Loading...

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

Dalam rangka Hari Ninja Internasional, kali ini Squline akan membahas Ninja. Apa itu Ninja? Ninja (忍者) atau shinobi (忍び) secara harafiah berarti “seseorang yang bergerak secara rahasia”. Ninja atau shinobi adalah mata-mata di zaman feudal Jepang yang terlatih dalam seni beladiri ninjutsu (忍術). Di abad ke-21 ini, kamu masih bisa menjadi seorang ninja masa kini. Tertarik? Berikut cara menjadi ninja masa kini:

1. Bangun Pagi

Untuk menjadi seorang ninja, kamu harus bisa bangun pagi. Kalau hal ini sulit bagi kamu, silakan cari cara bangun pagi di internet. Mengapa bangun pagi itu penting? Berlatih untuk menjadi seorang ninja merupakan hal yang serius karena kamu harus giat berlatih dan semua diawali dengan bangun pagi.

Latih dirimu untuk menjadi lebih disiplin karena dengan demikian kamu akan menjadi lebih tangguh dalam melakukan apapun. Bangun pagi dapat membuatmu lebih baik dalam mengontrol diri dan kontrol diri adalah salah satu kemampuan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang ninja.

2. Latih Kekuatan Tubuhmu

Seorang ninja harus memiliki tubuh dan jiwa yang kuat. Dibutuhkan pelatihan fisik yang keras untuk mencapai kekuatan tertentu dan agar tubuh menjadi lebih langsing. Kekuatan tubuh bukan berarti kamu dapat mengangkat beban yang kuat.

Kekuatan tubuh yang dimaksud adalah kekuatan fisik agar tahan dalam segala kondisi dan stamina pun tetap terjaga sehingga kamu tidak mudah merasa lelah. Kamu pasti tidak ingin kehabisan napas ketika sedang beraksi. Selain kekuatan, kamu juga harus melatih kelenturan tubuh. Untuk melatih kelenturan tubuh, kamu bisa memulainya dengan latihan yoga atau ikut kelas tari.

3. Bebaskan Pikiran

Oke, sebelum kamu belajar Kage Bunshin no Jutsu (影分身の術), Squline sangat merekomendasikan kamu untuk belajar menjernihkan pikiranmu terlebih dahulu. Salah satu metode latihan yang digunakan adalah Kuji-kiri (九字切り).

Kuji-kiri adalah ajaran atau amalan penting dalam ninjutsu. Kuji-kiri atau Sembilan simbol kunci kebatinan yang digunakan dalam meditasi untuk mengaktifkan kekuatan dalam diri.

Baca Juga: 5 Serial Jepang Lawas yang Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Jepang

4. Kenali Lingkungan Sekitarmu

Seorang ninja harus mengenali dengan baik lingkungan di mana ia berada agar dapat berbaur dan menjadi lebih mudah dalam melakukan penyamaran. Pelajari lingkunganmu, mulai dari denah kota atau rute jalan. Untuk membantumu dalam mengingat hal penting, kamu bisa menggunakan metode mnemonik.

Metode mnemonik juga bisa kamu gunakan sebagai cara cepat belajar bahasa asing atau mempelajari gerakan seni beladiri. Selain dengan mengingat rute, pengenalan lingkungan yang baik juga bisa membantu kamu mencari rute tercepat untuk mencapai suatu tempat, apalagi bila dibantu dengan kemampuan parkour.

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

5. Keheningan

Seperti yang telah kamu ketahui, ninja itu sangat mematikan. Dalam keheningan, mereka bisa menyerang tanpa diketahui oleh musuh. Untuk memiliki kemampuan ini, kamu harus berlatih pernapasan agar dapat bernapas dengan lebih pelan, meminimalisir gerakan, diam tak berbicara.

Taihenjutsu adalah kemampuan menggerakan tubuh tanpa suara. Selain menggerakan tubuh tanpa suara, kemampuan ini juga meliputi berguling, melompat, dan cara menjatuhkan diri dari ketinggian tertentu.

