karena memang dirancang untuk menuntun anak-anak belajar bahasa mandarin. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh anak-anak yang umurnya berkisar antara 2 hingga 8 tahun.

Semua pelajaran pada aplikasi Kids Learn Mandarin ini ada yang berbahasa Inggris dan juga berbahasa Mandarin. Uniknya, metode pembelajaran yang diberikan pada aplikasi ini melalui game, sticker dan juga film. Wah, benar-benar menarik ya? Tidak membosankan untuk anak-anak kita.

Ketika menjalankan aplikasi ini, anak kita akan dituntun oleh Panda yang menamai dirinya dengan sebutan Pei Pei. Yap, benar, Pei Pei lah yang akan membimbing anak kita dalam memainkan game berbahasa mandarin ini. Jelas saja, dengan begitu, anak kita pun akan merasakan bahagia yang tidak terkira sekaligus dapat mempelajari dasar-dasar berbahasa mandarin. Oh iya, anak kita pun juga akan diajari menulis bahasa mandarin loh melalui aplikasi ini.

Setelah mempelajari bahasa mandarin melalui aplikasi Kids Learn Mandarin ini, anak kita pun akan mendapatkan sticker sebagai reward. Reward tersebut tentu akan membuat anak kita merasa tertantang dan minat untuk kembali belajar, belajar dan belajar lagi bukan? Wah, menguntungkan sekali ya.

2. Miss Panda Chinese

Salah satu cara untuk memberikan pelajaran bahasa mandarin anak kita adalah dengan mencoba mengakses Miss Panda Chinese. Ya, Miss Panda Chinese ini merupakan salah satu web yang mana memberikan pembelajaran kepada anak melalui video-video singkat tentang bahasa mandarin itu sendiri.

Situs ini tentu akan membantu anak kita dalam mengembangkan pengetahuannya akan bahasa mandarin dengan cepat. Tentor yang memberikan pelajaran melalui video ini pun beragam, ada anak kecil yang mengucapkan bahasa mandarin, pun juga ada seorang ibu-ibu yang memberikan pelajaran layaknya seorang guru yang handal.

Selain memberikan video pembelajaran bahasa mandarin kepada anak, Miss Panda Chinese ini pun juga menyediakan beberapa modul dan juga Audio CD/MP3 untuk anak kita konsumsi agar semakin paham dalam berbahasa mandarin. Wah, menguntungkan sekali ya Miss Panda Chinese ini.

3. BBC –Primary Languages Mandarin

Siapa yang tidak tau BBC?

Ya, sekiranya, diantara kita pasti semuanya tau apa itu BBC. Tentu saja, BBC pun juga menyediakan sebuah web yang bernamakan Primary Languages Mandarin. Melalui web ini, anak kita pun akan dituntun untuk mempelajari bahasa mandarin secara mudah dan juga menarik.

Ada berbagai macam pembahasan yang akan diberikan melalui situs Primary Languages Mandarin ini, beberapa diantaranya adalah :

  • Sounds
  • Numbers
  • All About Me
  • Families
  • My Calender
  • Food and Drink
  • School Day
  • Things to Do
  • Our World
  • Culture

Dengan mengembangkan konsep dan juga desain untuk anak-anak, tentu saja hal itu akan menambah minat belajar bahasa mandarin kepada anak-anak kita. Apalagi web ini tidak melulu hanya menampilkan tampilan gambar huruf saja, melainkan ada juga suara-suara yang dapat anak tirukan tentang bagaimana pelafalannya. Mudah sekali ya apa yang diberikan oleh BBC untuk anak kita.

4. Belajar Bahasa Mandarin dengan Saluran Televisi Anak

Selain dari Website atau aplikasi canggih, tentu saluran televisi juga tidak kalah membantu untuk mengembangkan pengetahuan bahasa mandarin kepada anak kita. Ya, ada beberapa saluran televisi yang memberikan tayangan kartun berbahasa mandarin yang mungkin bisa kita manfaatkan untuk memberikan pengetahuan kepada anak.

