10 Pertanyaan Bahasa Inggris ketika Berwisata

10 Pertanyaan Bahasa Inggris ketika Berwisata

Pergi liburan ke tempat wisata di luar negeri memang sangat menyenangkan. Kamu bisa melihat bagian dunia yang belum pernah kamu lihat atau belum kamu ketahui. Melihat kebudayaan yang berbeda dari tempat tinggalmu dan bertemu dengan warga lokal yang mungkin akan menarik perhatianmu. Setelah sekian lama menabung, akhirnya kamu bisa pergi juga. Namun, apakah kamu sudah yakin dengan kemampuan bahasa asingmu, terutama bahasa Inggris, agar dapat berkomunikasi dengan warga lokal dan menghindarkanmu dari kesalahpahaman. Bagi kamu yang masih belajar bahasa Inggris, juga dalam rangka merayakan World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia, kali ini kita akan membahas 10 pertanyaan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan ketika berlibur ke luar negeri.

1. Where is the bathroom? (di mana kamar mandinya?)

Pertanyaan inti yang harus kamu tahu ketika kamu pergi liburan ke luar negeri. Ketika sedang asyik melihat-lihat tempat baru dan tiba-tiba kamu ingin buang air kecil atau sakit perut, kamu harus pergi ke toilet atau kamar mandi. Salah satu cara paling aman, kamu bisa pergi ke restoran cepat saji dan menggunakan toilet di sana tapi apa kamu tahu letak toiletnya? Nah, pertanyaan “where is the bathroom?” ini akan sangat berguna di saat genting seperti itu.

2. Where is the tourist information? (di mana letak loket informasi?)

Ketika berwisata, kita sering bingung tentang letak di mana lokasi seperti toilet, kantin, atau wahana tertentu. Nah, loket informasi menyediakan berbagai informasi yang kamu butuhkan tentang tempat wisata yang sedang kamu kunjungi. Masalahnya, bagaimana kamu mau cari tahu tentang informasi lokasi wisata kalau kamu pun tidak tahu di mana letak loket informasinya. Kamu bisa bertanya kepada petugas yang berlalu-lalang di sekitar lokasi wisata dan ia akan memberitahukan arah ke loket informasi.

3. Where can I buy the ticket? (di mana tempat pembelian tiket?)

10 Pertanyaan Bahasa Inggris ketika Berwisata

Sumber: c1.staticflickr.com

Tidak semua lokasi wisata dapat kamu kunjungi begitu saja, terkadang tiket masukpun digunakan untuk memasuki lokasi tersebut. Daripada kamu bingung, tanyakan “where can I buy the ticket?”. Kamu bisa menanyakan ke sesama pengunjung atau ke petugas yang berada di sekitarmu. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga perlu memahami jawaban yang diberikan. Jawabannya bisa berupa arah atau kalau kamu masih bingung, kamu bisa menanyakan “can you please take me there?” (bisakah anda mengantar saya ke sana?).

4. How much does it cost? (berapa harganya?)

Berwisata rasanya kurang kalau tidak diikuti dengan berbelanja. Sebelum kamu ambil ini-itu, ada baiknya untuk menanyakan harganya terlebih dahulu agar tidak kaget kemudian. Tidak hanya untuk menanyakan harga cinderamata ketika belanja, pertanyaan ini juga bisa kamu gunakan ketika menanyakan harga kamar hotel atau tiket masuk ke tempat wisata.

5. Is the price negotiable? (apakah harganya bisa ditawar?)

Mungkin kamu berwisata dengan dana terbatas sehingga untuk mengeluarkan uang pun harus sangat berhati-hati. Bagi kamu yang masih belajar bahasa Inggris, cara untuk menawar harga dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah “is it negotiable?”. Jangan lupa untuk mempelajari tentang angka dalam bahasa Inggris agar kamu tidak bingung. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah?

Baca juga: Cara Membaca Kosakata dalam Kamus Bahasa Inggris

6. Where is the nearest food court? (di mana pujasera terdekat dari sini?)

Bepergian bukan berarti harus kelaparan. Jika kamu kesulitan mencari restoran, kamu bisa menanyakannya kepada orang lain. Bila kamu berada di luar negeri dan bingung mencari makanan halal, kamu juga bisa bilang, “is there any halal restaurant around here?” (apakah ada restoran halal di sektar sini?)

7. Is there any money changer around here? (apakah ada tempat penukaran uang di sekitar sini?)

Ketika asik berbelanja cinderamata, ada kemungkinan uangmu akan habis dan kamu harus menukarkan uangmu ke mata uang yang berlaku. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kamu membawa uang yang cukup ketika bepergian.

8. How can I get to the train station? (bagaimana cara untuk ke stasiun kereta?)

10 Pertanyaan Bahasa Inggris ketika Berwisata

Sumber: unsplash.com

Di luar negeri belum tentu ada ojek online apalagi angkot, jadi kemungkinan besar kamu harus naik bus atau kereta. Bus masih bisa dijangkau di halte bus tapi kalau kereta? Nah, untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, pertanyaan di atas juga bisa kamu gunakan untu mencari kendaraan lain seperti bus atau taksi. Contohnya, “where can I get a taxi?” (di mana saya bisa mendapatkan taksi?) atau “where can I get to the bus station?” (bagaimana cara untuk ke terminal bus?)

9. Where is the nearest park around here? (di mana taman terdekat di daerah sini?)

Di luar negeri, terutama di benua Eropa biasanya warga berekreasi di taman atau di balaikota. Kamu harus coba berjalan-jalan di taman sana. Selain bisa menikmati suasana, kamu juga bisa mencoba jajanan yang ada. Plus, siapa tahu ada orang yang dapat menarik hatimu.

Baca juga: Tips Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin Baru

10. Where is the nearest police station? (di mana letak kantor polisi?)

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jangan sampai kamu harus berurusan dengan pihak berwajib tapi bila terjadi, kamu bisa menanyakan hal ini. Sesungguhnya kantor polisi tidak hanya untuk masalah kriminal tapi juga bisa untuk menanyakan jalan.

Itu dia 10 pertanyaan bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui ketika berwisata ke luar negeri. Jangan lupa, dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia atau World Tourism Day, Squline mengadakan giveaway dengan hadiah yang sangat menarik. Coba cek promonya di sini.