5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

Belajar bahasa Inggris memang tidak selalu terasa mudah. Selalu saja ada saat-saat tertentu di mana kita merasa kesulitan untuk mengingat kosakata bahasa Inggris yang ada di kamus. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengingat kosakata dari kamus bahasa Inggris. Masalahnya adalah apakah semua metode yang disajikan itu cocok untuk kamu? Mengingat kosakata merupakan salah satu kemampuan yang krusial dalam mempelajari bahasa asing. Dengan mengingat kosakata tersebut, akan lebih mudah bagimu untuk mempelajari bentuk kata dan bentuk kalimat dalam bahasa Inggris.

Salah satu metode yang dapat digunakan sebagai cara mengingat kosakata bahasa Inggris adalah dengan mnemonik (/mne∙mo∙nik/). Mnemonik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti rumus atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu. Kata mnemonik berasal dari bahasa Yunani kuno “μνημονικός (mnēmonikos)” yang berarti “memori” dan berhubungan dengan Dewi Mnemosyne—dewi ingatan (memori) dari Yunani.

Dalam metode mnemonik, terdapat beberapa teknik untuk meningkatkan daya ingat. Berikut 5 teknik yang dapat kamu gunakan sebagai cara cepat untuk belajar bahasa Inggris:

1. Akronim

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

Akronim

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagaian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Contoh dari akronim adalah AKA (Also Known As), ASAP (As Soon As Possible), atau Mejikuhibiniu (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu—warna pelangi). Teknik ini sangat berguna untuk mengingat daftar istilah atau kosakata tertentu yang bersangkutan. Teknik ini juga sangat berguna untuk membantu dalam mengingat kronologi atau runtutan dari suatu peristiwa atau petunjuk untuk membuat sesuatu.

Salah satu cara belajar bahasa Inggris dengan akronim adalah dengan singkatan OSASCOMP (Opinion, Size, Age, Shape, Color, Origin, Material, Purpose) untuk membantu dalam mengingat kata sifat.

2. Teknik Loci

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

Teknik Loci

Teknil Loci merupakan salah satu strategi mnemonik yang paling tua. Teknik ini pertama diperkenalkan di zaman Romawi kuno. Metode ini menggunakan visualisasi atau gambar untuk membantu dalam mengingat sesuatu. Misalnya kamu ingin mengingat nama-nama hewan dalam bahasa Inggris, daripada kamu hanya membaca namanya dalam bentuk kata, kamu bisa menambahkan gambar hewannya agar lebih mudah diingat.

3. Kata Kunci

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

Teknik Kata Kunci

Teknik ini dapat digunakan untuk mengingat suatu informasi melalui suatu kata kunci. Misalnya kita ingin mengingat kosakata dalam kamus bahasa Inggris, kita bisa mengaitkannya dengan bahasa Indonesia agar lebih mudah, teknik ini juga bisa digunakan untuk mengingat tata bahasa (grammar). Sebagai contoh, untuk mengingat apa itu “Adjective” (kata sifat). Adjective digunakan untuk menerangkan benda, maka kata kunci yang digunakan adalah “good” (bagus, baik), “bad” (buruk), “beautiful” (cantik).

Baca Juga: Cara Mengatasi Depresi dengan Belajar Bahasa Asing

4. Lagu

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

teknik lagu

Melagukan sesuatu yang ingin diingat juga merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris. Teknik ini sangat menyenangkan sehingga akan memudahkanmu untuk mengingat materi. Misalnya untuk mengingat alfabet dalam bahasa Inggris, kamu menggunakan lagu Twinkle Twinkle Little Star.

5. Akrostik

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Mnemonik

Akrostik

Teknik akrostik sering juga disebut dengan metode kalimat. Cara untuk melakukan teknik ini adalah dengan mengambil huruf pertama dari kata-kata yang ingin diingat lalu merangkainya menjadi suatu kalimat atau frase. Misalnya, “Teguh Beriman” (Teruskan Gerakan Untuk Hidup Bersih dan Aman” dan Kings Phil Came Over For The Genes Special (Kingdom, Phylum, Class, Order, Genus, Species)

Itu dia teknik belajar untuk mempertajam dan memudahkanmu dalam belajar bahasa Inggris atau mengingat kosakata dalam kamus bahasa Inggris. Sebenarnya masih banyak cara lain dari metode mnemonik yang dapat kamu gunakan. Metode mnemonik ini tidak hanya dapat dipraktikan untuk bahasa Inggris tapi juga bisa untuk belajar bahasa Mandarin, Jepang, dan bahasa asing lainnya. Bahkan kamu juga bisa menggunakan metode tersebut untuk mengingat istilah medis atau daftar istilah lainnya.

Jadi, jika kamu merasa putus asa dalam belajar bahasa asing, silakan cek metode tersebut dan lanjutkan latihannya. Kamu juga bisa mengonsultasikan dengan pengajar di Squline untuk membantumu belajar.