Kita semua pasti tau, anak-anak lebih suka meniru apa yang dia lihat secara berkala dan menarik untuknya. Maka tidak heran, dengan memberikan tontonan kartun berbahasa mandarin, anak kita lambat laun akan meniru pelafalan dalam bahasa mandarin itu sendiri.

Jadi, the power of televisi itu memang tidak bisa diragukan lagi ya? Ada hal baik yang bisa kita dapatkan dari televisi, dengan catatan kita mampu memilahnya dengan baik. Seperti misal memanfaatkannya untuk memberikan pengetahuan bahasa mandarin kepada anak kita.

5. Learn Chinese Podcast

Ada yang tau apa itu podcast?

Untuk yang belum tau, podcast merupakan episode program yang tersedia di internet. Nah, biasanya, podcast ini merupakan sebuah rekaman asli audio atau video, tapi juga bisa merupakan rekaman siaran televisi ataupun program radio, kuliah, pertunjukkan, pembelajaran atau acara lainnya.

Nah, dari penjabaran di atas, maka kita sudah bisa menyimpulkan bahwa Learn Chinese Podcast merupakan salah satu episode program belajar bahasa mandarin anak yang ada di internet, berupa rekaman audio dan juga video.

Yap, benar. Melalui web tersebut, anak kita dapat memberikan pembelajaran-pembelajaran mengenai bahasa mandarin dengan mudah dan terstruktur. Dengan dilatih oleh tentor-tentor yang mumpuni pada bidangnya, sudah jelas dong bahwa anak kita pasti akan berkembang dengan baik?

Ada beberapa lesson yang diberikan pada Learn Chinese Podcast ini, beberapa diantaranya adalah Self Introduction, Family Introduction, Greeting, Review semua lesson, dan lain sebagainya. Nah, di dalam lesson itu, nanti anak kita akan diberikan beberapa contoh dan pemahaman akan daily conversation dan juga pinyin. Lengkap sekali bukan?

6. Orang Tua

Jelas saja, dari beberapa aplikasi atau media yang telah dijabarkan di atas, tentu semuanya akan kalah dengan yang satu ini.

Orang tua.

Siapa yang meragukan kredibilitas orang tua dalam memberikan pembelajaran kepada anaknya? Oleh karena itu, orang tua tentu memiliki peluang yang sangat tinggi untuk memberikan pemahaman bahasa mandarin untuk anaknya sendiri.

Jadi diusahakan kepada orang tua untuk juga bisa memahami bahasa mandarin sedikit demi sedikit untuk membagikan ilmu tersebut kepada sang anak. Entah itu mulai dasar, pelafalan, pinyin dan lain sebagainya.

Anak kita tentu akan lebih bersemangat apabila orang tuanya sendirilah yang memberikan pembelajaran. Sebagaimana anak, mereka akan merasa belajar dengan orang terdekat sebagai metode yang menyenangkan dan membahagiakan. Jadi, untuk belajar bahasa mandarin anak, kita sebagai orang tua tentu harus mencari metode yang mengasyikkan untuk anak kita sendiri.

Bukankah sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memberikan pembelajaran kepada anaknya?

Nah, enam hal yang sudah dijabarkan di atas adalah beberapa cara atau metode belajar bahasa mandarin anak yang bisa diterapkan di rumah anda. Selanjutnya, tentu kita sebagai orang tua harus memberikan semangat kepada anak kita agar mereka terpacu untuk belajar dan belajar.

BACA JUGA : Mengembalikan Semangat Belajar Bahasa Inggris Anak Setelah Mudik Di Sekolah

Namun yang harus diingat, belajar tetap harus sesuai porsi. Jangan belajar melulu, pun juga jangan main melulu. Semua harus seimbang. Hal yang paling efektif tentu adalah bermain sambil belajar. Karena anak memiliki rasa penasaran yang tinggi, mari kita biarkan mereka belajar dengan baik.

Selamat belajar, anak-anak!