Loading...

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Great Teacher Onizuka

Motivasi untuk belajar bahasa Jepang tidak selalu muncul dari segi akademis atau karier, bisa juga karena kamu memang menyukai budaya populer dari negeri sakura tersebut. Nah, kali ini Squline akan membahas 5 serial TV dari Jepang yang bisa membuat kamu bernostalgia, kembali ke masa kecil atau bahkan masa remajamu.

1. Great Teacher Onizuka

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka (GTO) atau dalam bahasa Jepang disebut dengan グレート・ティーチャー・オニヅカ (Gurēto Tīchā Onizuka), pertama ditayangkan di Fuji TV, Jepang, pada 7 Juli hingga 22 September 1998. Di Indonesia, GTO sempat ditayangkan di saluran televisi Indosiar.

Berkisah tentang seorang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bernama Eikichi Onizuka (鬼塚 英吉—Onizuka Eikichi). Eikichi adalah mantan pemimpin geng motor dan memiliki kehidupan yang berantakan hingga ia bertemu dengan Azusa Fuyutsuki (冬月 あずさ—Fuyutsuki Azusa).

Sebagai seorang guru, Eikichi memiliki watak yang keras sehingga ia dibenci oleh hampir semua orang yang ada di sekolah tempat ia mengajar. Seiring dengan berjalannya waktu, orang-orang disekitarnya pun mulai menyadari bahwa Eikichi adalah guru yang baik. Sosok Eikichi Onizuka diperankan oleh Takahi Sorimachi (反町 隆史—Sorimachi Takashi).

2. Itazura na Kiss

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Itazura Na Kiss

Dalam bahasa Inggris, serial ini disebut dengan Playful Kiss dan dalam bahasa Jepang disebut dengan イタズラなKiss atau Itazura na Kiss. Serial ini pertama dirilis pada 14 Oktober hingga 16 Desember 1996 di TV Asahi, Jepang. Di Indonesia sendiri, serial ini sempat ditayangkan di saluran Indosiar.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Kotoko Aihara (相原 琴子—Aihara Kotoko) yang tidak sengaja menabrak dan mencium Naoki Irie (入江 直樹—Irie Naoki), seorang pria tampan nan cerdas di sekolahnya. Sejak saat itu, Kotoko mengidolakan Naoki walau Naoki tidak menyukainya.

Konflik terjadi ketika rumah Kotoko terbakar dan ia harus tinggal di rumah sahabat ayahnya yang ternyata merupakan ayah dari Naoki. Merekapun pada akhirnya tinggal satu atap dan Naoki perlahan jatuh cinta pada Kotoko.

Baca Juga: Bento: Kebiasaan Membawa Bekal yang Sudah Membudaya

3. Oshin

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Oshin

Oshin atau dalam bahasa Jepang disebut dengan おしん adalah serial TV Jepang yang sempat tayang di saluran televisi TVRI. Serial ini pertama ditayangkan di saluran NHK (日本放送協会—Nippon Hōsō Kyōkai) atau Perusahaan Penyiaran Jepang pada tanggal 4 April 1983.

Oshin merupakan salah satu drama televisi Jepang yang paling terkenal dan sudah ditayangkan di 68 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Oshin ditayangkan di saluran TVRI pada tahun 1986.

Berkisah tentang perjalanan hidup seorang wanita bernama Shin Tanokura (田倉 しん—Tanokura Shin) dan dipanggil dengan nama Oshin (おしん). Oshin adalah gadis kecil yang hidup di zaman Meiji (明治時代—Meiji-jidai). Ia harus bekerja keras membantu keluarganya. Di usia 7 tahun, Oshin harus bekerja sebagai seorang penjaga anak (baby sitter).

Sepanjang hidupnya, Oshin bekerja keras untuk bertahan hidup. Seiring dengan perjalannya waktu, Oshin berganti profesi menjadi seorang penata rambut. Hidupnya tak selalu mudah namun ia pun tak pernah menyerah hingga pada akhirnya ia memiliki bisnis yang cukup besar.

4. Rindu-Rindu Aizawa

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Ie Naki Ko

Rindu-Rindu Aizawa atau dalam bahasa Jepang disebut dengan 家なき子 (Ienakiko) adalah serial televisi dari Jepang yang tayang pada tahun 1994 di saluran TV NTV Jepang. Serial ini memiliki 12 episode dan merupakan salah satu drama televisi Jepang yang paling banyak ditonton. Di Indonesia, serial ini ditayangkan di saluran TPI.

Berkisah tentang seorang anak bernama Aizawa Suzu yang harus melakukan apapun untuk mengumpulkan uang agar ibunya dapat dioperasi. Suzu terpaksa mencuri, bekerja, dan berbohong agar ia bisa mendapatkan uang untuk pengobatan ibunya.

Baca Juga: Serial Mandarin dan Hong Kong Tahun 1990-an untuk Motivasi Belajarmu

5. Ninja Jiraiya

5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

Ninja Jiraiya

Ninja Jiraiya atau dalam bahasa Jepang disebut 世界忍者戦ジライ (Sekai Ninja Sen Jiraiya) adalah serial tokusatsu (特撮) Jepang yang dibuat oleh perusahaan produser film, Toei. Toei Company, Limited (東映株式会社—Tōei Kabushiki-gaisha) merupakan salah satu produser film dan televisi terbesar di Tokyo, Jepang.

Berkisah tentang Toha Yamaji (山地 闘破—Yamaji Tōha) yang merupakan seorang master ninja muda. Toha diharuskan untuk melindungi pusaka keluarga dari Ninja Dokusai yang jahat. Untuk menjalankan tugasnya, Toha berubah menjadi Jiraiya (ジライヤ).

Di Jepang, Sekai Ninja Sen Jiraiya pertama ditayangkan di saluran TV Asahi dari tanggal 24 januari 1988 hingga 22 Januari 1989. Di Indonesia sendiri, Ninja Jiraiya sangatlah terkenal. Serial ini pernah ditayangkan di saluran Indosiar pada tahun 1999 hingga tahun 2000 setiap sore hari.

Itu dia 5 serial TV Jepang zaman dulu yang bisa memotivasimu belajar bahasa Jepang. Adakah serial favoritmu di atas?

Leave A Comment