Salah satu cara agar keberadaanmu tidak diketahui oleh musuh adalah dengan menjadi sehening mungkin. Kamu sudah mengenali lingkungan di sekitarmu dengan baik sehingga kamu dapat bersembunyi dengan baik, ditambah lagi dengan kemampuan untuk mengheningkan diri. Kamu akan menjadi semakin sulit untuk ditemukan.

6. Seni Melarikan Diri

Kemampuan untuk melarikan diri sangat diperlukan oleh seorang ninja agar tidak mudah tertangkap oleh musuh. Ada beberapa cara untuk melarikan diri, bisa dengan berlari cepat, menggunakan bola asap untuk mengalihkan perhatian musuh, atau dengan ledakan.

Dalam seni beladiri ninjutsu, terdapat ilmu yang disebut dengan Sui ren. Ilmu ini meliputi teknik untuk bertempur, mengintai, bergerak tanpa suara, serta berkelahi di dalam air. Ketika dalam keadaan terdesak, seorang ninja dapat bersembunyi di dalam air. Ilmu ini juga tentu dapat digunakan dalam hidup kamu, misalnya untuk bersembunyi dari bos atau dari calon mertua kamu.

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

7. Manfaatkan Elemen yang Ada di Alam

Ninja mengajarkan kita untuk selalu hidup berdampingan dan juga menghargai alam dengan menerapkan amalan empat elemen alam. Elemen tersebut adalah: bumi, angin, air, dan api.

Elemen bumi, kamu bisa menjadi lebih rendah hati dan fokus. Elemen angin dapat mengajarkanmu untuk menjadi lebih fleksibel dan dapat melihat kesempatan yang datang.

Elemen api selaras dengan gairah dan kemarahan, walau dapat merusak bila tidak dikendalikan dengan baik, elemen ini dapan menjadi semangat untuk mencapai tujuan. Yang terakhir adalah elemen air yang dapat beradaptasi dengan cepat di segala situasi.

Baca Juga: Cara Menulis Huruf dalam Bahasa Jepang dengan Mudah

8. Pakaian

Sudah punya teknik yang kuat, sudah menjalankan amalan dan filosofi ninja, sekarang waktunya kamu mencari kostum yang tepat. Ninja sering sekali beraktivitas di malam hari, jadi pakaian berwarna gelap seperti hitam atau biru tua dapat menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa, pilihlah pakaian yang nyaman untuk dikenakan dan pastikan kamu dapat bebas bergerak.

9. Senjata dan Peralatan Lainnya

Bila kamu mengikuti pelatihan ninjutsu dengan baik dan sudah cukup mahir, ini waktunya untuk mulai mengumpulkan persenjataan dan peralatan ninja. Selain beladiri tangan kosong, ninja juga membutuhkan senjata dan peralatan khusus untuk mendukung aksinya.

Kamu bisa memulainya dari pisau lempar kecil yang atau dalam bahasa Jepang 手裏剣—shuriken dan 苦無—kuna.  Untuk peralatan, kamu bisa menggunakan 水蜘蛛—Mizugumo agar kamu dapat berjalan di atas air atau bubuk khusus yang dimasukan ke dalam cangkang telur untuk mengecoh lawan, benda ini disebut 目潰し—Metsubushi.

11 Cara Menjadi Ninja Masa Kini

Shuriken

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Apapun yang kamu lakukan, ninja atau bukan, makanan bergizi memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan, seorang ninja dituntut untuk selalu gesit dan langsing agar memudahkan dalam beraksi, inilah mengapa menjaga pola makan merupakan hal yang sangat diperlukan.

Baca Juga: Mengajak Makan Siang Bersama Dalam Bahasa Jepang

11. Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang memegang peran yang cukup penting karena banyak istilah ninjutsu yang menggunakan bahasa Jepang. Selain itu, dengan menguasai bahasa Jepang, ini akan mempermudahmu ketika memperdalam ilmu ninjutsu di Jepang sana. Kamu bisa mengambil kelas bahasa Jepang atau belajar bahasa Jepang online.

Nah, itu dia cara menjadi ninja yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa untuk terus berlatih baik ilmu ninjutsu atau kemampuan bahasa Jepang. Selamat mencoba!

Leave A Comment