Jade_Flower_Island

Hai para Squliners! Hari ini kita akan membahas salah satu taman kota tertua yang masih sangat terawat dan apik ditengah-tengah hingar bingar kota tersibuk negara Tiongkok ini… yuk silahkan dibaca dibawah ini!

Beihai park – 北海公园 (běi hǎi gōng yuán) yang berada diarah barat laut Gùgōng atau Forbidden City adalah salah satu taman tertua, terbesar dan kebun pada jaman kekaisaran yang paling terawat di negara Tiongkok yang juga berada ditengah kota Beijing. 北海 (běi hǎi) yang secara harafiah diartikan adalah lautan utara ini mempunyai sejarah lebih dari 1000 tahun, taman ini juga sebagai pelengkap keindahan istana kekaisaran Gùgōng dan memiliki konstruksi keagamaan yang kental.

1.pic_hd

北海公园 (běi hǎi gōng yuán) memiliki luar area sebesar 69 hektar yang lebih dari setengahnya adalah danau. Ditengah taman Beihai ini memiliki sebuah pulau bernama 琼华岛 – Qióng huá dǎo. 白塔,  Bái Tǎ , “White Dagoba” adalah panggilan dari stupa yang ditempatkan ditempat tertinggi di pulau ini. Stupa yang terbuat olah batu putih ini dibuat untuk kunjungan kehormatan untuk Dalai Lama ke-5 pada tahun 1651. Didalam stupa ini, terdapat kitab suci Budha, mantel biksu, mangkuk sedekah biksu dan dua potong Sarira. Karena “White Dagoba” ini adalah tempat tertinggi dari taman Beihai, dia menjadi spot para turis untuk mengambil foto seluruh area daripada taman tersebut.

The_Five-Dragon_Pavilions

Pada bagian utara taman, terdapat paviliun lima naga, paviliun ini terhubungan oleh jembatan batu berwarna putih, yang dibuat pada Dinasti Ming (1602). Lalu diutara paviliun ini terpampang tembok sembilan naga, dibuat pada tahun 1402 dan adalah salah satu dari tiga tembok yang terbuat dari batu bata tujuh warna (dua tembok lainnya berada didalam Gùgōng dan Datong). Terdapat 9 naga besar yang mengelilingi sisi-sisi tembok tersebut dan 635 naga yang relatif lebih kecil didalamnya. Bahkan setelah lebih dari 200 tahun, warna tembok sembilan naga ini masih sangat cantik yang memperlihatkan betapa hebatnya teknik seni dan kerajinan tangan orang Tiongkok jaman dahulu.

Beihai_Park,_Beijing3

Bagaimana para Squliners? Sejarah-sejarah negara Tiongkok tidak kalah menarik bukan dengan negara kita sendiri?

Edited by Odelia Lin

Baca Juga : Fragrant Hills Park 香山公园

courtesy: Wikipedia 2016