Untitled design (8)

Alat musik tradisional Tiongkok dibagi menjadi 8 kategori yang biasa disebut 八音-bā yīn yang diterjemahkan secara kasar berarti 8 suara. Musik tradisional Tiongkok biasa dimainkan tunggal atau didalam ansambel kecil yang terdiri dari alat musik senar, suling, simbal, gong dan gendang. Alat musik tiup suling yang terbuat dari bamboo dan alat music petik yang terdiri dari 7 senar; mereka adalah salah satu instrumen musik yang paling tua diantara alat musik tradisional Tiongkok. Instumen tradisional Tiongkok terbagi sesuai dengan bahan materi yang digunakan untuk membuat instrumen tersebut: kulit hewan, buah labu, bambu, kayu, sutera, tanah liat, baja dan batu.

Kulit hewan ( 革 – gé)

Gendang tradisional Tiongkok menggunakan kulit hewan yang direntangkan melapisi bingkai gendang tersebut. Gendang ini termasuk alat musik tradisional yang sering digunakan untuk menghitung ritme musik seperti halnya drum. Dahulu alat musik ini populer untuk menandakan adanya musuh ataupun mengiringi para prajurit pergi kedalam medan perang.

Untitled design (7)

Buah labu ( 匏 – páo)

Salah satu contoh alat musik tradiosional yang dinamakan 葫芦丝 – hú lú sī, berasal dari provinsi Yunnan yang berada diselatan negara Tiongkok. Alat musik tradisional hú lú sī ini dapat menghasilkan bunyi yang menyerupai alat musik klarinet.

Untitled design (9)Bambu ( 竹 – zhú)

Alat musk tradisional yang menyerupai seruling dinamakan 笛子 – dí zi, sampai saat ini masih banyak digunakan dalam Opera Peking atau macam-macam pertunjukan tarian dan lagu rakyat.

Untitled design (2)

Kayu ( 木 – mù)

Salah satu alat musik tradisional Tiongkok yang dibuat dengan memahat kayu disebut 木鱼 – mù yú . Alat musik ini biasa digunakan oleh para biksu saat melantukan sutera. Arti kasar dari mù yú  tersebut adalah ikan kayu, dahulu alat musik tersebut terbuat dari kayu yang dipahat persis seperti bentuk ikan. Sedangkan saat ini kayu dipahat menyerupai sisik ikan diatas, dua kepala ikan yang memeluk mutiara pada bagian gagang alat musik tersebut yang menyimbolkan persatuan.

Untitled design (10)

Sutera ( 丝 – sī)

Alat musik tradisional yang menggunakan sutera untuk menghasilkan suara musik adalah alat musik petik atau gesek. Pada zaman dahulu orang Tiongkok melilit sutera untuk menjadi senar, tetapi sekarang lebih sering menggunakan baja atau nylon untuk proses pembuatan senar tersebut. Beberapa alat musik yang masih tergolong populer untuk dimainkan adalah 古筝 – gǔ zhēng,琵琶 – pí pa ,阮 – ruǎn,二胡 – èr hú,扬琴  – yáng qín

Untitled design (10)

Tanah liat ( 土 – tǔ)

Alat musik tradional yang bernama 埙 – xūn dulu terbuat dari campuran tanah liat dan tulang-belulang, sedangkan saat ini menggunakan campuran tanah liat dan keramik. Xūn adalah salah satu alat musik tertua dalah sejarah permusikan negara Tiongkok.

Untitled design (7)

Baja ( 金 – jīn)

Alat musik tradisional ini terdiri dari rangkaian tembaga yang berbentuk seperti lonceng, tiap-tiap lonceng yang berbeda ukuran itu akan menghasilkan suara yang juga berbeda-beda. 编钟 – biān zhōng juga salah satu dari alat musik tertua dalam permusikan negara Tiongkok. Alat musik ini biasa dimainkan juga bersama dengan 编磬 – biān qìng, kedua alat musik tradisional tersebut adalah alat musik yang sangat sering digunakan dalam ritual-ritual zaman dahulu.

Untitled design (8)

Batu ( 石 – shí)

编磬 – biān qìng juga termasuk alat musik tertua, biān qìng terdiri dari rangkaian batu pipih yang dibentuk sedemikian rupa untuk menghasilkan bunyi seperti lonceng.

Untitled design (9)

Semoga setelah membaca artikel ini, para Squliners bisa lebih mengenal budaya Tiongkok terutama dibidang permusikan. Di negara Tiongkok, masih banyak orang yang melestarikan budaya permusikan mereka. Jika kamu punya kesempatan untuk datang kenegara tirai bambu ini jangan melewati kesempatan untuk berkunjung ke taman-taman pada akhir pekan, disana kalian bisa melihat seni kaligrafi dan alat musik tradisional lainnya.

Edited by Odelia Lin